Connect with us

Altcoin News

Kenalan dengan SafeMoon Coin, Kripto yang Hits di Kalangan Selebritas

Published

on

safemoon coin

Industri aset kripto dihebohkan dengan hadirnya aset kripto SafeMoon Coin yang meroket secara fantastis pada bulan April 2021 lalu. Meledaknya valuasi aset kripto ini didorong oleh para selebritis internasional yang mempromosikan dan mengajak para penggemar mereka untuk berinvestasi.

lil yachty

Melalui akun Twitter resminya, Lil Yachty berkicau “#safemoonisthenewdogecoin” pada 29 Maret 2021. Hal ini diaminkan oleh Jake Paul dengan balasan pada cuitan tersebut “factssss.”

Apa itu SafeMoon Coin?

SafeMoon coin adalah aset kripto BEP-20 yang termasuk DeFi (decentralized finance) token yang diluncurkan pada Maret 2021 di blockchain Binance Smart Chain. Nama SafeMoon sendiri merupakan singkatan dari “Safely To The Moon,” yang mengindikasikan para penciptanya ingin koin ini meroket dengan aman.

SafeMoon Coin dikenal memiliki volatilitas yang tinggi dan beberapa aturan yang tergolong ‘aneh.’

Kreator aset kripto ini menuturkan bahwa mata uang ini didesain untuk mereka yang ingin berinvestasi jangka panjang. SafeMoon menerapkan biaya transaksi sebesar 10%. Pendapatan dari biaya transaksi yang tinggi tersebut kemudian dibagikan kepada holder jangka panjang. Hal ini ditujukan untuk menjaga stabilitas harga dari SafeMoon Coin.

Serupa dengan aset kripto kecil lainnya seperti Dogecoin, Shiba Inu, dan Akita Inu; SafeMoon menggunakan pendekatan meme culture dan hype di media sosial untuk meningkatkan popularitas mereka.

Mengutip dari CoinGecko, SafeMoon berada di urutan 131 diukur dari Market Capitalization. Harga SafeMoon Coin mencapai puncak tertingginya pada bulan Januari 2022. Namun jika dibandingkan dengan harga rata-rata per bulan ini, valuasinya telah menurun sebesar 79%. Para developer SafeMoon juga mengurangi jumlah token dalam sirkulasi secara berkala dalam rangka meningkatkan harga dan menjaga stabilitas.

Hingga saat ini, SafeMoon memiliki 2,9 juta holder, mengutip dari BscScan.

Advertisement

Baca Juga: Terkenal Cepat, Simak Penjelasan Lengkap tentang Fantom Coin

Fitur Utama SafeMoon Coin

  • Dilansir dari white paper proyek SafeMoon, para holder yang menjual tokennya dikenakan biaya transaksi sebesar 10%, yang mana pendapatan 5% dari biaya transaksi akan didistribusikan ke para holder lainnya.
  • White paper proyek SafeMoon juga menjelaskan bahwa 5% dari biaya transaksi akan disebar ke beberapa liquidity pool di PancakeSwap dan platform lainnya. Selain itu, sisa dari 5% yang disebar ke beberapa liquidity pool dikonversikan menjadi Binance Coin (BNB) untuk memberi jaminan likuiditas dari SafeMoon.
  • Token Burn merupakan salah satu fitur dari SafeMoon coin yang ditujukan untuk mengurangi kuantitas aset kripto satu ini dalam sirkulasi.

Resiko yang Patut Diperhatikan 

Apakah Safemoon adalah investasi yang baik? Sama seperti aset kripto lainnya, SafeMoon Coin merupakan aset yang sangat spekulatif dan tidak memiliki nilai intrinsik sama sekali. 

Anda harus bersiap dengan resiko kehilangan investasi Anda jika memilih untuk membeli aset kripto satu ini. Berikut adalah beberapa resiko yang patut diperhatikan:

  • Volatilitas: semenjak peluncurannya, harga SafeMoon mengalami peningkatan dan penurunan yang tergolong ekstrim. Harganya sempat melonjak hingga 20.000 persen sebelum akhirnya jatuh melampaui 80 persen. Karena aset kripto tidak memiliki nilai intrinsik, keuntungan yang dapat diperoleh dari investasi ini hanya dari nilai penjualan.
  • Likuiditas: SafeMoon mendorong para holder untuk berinvestasi jangka panjang dengan mengenakan biaya transaksi sebesar 10 persen sehingga menjual token ini memerlukan pertimbangan agar tidak merugi.
  • Skema Ponzi: beberapa pengamat kripto mengemukakan keraguan mereka terkait SafeMoon Coin sebagai sebuah skema ponzi dengan adanya reward bagi investor jangka panjang dari biaya transaksi yang tinggi.

Selalu lakukan research sendiri sebelum menentukan koin apa yang ingin Anda beli untuk investasi. 

Demikian informasi tentang SafeMoon Coin yang perlu Anda ketahui. Temukan berbagai artikel terkait investasi aset kripto di sini

Tetap up to date soal dunia kripto dengan mengikuti media sosial Tokocrypto: Instagram & Twitter. Kamu juga bisa ikut berdiskusi dengan investor lainnya di komunitas Discord kami, join melalui link berikut.

Popular