Connect with us

Metaverse

Yuk, Ketahui Cara Bermain Game Kawaii Island NFT Agar Cuan!

Published

on

game nft kawaii island

Saat ini, game Kawaii Island sedang booming sebagai permainan baru yang fresh. Game ini cukup populer, terutama di kalangan pecinta game Play-to-Earn karena dapat menghasilkan cuan lewat pengalaman bermain game yang berbeda. Memangnya, apa itu Kawaii Island NFT? Bagaimana pula cara memainkan game tersebut untuk menghasilkan uang? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Apa Itu Kawaii Island NFT?

Kawaii Island adalah game NFT yang dikembangkan oleh Imba Games Studio dan Orai Chain. Rilis dalam web version pada September 2021 dan mobile version pada 30 Maret 2022, game ini bisa mulai dimainkan dengan 1 akun Binance Smart Chain dan koneksi MetaMask Wallet Anda.

Game baru ini menawarkan dunia metaverse dengan gaya anime yang penuh warna-warni. Permainan yang ditawarkan oleh Kawaii Island ini berupa simulasi kehidupan di sebuah alam semesta fantasi berbentuk kepulauan di atas awan. Karakternya imut dan penuh warna, sesuai dengan namanya, kawaii, yang berarti imut.

Disebut sebagai game Anime Metaverse, Kawaii Island dirancang untuk dimainkan secara multiplayer. Anda akan memasuki dunia multiverse anime sebagai penduduk atau warga di sana, lalu ikut serta menjalankan berbagai aktivitas unik di pulau. Game ini memungkinkan Anda atau tim untuk ikut membangun pulau, membuat kerajinan, berkebun, hingga bersosialisasi dengan penduduk lainnya.

Sebelum mulai bermain, Anda harus mengisi pendaftaran terlebih dahulu. Setelah pendaftaran berhasil, Anda sudah bisa langsung bermain. Pada mulanya, Anda akan diberi sebidang tanah di pulau Anda untuk bercocok tanam. Elemen-elemen magis yang berhasil dipanen nantinya dapat digunakan untuk memberi makan makhluk magis, dijual, atau bisa juga disimpan. Semakin banyak hasil panen, maka semakin banyak pula item yang Anda dapatkan.

gameplay kawaii island

Photo Credit: KAWAII ISLANDS – Kawaiiverse via docs.kawaii.global

Gameplay NFT Kawaii Island

Kawaii Island adalah game NFT berbasis Play-to-Earn, yaitu permainan yang tidak sekadar untuk hiburan atau rekreasi, tetapi juga bisa menghasilkan keuntungan. Setiap pemain akan memiliki kesempatan untuk mengasah kreativitas berbisnis dan keterampilan bermain untuk memaksimalkan keuntungan.

Baca Juga: Pecinta Game, Yuk Cobain Thetan Arena untuk Cari Cuanmu di Dunia NFT!

Dilansir dari sumber terkait, game Kawaii Island sangat disukai karena menawarkan gameplay yang menarik, di antaranya seperti berikut ini.

Farming: 

  • Pemain dapat membangun bisnisnya sendiri secara on-chain berdasarkan kreativitas masing-masing dengan memanfaatkan avatar, tanaman, makhluk, dan item yang ada di pulau.
  • Mengelola sumber daya magis pulau yang berupa buah dan peliharaan ajaib.

Crafting:

Merancang dan membuat berbagai jenis furniture untuk rumah di Cloud. Nantinya, furnitur ini dapat dijual.

Social Club:

Bertemu, bergaul, dan menjalin relasi dengan penduduk Kawaii lain.

Selain farming, crafting, dan social club, pemain juga bisa menyelesaikan berbagai quest yang menantang untuk mendapatkan kekayaan dan prestige, home decorating, dan dress up karakter. Semua kegiatan punya peluang penghasilan dengan sistem Play-to-Earn.

Bagaimana Menghasilkan Keuntungan dengan Bermain Game Kawaii Island?

kawaiiverse

Source: https://kawaii.global/

Lantas, bagaimana cara mendapatkan penghasilan lewat game Kawaii Island? Apa saja keuntungannya? Nah, berdasarkan pengalaman bermain yang dilakukan Gesnef Okami-kun lewat channel YouTube-nya, 

Ia berhasil mengumpulkan uang mencapai Rp200 ribu bersama dua orang anggota timnya dalam sehari bermain. Dalam sehari tersebut, ia dan timnya berhasil mengumpulkan items dari bercocok tanam, menjual furniture, dan sebagainya. Items yang terkumpul itu bernilai Rp200 ribu jika diuangkan.

