Connect with us

Crypto

Tanya Jawab Lengkap Aturan Pajak Aset Kripto yang Wajib Dipahami

Published

on

Ilustrasi pajak aset kripto.

1 Mei 2022 menjadi tanggal penting bagi industri aset kripto di Indonesia. Pada tanggal tersebut, pemerintah mulai memberlakukan aturan terkait Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penghasilan (PPh) atas transaksi Perdagangan Aset Kripto melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 68/PMK.03/2022.

Mungkin kamu masih bingung atau bahkan cemas dengan ada aturan ini. Untuk itu TokoNews membuat artikel yang berkonsep tanya-jawab atau Q&A yang diharapkan bisa membuat kamu mengerti dan paham terhadap aturan pajak transaksi aset kripto ini. Oke, kita mulai, ya!

1. Kenapa pemerintah bikin aturan pajak transaksi aset kripto?

Pemerintah Indonesia memandang nilai transaksi aset kripto menimbulkan potensi ekonomi. Dan tentu saja, hal tersebut bisa berdampak pada potensi penerimaan negara dari sektor perpajakan yang cukup signifikan.

Industri aset kripto mengalami pertumbuhan yang eksponensial dalam beberapa tahun belakangan ini. Pada tahun 2021 saja, industri ini diestimasikan menghasilkan transaksi perdagangan bernilai setidaknya Rp 2,35 triliun per hari, atau Rp 859,4 triliun per tahun.

Dari sisi jumlah investor aset kripto pun juga melonjak dari 4 juta investor di akhir tahun 2020, melonjak menjadi 11,2 juta investor di 2021. Pertumbuhan terus berlangsung, sejak Januari hingga Februari 2022, total nilai transaksi aset kripto sebesar Rp 83,88 triliun, dengan peningkatan investor menjadi 12,4 juta. 

pajak kripto di tokocrypto

2. Aset kripto kan barang digital kok bisa kena pajak?

Peraturan Menteri Keuangan No. 68/PMK.03/2022 tentang Peraturan Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penghasilan atas Transaksi Perdagangan Aset Kripto keluar dengan prinsip keadilan, bahwa pajak tidak hanya atas barang kebutuhan umum masyarakat, namun juga menjangkau barang digital yang ditransaksikan investor. 

Aset kripto sendiri diatur sebagai barang komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku. Oleh karenanya, aset kripto diatur bukan sebagai mata uang atau surat berharga, tetapi merupakan barang berupa hak dan kepentingan lainnya yang berbentuk digital. 

Maka dari itu, Undang-undang Pajak Pertambahan Nilai memandangnya sebagai Barang Kena Pajak Tidak Berwujud dan perlu mengatur ketentuan tentang PPN dan PPh.

Perdagangan aset kripto di Indonesia telah diregulasi dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan sejak 2019. Kripto pun tergolong aset komoditi seperti tertera dalam Peraturan Bappebti No.7/2020 tentang Penetapan Daftar Aset Kripto yang dapat Diperdagangkan di Pasar Fisik Aset Kripto.

Ilustrasi aset kripto, Bitcoin dan Ethereum.
Ilustrasi aset kripto, Bitcoin dan Ethereum. Foto: Jaap Arriens | NurPhoto | Getty Images.

Baca juga: Riset: Indonesia Jadi Negara Pengadopsi Aset Kripto Tertinggi di Dunia

3. Apa keuntungan bagi industri dari aturan pajak kripto ini?

Kebijakan pajak ini secara tidak langsung menjadi pengakuan negara terhadap legalitas perdagangan aset kripto. Indonesia berani mengambil langkah ini, ketika sejumlah negara melarang perdagangan dan penambangan kripto. Regulasi dari Bappebti dan adanya PMK 68 bisa memberikan efek positif terhadap kepastian bagi investor dan pelaku industri kripto di Indonesia.

Langkah penarikan pajak ini diharapkan mampu membantu penambahan penerimaan negara, mengingat penerimaan pajak diproyeksikan turun sebagai dampak dari stimulus ekonomi pemerintah untuk bangkit dari dampak pandemi COVID-19.

Bagi sebagian orang, pajak mungkin terkesan membebani, namun jika dilihat lebih jauh, punya banyak sekali manfaat. Pembangunan merupakan sebuah upaya yang dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, baik secara materiil maupun spiritual. Untuk dapat merealisasikan hal tersebut, maka negara perlu untuk mendapatkan sumber dana dari dalam negeri yaitu berupa pajak.

