Connect with us

Altcoin News

Terkenal Cepat, Simak Penjelasan Lengkap tentang Fantom Coin

Published

on

Ilustrasi aset kripto Fantom (FTM).

Saat ini, ada sebuah aset kripto yang sedang ramai dibicarakan. Aset kripto yang dimaksud yaitu Fantom Coin. Aset kripto tersebut berhasil menunjukkan performa yang memukau selama beberapa pekan. Memangnya, apa itu Fantom Coin dan bagaimana cara kerjanya? Simak ulasannya di bawah ini!

Apa Itu Fantom Coin?

Fantom Coin adalah platform smart contract yang berbasis Directed Acyclic Graph (DAG). Aset kripto satu ini dapat menyelesaikan proses transaksi dengan cepat. Pada September 2021, Fantom berhasil mencetak rekor dengan nilai mencapai 1,8 Dolar AS.

Baca juga: Yuk, Kenalan dengan Aset Kripto HOT Coin dan Cara Kerjanya

Awal Mula Fantom Coin

Fantom Coin bermula dari ide yang muncul pada 2018 lalu Dr. Ahn Byung Ik, Matthew Hur, dan koleganya di Digital Currency Holdings Australia adalah pencetus dari aset kripto ini. Mereka berpendapat bahwa blockchain memiliki keterbatasan, apalagi dalam hal skalabilitas, biaya transaksi yang mahal serta konfirmasi yang lambat. 

Untuk itulah mereka menciptakan Fantom Coin yang menggunakan teknologi DAG. DAG memiliki struktur data yang berbeda dari blockchain. Meskipun berbeda, prinsip operasional keduanya memiliki kesamaan. Teknologi DAG dipercaya dapat menyelesaikan proses transaksi cepat, bahkan dalam hitungan detik saja.

Sejak Fantom mengadakan Initial Coin Offering (ICO) pada 2018, banyak investor yang tertarik untuk menanamkan modalnya. Sehingga, pada akhir tahun 2018, Fantom berhasil meluncurkan Fantom OPERA sebagai platform utama. 

Kenapa Transaksi Fantom Coin Bisa Cepat?

ilustrasi fantom coin
  1. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, Fantom menggunakan teknologi DAG yang memiliki kecepatan lebih baik dari blockchain. Teknologi yang mampu menggantikan blockchain ini adalah sistem pembukuan online yang terdesentralisasi. Struktur data dalam DAG memiliki kronologi waktu berisi data transaksi-transaksi.

Serangkaian data transaksi tersebut tak dikumpulkan dalam satu blok saja. Data dalam waktu berdekatan akan terhubung dan bisa langsung terverifikasi tanpa konfirmasi. Maka dari itulah kinerja DAG mampu menyelesaikan proses transaksi dalam hitungan detik saja.

fantom coin

Source by Fantom

  1. Mengandalkan algoritma konsensus atau sistem verifikasinya sendiri. Algoritma konsensus tersebut disebut Lachesis yang sudah dimodifikasi dari mekanisme proof-of-stake. Lachesis adalah metode verifikasi yang memiliki jaringan aman, mampu memproses transaksi dengan cepat, dan terdesentralisasi.

Lachesis ini memanfaatkan asynchronous Byzantine Fault Tolerance (aBFT). Dengan teknologi ini, jaringan akan tetap bisa melaksanakan tugasnya meskipun validatornya berperilaku aneh, seperti menunda pengecekan transaksi. Begitulah cara kerja Fantom yang didukung dengan sistem jaringan yang kuat. Dengan begini, fantom coin bisa bertahan dari serangan Denial-of-service attack atau DDos.

Apa yang Bisa Dilakukan dengan Fantom Coin?

Bagi Anda yang tertarik dengan aset kripto ini, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan dengan aset kripto ini.

Advertisement

1. Staking

cara staking fantom coin

Staking adalah kegiatan mengunci aset kripto di dompet digital pada platform tertentu. Metode staking di Fantom adalah salah satu yang paling unik di antara platform lain. Anda dapat mendepositkan FTM tanpa harus menguncinya.

Hal tersebut akan sangat menguntungkan karena Anda dapat mengambilnya kapan pun Anda mau. Metode staking ini memungkinkan Anda mendapatkan bunga sebesar 4 persen. Perlu Anda ingat, semakin lama Anda mengunci aset, maka akan semakin besar pula bunga yang didapat.

Fantom juga mengenal liquid staking. Metode ini akan mengunci aset Anda, lalu mengubahnya dari FTM menjadi sFTM dan bisa digunakan dalam aplikasi DApps Fantom. Dengan begini, Anda akan mendapatkan bunga dari staking sembari menggunakan sFTM di aplikasi lainnya. 

2. Investasi

Pada 2021, Fantom Coin tercatat sebagai salah satu aset kripto dengan performa yang menakjubkan yang dimana mengalami kenaikan harga hingga 10.000%. Hal ini terjadi karena berfungsinya DeFi Fantom, CRV, dan YFI yang menambahkan Fantom dalam jaringan mereka. Dengan begitu, proses transaksi menjadi lebih mudah. Aplikasi DeFi Fantom pun memiliki potensi untuk mendapatkan bunga yang besar. 

Itulah tadi penjelasan tentang aset kripto yang ramai dibicarakan dalam komunitas kripto. Tertarik untuk memiliki Fantom Coin, tapi masih bingung harus memulai dari mana? Pelajari lebih banyak tentang aset kripto satu ini bersama dengan Komunitas Resmi Tokocrypto! Kunjungi website Tokocrypto dan follow Instagram @tokocrypto juga, ya!

Popular