Connect with us

Trading Corner

Ketahui Serba-Serbi Risk Reward Ratio untuk Trading Kripto!

Published

on

risk reward ratio

Risk reward ratio merupakan salah satu metrik trading yang paling sederhana dan menonjol secara matematis. Memahami risk reward ratio membantu Anda untuk merencanakan strategi manajemen risiko yang tepat. Dalam trading aset kripto, rasio ini membantu para trader untuk meminimalkan risiko dan memaksimalkan keuntungan dengan menetapkan strategi stop loss dan take profit. Yuk, pahami lebih dalam tentang risk reward ratio!

Baca juga: Mengenal Fear and Greed Index pada Kripto

Pengertian Risk Reward Ratio 

Risk reward ratio atau rasio R/R menghitung berapa banyak risiko yang diambil trader untuk potensi jumlah profit yang akan diperoleh. Rasio ini menunjukkan kira-kira berapa potensi profit yang akan Anda peroleh untuk setiap 1 USD yang Anda korbankan pada suatu investasi. 

Rasio R/R digunakan untuk mengukur potensi naik dan turun dari setiap trading menggunakan entry price, stop loss, dan take profit. Ketika Anda melakukan trading aset kripto, langkah pertama yang Anda harus lakukan adalah menentukan pada harga berapa Anda akan masuk ke pasar aset kripto yang Anda tuju. Titik harga ini disebut dengan entry price. Kemudian, Anda memutuskan di titik mana Anda akan mengambil keuntungan (take profit) dan di titik mana Anda akan mengambil semua uang Anda (stop loss) ketika trading merugi.

Untuk menghitung rasio R/R, Anda bisa membagi potensi risiko dengan potensi keuntungan. Semakin rendah rasionya, semakin besar potensi profit yang Anda peroleh per unit risiko. Trader handal akan menetapkan profit take dan stop-loss sebelum melakukan trading.

Mengapa Risk Reward Ratio Banyak Digunakan?

ilustrasi menentukan risk reward ratio

Rasio R/R memungkinkan Anda untuk melakukan trading yang terukur. Jika Anda menerapkan perhitungan R/R, Anda dapat meminimalkan risiko trading Anda. Ini memungkinkan untuk Anda membuat sistem yang menguntungkan, bahkan dengan tingkat profit yang lebih kecil. 

Sebagai seorang trader dan investor jangka panjang, faktor risiko adalah sesuatu yang perlu diperhitungkan, apalagi kalau Anda melakukan trading di pasar aset kripto yang terkenal dengan tingkat fluktuatif yang tinggi.

Jika tidak membuat perbandingan risiko saat trading, potensi Anda untuk mendapatkan keuntungan sangat kecil. Inilah sebabnya, penting untuk mempelajari cara menghitung atau menggunakan risk reward ratio sebelum trading, apalagi trading aset kripto. 

Advertisement

Bagaimana Cara Menghitung Risk Reward Ratio?

Untuk menghitung rasio R/R, Anda bisa menggunakan rumus sebagai berikut:

Rasio Risk:Reward = (Entry price-Stop loss) : (Take profit-Entry price)

Anda bisa mengambil contoh ini.

Saat membeli Bitcoin (BTC) dengan harga 1 koinnya 25 ribu USD (entry price). Kemudian, Anda berencana menjual koin BTC tersebut saat harganya menyentuh 27 ribu USD (take profit), sehingga Anda akan menghasilkan keuntungan atau laba bersih sebesar 2 ribu USD dari seluruh penjualan koin BTC tersebut.

Anda lalu menetapkan posisi stop loss di angka 24 ribu USD. Jadi, jika harga 1 koin BTC mengalami penurunan harga di bawah 24 ribu USD, seluruh aset kripto Anda akan otomatis terjual.

Rasio risk : reward = = (25 ribu dolar – 24 ribu dolar) : (27 ribu dolar – 25 ribu dolar) = 1.000 : 2.000 = 1 : 2 = 0,5

Dari perhitungan di atas, Anda mengharapkan keuntungan dua kali lipat dari setiap unit yang Anda korbankan. 

Advertisement

Bagaimana Cara Menemukan Risk Reward Ratio yang Bagus?

Untuk lebih lanjut, terdapat tiga kemungkinan hasil perhitungan risk reward ratio ini, yaitu:

  1. Risk > Reward
  2. Risk < Reward
  3. Risk = Reward

Di antara ketiga jenis rasio R/R di atas, tujuan yang ideal adalah menjaga risiko lebih rendah daripada profit, sehingga setiap kali trading mencapai stop loss, kerugian Anda dapat diminimalkan. Rasio R/R disarankan maksimum 0,5 agar Anda dapat memperoleh peluang profitabilitas yang lebih baik. Risk reward ratio memetakan skenario sederhana saat Anda berinvestasi di aset kripto untuk membuat trading Anda lebih efektif. 

Bagaimana Cara Menghitung Risk Reward Ratio di Excel?

Jika Anda ingin menghitungnya di Excel, Anda bisa mengikuti perhitungan sebagai berikut, berdasarkan perhitungan yang dilakukan oleh Educba.

Contoh kasusnya adalah: seseorang berencana untuk menginvestasikan USD 400.000 yang dimiliki. Ia bersedia mengambil 10-15% risiko pada investasi jangka pendek. Namun, ia masih bingung memilih saham untuk berinvestasi. Pilihannya adalah Microsoft Corporation dengan current price USD 172 per saham atau Apple Inc dengan current price USD 320 per saham. 

Ternyata, terdapat sebuah studi yang menganalisis kedua tren saham dan menyadari bahwa harga saham Microsoft Corp bisa naik menjadi USD 225 per saham, sementara harga saham Apple Inc bisa naik menjadi USD 400 per saham dalam jangka waktu 3 bulan. Karena ini adalah investasi saham, maka risiko harga saham turun, bukan naik. Akhirnya, Ia siap mengambil risiko hingga USD 48000.

  1. Buat tabel perbandingan yang berisi data Current Price, Stop Loss, dan Target
tampilan tabel risk reward ratio di excel

Source: Educba

  1. Hitung Risk
tampilan cara menghitung risk di excel

Source: Educba

  1. Hitung Reward
tampilan cara menghitung ratio di excel

Source: Educba

  1. Hitung Risk/Reward Ratio
cara menghitung risk reward ratio lewat excel

Source: Educba

Sekarang sudah tahu risk reward ratio dan bagaimana cara menghitungnya. Sederhana dan mudah, bukan? Jika Anda memiliki dasar analisis perhitungan pasar yang tepat, Anda tidak perlu takut berinvestasi aset kripto, salah satunya di Tokocrypto.

Tokocrypto merupakan salah satu tempat transaksi kripto terbesar di Indonesia yang telah mendapat izin BAPPEBTI. Selain menjadi market exchange untuk para trader aset kripto, Tokocrypto juga menghadirkan konten edukasi khusus pada platformnya.Untuk mulai berinvestasi aset kripto di Tokocyrpto, kunjungi link ini  dan dapatkan informasi lengkap terkait aset kripto di akun media sosial Instagram, Twitter, serta blog Tokocrypto. Yuk, selesaikan KYC Anda dan gabung bersama komunitas resminya Discord!

Advertisement

Popular