“Potensi penerimaan yang besar dari aset kripto bisa dioptimalkan untuk memperbesar nominal bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat kelas bawah”

Kasubdit Peraturan PPN Perdagangan, Jasa, dan Pajak Tidak Langsung Lainnya DJP Kemenkeu – Bonarsius Sipayung

4. Apa potensi risiko bagi industri dari aturan pajak kripto ini?

Munculnya regulasi baru, pasti akan berpotensi menimbulkan risiko. Pertumbuhan industri aset kripto yang meningkat secara eksponensial terancam melambat, karena pengenaan pajak bisa menambah beban bagi investor, baik baru maupun lama, serta pelaku industri.

Berkaca dari situasi yang terjadi di India, di mana menurut laporan perusahaan riset, Crebaco, menyebutkan volume perdagangan aset kripto di Negeri Taj Mahal itu menurun pasca pemberlakuan pajak 30%. Meski, tarif pajak yang dibebankan jauh lebih rendah di Indonesia, bukan tidak mungkin hal sama bisa terjadi.

5. Apa keuntungan bagi investor dari aturan pajak kripto ini?

Dengan pemberlakuan aturan pajak kripto atau PMK 68, setiap pemegang aset kripto di Indonesia akan mendapatkan kepastian perpajakan yang sangat jelas dengan tarif yang bersahabat. Sebelum PMK 68 ini diterapkan, belum ada perlakuan khusus kepada aset kripto yang dimiliki oleh para investor sehingga akan dikategorikan sebagai bagian pendapatan lain-lain. 

Pendapatan lain-lain ini akan menjadi bagian dari laporan SPT tahunan dengan tarif berjenjang sampai dengan 35%. Pemberlakuan PMK 68 dengan tarif PPN dan PPh final senilai total 0,21% dapat disimpulkan lebih menguntungkan dibandingkan tarif berjenjang pendapatan lain-lain. 

Ilustrasi aset kripto.
Ilustrasi aset kripto. Foto: Pixabay

Baca juga: Indonesia Bisa Jadi Pusat Ekonomi Digital Dunia, Lewat Aset Kripto

6. Berapa tarif PPN dan PPh yang ada di dalam aturan pajak kripto?

Perdagangan aset kripto di Indonesia akan mulai dikenakan PPN dan PPh yang akan berlaku mulai 1 Mei 2022. Intinya saat ini, PMK 68 mengatur 3 hal: Transaksi jual-beli kripto, jasa memfasilitasi transaksi (exchange) dan jasa verifikasi transaksi (mining).

Adapun, tarif PPN yang dikenakan ialah 0,11% dari nilai transaksi kripto. Sementara itu, para penjual aset kripto atau exchanger dikenai PPh 22 final dengan tarif 0,1% dari nilai transaksi.

Untuk pedagang yang tak terdaftar di Bappebti, maka tarif pajak yang dipungut berbeda. Yakni, dua kali lipat dari pedagang yang berlisensi atau berarti 0,22% untuk PPN dan 0,2% sebagai PPh.

Poin selanjutnya, jasa penyedia sarana elektronik untuk memfasilitasi transaksi aset kripto (jasa exchange dan dompet elektronik) merupakan jasa kena pajak dan dikenai mekanisme umum PPN. 

Kemudian, jasa mining aset kripto merupakan jasa kena pajak yang dipungut PPN dengan besaran tertentu sebesar 10% dari tarif PPN atau 1,1% terhadap nilai uang atas aset kripto yang diterima penambang. 

7. Apakah pajak dipotong hanya ketika saya mendapatkan gain atas apa yang diinvestasikan? Bagaimana bila saya dalam kondisi loss?

Penerapan pajak PPN dan PPh berdasarkan dari transaksi aset kripto yang dilakukan. Hal serupa diterapkan juga pada produk investasi lainnya seperti, saham dan reksadana. Potongan pajak yang terjadi bersifat final dengan tarif yang sangat kecil. Hal ini menyebabkan tidak akan timbul beban pajak lainnya pada SPT tahunan di kemudian hari.

8. Apabila saya melakukan scalping salah satu aset kripto, berarti saya kena pajak?

Aturan PMK 68 merupakan pajak transaksi, di mana pajak diterapkan di setiap transaksi perdagangan aset kripto yang dilakukan oleh wajib pajak. Dengan pemberlakuan pajak aset kripto ini, diharapkan para trader dapat mengkalkulasi ulang strateginya sebelum merealisasikan keuntungan. Nilai trading fee yang sebelumnya 0,1% sekarang menjadi 0,31% di Tokocrypto, sehingga paling sedikit trader harus berhasil membukukan 0,5% capital gain untuk membukukan keuntungan.

9. Bagaimana skema pemungutan pajak transaksi aset kripto?

Transaksi Aset Kripto Fiat-Kripto

Terkena pajak PPN 0,11% dan PPh 0,1%.

Skema pemungutan pajak transaksi fiat-kripto.

Transaksi Swap Aset Kripto-Kripto 

Terkena pajak PPN 0,11% dan PPh 0,1% pada masing masing aset kripto.

Skema pemungutan pajak transaksi kripto-kripto.

Transaksi Transfer Fund 

Terkena pajak PPN 0,11%. Transaksi transfer fund termasuk namun tidak terbatas pada: Transaksi antar pengguna, Airdrop dan lain-lain.

Baca juga: Alasan Indonesia Jadi Negara Pengadopsi Kripto Tertinggi di Dunia

10. Bagaimana pemungutan pajak transaksi aset kripto di Tokocrypto?

PPN dan PPh (sebesar 0,21%) untuk sementara waktu akan diintegrasikan sebagai bagian dari trading fee, sehingga trading fee akan menyesuaikan menjadi 0,31% (trading fee 0,1% + PPN-PPh sebesar 0,21%). 

Hal ini dilakukan agar implementasi dapat dilaksanakan tepat waktu sejak sosialisasi dimulai, di mana pedagang aset kripto dihimbau untuk menerapkan pajak dimulai tanggal 1 Mei 2022.  

11. Bagaimana skema perhitungan pajak aset kripto di Tokocrypto?

Untuk memahami lebih lanjut perhitungan pajak yang akan berlaku mulai 1 Mei 2022 di platform Tokocrypto bisa simak skemanya di bawah ini:

Perdagangan Rupiah-Kripto

Contoh transaksi jual terjadi pada tanggal 12 Mei 2022, Anda menjual aset kripto Bitcoin sebanyak 0,5 BTC dengan harga satuan pada saat itu adalah Rp 500.000.000 per BTC di Tokocrypto. 

Atas transaksi itu, maka beban biaya yang pengguna tanggung adalah berdasarkan formula sebagai berikut:

  • Biaya trading fee 0,31% x (jumlah kripto x harga satuan)
  • 0,31% x (0,5 BTC x Rp 500.000.000) = Rp 775.000

Contoh transaksi beli terjadi pada tanggal 13 Mei 2022, Anda menjual aset kripto Bitcoin sebanyak 0,5 BTC dengan harga satuan pada saat itu adalah Rp 600.000.000 per BTC di Tokocrypto. 

  • Biaya trading fee 0,31% x (jumlah kripto x harga satuan)
  • 0,31% x (0,5 BTC x Rp 600.000.000) = Rp 930.000

Perdagangan Kripto-Kripto (Swap/Tukar)

Contohnya transaksi pada tanggal 14 Mei 2022, Anton menukar sebanyak 0,5 aset kripto A dengan 1 aset kripto B milik Lisa. Pada tanggal itu nilai tukar aset kripto A dalam rupiah adalah Rp 500.000.000 dan aset kripto B sebesar Rp 30.000.000.

Besar biaya dan pengenaan pajak pada Anton

Atas penyerahan aset kripto A, biaya dan pajak yang dikenakan kepada Anton adalah:

  • Biaya trading fee 0,31% x (jumlah kripto A x harga satuan kripto A)
  • 0,31% x (0,5 x Rp 500.000.000) = Rp 775.000

Kemudian, atas penerimaan aset kripto B, biaya dan pajak yang dikenakan kepada Anton adalah:

  • Biaya trading fee 0,31% x (jumlah kripto B x harga satuan kripto B)
  • 0,31% x (1 x Rp 30.000.000) = Rp 93.000

Maka, total biaya dan pajak penyerahan aset kripto A dan B adalah Rp 868.000 untuk Anton.

Besar biaya dan pengenaan pajak pada Lisa

Atas penerimaan kripto A, biaya dan pajak yang dikenakan kepada Lisa adalah:

  • Biaya trading fee 0,31% x (jumlah kripto A x harga satuan kripto A)
  • 0,31% x (0,5 x Rp 500.000.000) = Rp 775.000

Kemudian, atas penerimaan aset kripto B, biaya dan pajak yang dikenakan kepada Anton adalah:

  • Biaya trading fee 0,31% x (jumlah kripto B x harga satuan kripto B)
  • 0,31% x (1 x Rp 30.000.000) = Rp 93.000

Maka, total biaya dan pajak penyerahan aset kripto A dan B adalah Rp 868.000 untuk Lisa.

Ilustrasi pedagang aset kripto di Indonesia, Tokocrypto. Foto: Dimas Ardian/Bloomberg
Ilustrasi pedagang aset kripto di Indonesia, Tokocrypto. Foto: Dimas Ardian/Bloomberg.

Baca juga: Tokocrypto Kenalkan Ekosistem Blockchain, TokoVerse Terdepan di Indonesia

12. Apakah Tokocrypto akan meminta NPWP pelanggan?

Ya, Tokocrypto akan menghimpun seluruh pengguna Tokocrypto, baik pengguna baru maupun lama, untuk menaati peraturan yang berlaku, termasuk dalam hal penyerahan segala informasi yang dibutuhkan oleh pihak yang berwenang salah satunya adalah NPWP. 

13. Bagaimana bila saya tidak atau belum memiliki NPWP?

NPWP adalah salah satu persyaratan untuk melalui proses screening KYC (Know Your Customer) sebagai salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan pedagang aset kripto. 

14. Apakah penerapan pajak kripto ini akan mempengaruhi proses pelaporan SPT? Jika iya, bagian mananya?

Bukti potong pajak akan menjadi salah satu instrumen pelaporan yang dibutuhkan dalam proses pelaporan SPT, pedagang aset kripto diwajibkan untuk menyediakan bukti potong pajak bagi para pengguna yang sudah mendaftarkan NPWP.

15. Apakah Tokocrypto akan menyediakan semacam laporan atas transaksi yang saya lakukan dan potongan pajak yang saya terima secara berkala? Bagaimana transparansi penyetoran potongan pajak tersebut?

Seiring berjalan waktu penerapan, Tokocrypto nantinya akan menyediakan laporan atas transaksi yang pengguna lakukan dan potongan pajak diterima secara berkala. Laporan ini nantinya bisa diakses pengguna melalui platform dekstop atau situs Tokocrypto.

Dalam hal rincian pemotongan pajak pada riwayat transaksi, Tokocrypto di tengah masa transisi dan penyesuaian sehingga fitur-fitur terkait akan segera hadir untuk memudahkan pengguna bertransaksi di Tokocrypto di bawah peraturan yang baru diberlakukan. 

Ilustrasi pajak aset kripto.
Ilustrasi pajak aset kripto. Foto: Shutterstock.

Baca juga: Mengenal Launchpad di Dunia Aset Kripto, Apa Keuntungannya?

16. Bila melakukan transaksi secara peer-to-peer tidak melalui exchange (dari cold wallet ke cold wallet, atau melakukan token swap dari fitur hot wallet, atau langsung dari nodes), apakah kena pajak?

Saat ini hanya pedagang aset kripto atau exchange yang menjadi pemungut pajak. Transaksi di luar exchange tidak dapat dideteksi secara langsung. Akan tetapi, setiap transaksi dan harta, termasuk kripto menjadi bagian yang wajib dilaporkan menjadi tanggung jawab masing masing. 

Jika transaksi tidak dilakukan melalui exchange yang terdaftar, maka tarif yang berlaku adalah tarif umum dengan batas maksimal 35%.

17. Bagaimana pemerintah memungut pajak jika transaksi dilakukan di platform DEX (decentralized exchange)?

Pemerintah tidak hanya menunjuk exchange terdaftar di Bappebti menjadi pemungut pajak. Transaksi di luar exchange terdaftar juga dipungut pajak dengan pengenaan pajak yang lebih tinggi yaitu PPN 0,22% dan PPh 0,2%.

18. Apakah aset kripto yang dikelola platform luar negeri juga kena pajak jika usernya WNI?

Pemerintah sedang melakukan penelitian terhadap transaksi yang terjadi di exchange luar. Semua IP (Internet Protocol) yang terdeteksi dari Indonesia dianggap menjadi Subjek pajak. Ke depan, pemerintah akan menunjuk platform exchange luar negeri menjadi pemungut pajak.

Catatan:

Artikel ini akan selalu mengalami update sesuai dengan perkembangan kondisi penerapan aturan pajak transaksi aset kripto.

Altcoin News

Prediksi Harga Terra Luna Classic (LUNC), Inilah Hal Harus Diperhatikan

Published

on

Ilustrasi aset kripto,Terra Luna Classic (LUNC).

Harga Terra Luna Classic (LUNC) telah turun sebesar 2,04% dalam 24 jam terakhir, jatuh ke US$ 0,0001816 menyusul kerugian untuk keseluruhan pasar kripto akhir pekan ini. Harganya saat ini mewakili keuntungan 5% dalam seminggu dan kenaikan 18% dalam 30 hari terakhir, dengan altcoin diuntungkan dari sejumlah proposal dari komunitas Terra Luna Classic untuk menaikkan harganya.

Dilaporkan Crypto News, dengan perdagangan 24 jam LUNC tetap tinggi di lebih dari US$ 150 juta, masih ada cukup likuiditas untuk token menyaksikan kenaikan lebih lanjut dalam waktu dekat. Tentu saja, mungkin perlu koreksi ke bawah sedikit lebih jauh sebelum kembali naik.

Indikator LUNC menunjukkan bahwa token mungkin harus turun sedikit sebelum naik kembali. Dilihat dari relative strength index (ungu) telah berada di sekitar angka 50, setelah turun hampir 30 selama akhir pekan, menunjukkan bahwa ia telah memasuki fase penjualan.

Gerak LUNC

Grafik harga harian LUNC/USD. Sumber: TradingView.
Grafik harga harian LUNC/USD. Sumber: TradingView.

Baca juga: 82% Jutawan Dunia Pertimbangkan Investasi Aset Kripto Karena Cuan

Secara paralel, rata-rata pergerakan 30 hari LUNC (merah) telah mulai turun menuju 200 hari (biru). Penurunan ini mungkin tidak akan berakhir hingga menyentuh atau jatuh di bawah rata-rata jangka panjang, di mana investor dapat mulai mengharapkan kenaikan lebih lanjut.

Dalam hal level resistance dan support, tampaknya US$ 0,00018 mungkin menjadi level support utama saat ini. Jika LUNC turun di bawah harga ini, kemungkinan kerugian tambahan meningkat, meskipun penurunan ke level ini juga bisa menjadi pendahulu pemulihan.

Sebaliknya, US$ 0,00019 adalah level resistensi LUNC sekarang, menyiratkan bahwa penembusan melalui level ini dapat menandakan kenaikan lebih lanjut. Melihat gambaran yang lebih besar, pemegang LUNC memiliki berbagai alasan untuk optimis dalam jangka panjang.

Sentimen LUNC

Ada beberapa yang bisa menjadi sentimen gerak LUNC. Mulai dari komunitas Terra Luna Classic yang terus bekerja untuk mengurangi pasokan LUNC dan meningkatkan nilainya. Proposal baru-baru ini untuk mematok ulang stablecoin USTC menjadi US$ 1 kini telah disetujui, sesuatu yang kemungkinan akan berdampak positif pada harga LUNC dalam beberapa hari dan minggu mendatang.

Ilustrasi aset kripto, Terra LUNA.
Ilustrasi aset kripto, Terra Luna Classic (LUNC).

Baca juga: BI Bakal Terbitkan Proof of Concept Rupiah Digital pada Juli 2023, Apa Itu?

Mengenai masalah pembakaran LUNC, beberapa minggu terakhir ini juga melihat pembaruan pada protokol Terra Luna Classic yang menyediakan whitelist sehubungan dengan pembakaran pajak on-chain aslinya. Daftar putih semacam itu dapat membebaskan pihak-pihak tertentu dari pembakaran on-chain, sebuah perubahan yang dicari Binance untuk melanjutkan pembakaran biaya perdagangan regulernya sendiri.

Perselisihan yang sedang berlangsung dalam komunitas Terra Luna Classic dapat menghambat upaya untuk mencapai target pengembalian ke level US$ 0,001 dan US$ 0,01 (atau lebih), seperti proposal saat ini untuk mengakhiri pembayaran kepada pengembang Jacob Gadikian yang diduga karena “menyerang dan memfitnah validator di Luna Classic Blockchain.”

Meskipun kehilangan satu pengembang mungkin tidak berakibat fatal bagi jaringan Terra Luna Classic, hal itu berpotensi menunda pengembang lain untuk berkontribusi. Hal ini juga menimbulkan kemungkinan masyarakat tidak menyepakati rencana pelaksanaan usulan re-peg tersebut di atas, yang berlalu tanpa roadmap yang pasti dan tetap.

Meskipun demikian, LUNC jelas merupakan salah satu yang harus diperhatikan di tahun yang akan datang, dan bisa menjadi salah satu pemenang besar tahun 2023.

DISCLAIMERBukan saran atau ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset kripto masih berisiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.

Continue Reading

Altcoin News

Tron dan ChatGPT Kembangkan Sistem Pembayaran, Harga TRX Naik?

Published

on

Blockchain Tron & ChatGPT Kembangkan Sistem Pembayaran, Harga TRX Naik?

Pendiri Tron, Justin Sun, mengumumkan rencana untuk blockchain Tron dan ChatGPT dari OpenAI untuk membuat sistem pembayaran yang jauh lebih aman. Ini akan menetapkan standar baru dalam keuangan terdesentralisasi.

Integrasi dengan sistem artificial intelligence (AI) seperti ChatGPT dan OpenAI akan membawa tingkat efisiensi dan kenyamanan baru ke sistem pembayaran. Basis pengguna ChatGPT sendiri sudah mencapai 100 juta.

Sun men-tweet pada Sabtu (4/2) tentang rencana untuk mengintegrasikan blockchain Tron dan sistem AI seperti ChatGPT dan OpenAI untuk kerangka pembayaran terdesentralisasi.

“Kerangka kerjanya mencakup sistem kontrak pintar pada rantai, protokol lapisan pembayaran, SDK panggilan yang mendasarinya, dan gateway pembayaran AI. Menggunakan sistem kontrak pintar untuk menyimpan pertanyaan pengguna dan hasil AI pada sistem penyimpanan file #BitTorrent #BTFS yang terdesentralisasi,” tulis Sun.

Pembayaran yang Aman

Baca juga: Harga Shiba Inu Naik 16% saat Peluncuran Shibarium Semakin Dekat

Sun yang juga penasihat bursa kripto, Huobi mengatakan kerangka kerja berbasis Tron akan menciptakan sistem pembayaran terdesentralisasi yang aman, dapat dipercaya, anti-rusak, anti-sensor, dan mampu AI, membantu orang membangun ekosistem keuangan baru yang terdesentralisasi dan cerdas.

Salah satu pengusaha kripto termuda di dunia itu mengungkapkan bahwa dia berupaya untuk menggabungkan aplikasi DeFi Just (JST), Sun (SUN), APENFT Marketplace pada kerangka pembayaran yang sepenuhnya sesuai dengan blockchain Tron. Platform tersebut mengandalkan kemampuan komputasi dan analisis AI yang kuat.

Fitur AI Investment membangun layanan manajemen investasi untuk aset pada rantai, menyebarkan aset secara cerdas, dan mencapai pengembalian yang lebih efisien dan stabil. Sun ingin agar semua token dan proyek yang terhubung dengan Tron menggabungkan sistem AI.

Reaksi Harga TRX

Grafik harian TRX/USDT. Sumber: Tradingview.
Grafik harian TRX/USDT. Sumber: Tradingview.

Baca juga: Indonesia Bisa Jadi Salah Satu Pemimpin Pasar Aset Kripto di Dunia

Harga Tron (TRX) membentuk pola pembalikan bullish double-bottom dan menembus garis resistance. Harga Tron bersiap untuk golden crossover EMA 50 dan 200 hari.

Harga TRX diperdagangkan dengan isyarat bullish dan pembeli mencoba keluar dari zona konsolidasi kisaran sempit yang mungkin memicu reli bagi pecinta Tron. Hal ini juga didorong Justin Sun men-tweet tentang niatnya untuk menghubungkan blockchain Tron dengan teknologi kecerdasan buatan seperti ChatGPT untuk membuat sistem pembayaran terdesentralisasi adalah berita bagus bagi investor TRX yang dapat berdampak positif pada harga TRX.

Pada saat penulisan, pasangan TRX/USDT diperdagangkan di $0,06459 dengan kenaikan harian di 1,17% dan rasio kapitalisasi volume ke pasar 24 jam di US$ 0,0382. Saat ini, harga tampaknya tertahan di kisaran sempit antara US$ 0,05768 hingga US$ 0,06568 dan mungkin melihat penembusan positif jika harga bertahan di atas EMA.

Namun, harga berada di dekat zona pasokan dan US$ 0,06568 akan bertindak sebagai rintangan langsung bagi kenaikan. Jika bulls berhasil menembus rintangan dapat naik menuju US$ 0,07235 dalam rentang waktu singkat.

Continue Reading

Altcoin News

Harga Shiba Inu Naik 16% saat Peluncuran Shibarium Semakin Dekat

Published

on

Ilustrasi aset kripto, Shiba Inu.

Aset kripto Shiba Inu menembus batasan dengan mendapatkan keuntungan baru, naik hingga 16% dalam 48 jam terakhir. Apa yang menyebabkan kenaikan harga ini?

Metrik Shiba Inu pada data CoinMarketCap menunjukkan harga teknis SHIB mengisyaratkan kemungkinan reli mencapai 40% mengalahkan Dogecoin (DOGE). Dogecoin telah meraup keuntungan di atas 20% dalam 7 hari terakhir. Shiba Inu mencapai US$ 0,00001438 pada saat artikel ditulis.

Pelarian Shiba Inu yang tak tertandingi telah menimbulkan tanggapan dari David Gokhshtein yang mencatat bahwa SHIB melihat kenaikan harga yang meroket. Kinerja Shiba Inu pada tahun 2023 cukup terkenal di kalangan trader dan investor.

Padahal, Shiba Inu seperti banyak altcoin lainnya di pasar, tidak luput dari penurunan tahun lalu. Shiba Inu ditutup pada Desember 2022 dengan harga US$ 0,000008087.

Shibarium

Grafik harga harian SHIB/USD. Sumber: TradingView.
Grafik harga harian SHIB/USD. Sumber: TradingView.

Baca juga: Shiba Inu Kolaborasi dengan Bugatti Group & CoinGate, Nilai SHIB Naik?

Sejak 2023, perolehan SHIB terus meningkat, dan koin meme tersebut kini hampir menggeser Polkadot (DOT). Dengan kapitalisasi pasar US$ 7,83 miliar, Shiba Inu dapat mengambil posisi Polkadot. DOT saat ini adalah kripto paling bernilai ke-12, dengan kapitalisasi pasar US$ 8,03 miliar. Dengan volume perdagangan Shiba Inu yang membayangi DOT, SHIB dapat dengan mudah mengklaim posisi itu dalam beberapa minggu ke depan.

Faktor utama di balik kenaikan setinggi langit Shiba Inu sama sekali bukan misteri. Melihat dari dekat ke pasar menunjukkan bahwa komunitas berbicara tanpa henti tentang peluncuran Shibarium. Ini tidak diragukan lagi mendorong harga Shiba Inu.

Shibarium, protokol Layer 2 yang telah menjadi topik pembicaraan di kalangan penggemar Shiba Inu, merupakan kekuatan pendorong utama dalam reli harga Shiba Inu. Ketertarikan pada memecoin setelah peluncuran Shibarium dapat melonjak sebagai hasilnya. Lebih banyak investor mungkin juga memasuki pasar Shiba Inu, dan membuat harga lebih tinggi.

Tanggal Peluncuran

Ilustrasi Shiba Inu.
Ilustrasi Shiba Inu.

Baca juga: Shiba Inu (SHIB) Jadi Salah Satu Aset Kripto Paling Banyak Dilihat

Seperti yang dilaporkan Cointelegraph, rebound harga SHIB mendapatkan momentum di tengah laporan bahwa Shibarium akan ditayangkan pada 14 Februari. Ketertarikan whale pada Shiba Inu telah meningkat dari waktu ke waktu. Tampaknya pemegang ETH teratas sedang bekerja keras untuk mendapatkan keuntungan juga, menjelang peluncuran Shibarium.

Sebagai perbandingan, fundamental Dogecoin tampak pucat, dengan Elon Musk menangguhkan bot tip DOGE karena melanggar peraturan Twitter. Meskipun demikian, kedua memecoin tersebut memiliki awal yang baik hingga tahun 2023. SHIB/USD naik hampir 85%, sementara DOGE/USD naik 36% tahun ini.

Pastikan Anda hanya melakukan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah. Anda juga bisa menyimak berbagai informasi terbaru mengenai kripto dengan mengunjungi website TokocryptoInstagramTwitter, serta  komunitas Tokocrypto!

DISCLAIMERBukan saran atau ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset kripto masih berisiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.

Continue Reading

Popular