Apakah Anda tertarik untuk memainkan game ini? Berikut caranya:

  1. Anda bisa membeli kripto Kawaii Island NFT dengan kurs saat ini melalui MEXC, Hoo, dan PancakeSwap (V2). 
  2. Setelah menyiapkan akun dompet digital (MetaMask), Anda bisa mengunjungi laman resmi Kawaii Island atau memainkannya lewat Android dan iOS masing-masing untuk mulai bermain.
  3. Para pemain nantinya juga akan mendapat hadiah berupa token asli Kawaii yang disebut KWT untuk membeli NFT game yang bisa dipakai membuat dan menggabungkan item

Anda bisa menukar aset game dengan menjual NFT di TokoMall, pelopor marketplace NFT di Indonesia. Anda bisa membeli berbagai aset kreatif dan koleksi digital di sini! Yuk, bergabung!

Blockchain

Apa Itu Metaverse? Masa Depan Dunia Virtual

Published

on

Ilustrasi metaverse.

Metaverse menjadi topik hangat yang menarik untuk dibahas secara mendalam. Kamu mungkin baru-baru ini mendengar bagaimana metaverse akan mengantarkan era baru konektivitas digital ke dalam dunia virtual yang bisa diadaptasi di hampir semua sektor.

Sudah lebih dari enam bulan sejak Facebook mengumumkan rebranding ke Meta dan akan memfokuskan masa depannya pada “metaverse” yang akan datang. Sejak saat itu, arti istilah metaverse itu belum menjadi lebih jelas.

Di sisi lain, ada banyak hype marketing yang terbungkus dalam menjual gagasan “metaverse.” Untuk membantu kamu memahami betapa kabur dan kompleksnya istilah “metaverse”, berikut penjelasan yang komprehensifnya.

Serius, Apa Itu Metaverse?

Berbicara tentang metaverse terasa sangat mirip dengan membahas tentang internet di tahun 70-an dan 80-an. Saat blok bangunan dari bentuk komunikasi baru sedang diletakkan, hal itu memicu spekulasi tentang seperti apa bentuknya dan bagaimana orang akan menggunakannya.

Semua orang membicarakannya tetapi hanya sedikit yang tahu apa artinya atau bagaimana cara kerjanya. Melihat ke belakang, ternyata tidak persis seperti yang dibayangkan beberapa orang.

Istilah metaverse telah beredar selama beberapa tahun terakhir, kata “metaverse” sebenarnya diciptakan oleh penulis Neal Stephenson dalam novel fiksi ilmiahnya tahun 1992, “Snow Crash.” Dalam bukunya, Stephenson menyebut metaverse sebagai dunia digital yang mencakup semua yang ada paralel dengan dunia nyata.

Namun pada tahun 2022, para ahli masih belum yakin apakah metaverse di dunia nyata dapat berevolusi menjadi sesuatu yang serupa.

Avatar CEO Meta, Mark Zuckerberg di Metaverse.
Avatar CEO Meta, Mark Zuckerberg di Metaverse.

Baca juga: Nilai Pasar Metaverse Diramalkan Menjadi US$ 5 Triliun pada Tahun 2030

Metaverse Hanya Dunia Game Saja?

Banyak ahli melihat metaverse sebagai model 3D dari internet. Pada dasarnya, tempat yang sejajar dengan dunia fisik, di mana kamu menghabiskan kehidupan digital secara virtual. Tempat di mana kamu dan orang lain memiliki avatar, dan berinteraksi dengan mereka melalui avatar juga. Beberapa berpendapat bahwa metaverse dalam arti sebenarnya dari istilah tersebut sebenarnya belum ada.

Pada dasarnya, metaverse seharusnya menjadi versi 3D dari internet yang dilihat sebagai tahap pengembangan selanjutnya yang logis, dan idealnya akan diakses melalui satu gateway. Namun, itu tidak mengharuskan ruang tersebut diakses secara eksklusif melalui VR atau AR. Dunia virtual —seperti aspek Fortnite yang dapat diakses melalui PC, konsol game, dan bahkan ponsel— sudah mulai menyebut diri mereka sebagai “metaverse.”

Mengapa Metaverse Melibatkan Avatar?

Metaverse adalah dunia realitas virtual yang digambarkan sebagai pasar yang mengelilingi planet di mana real estat virtual dapat dibeli dan dijual, dan di mana pengguna yang memakai kacamata VR menghuni avatar 3D yang bentuknya bebas untuk mereka pilih.

Ketiga elemen ini —VR, kepemilikan digital, dan avatar— masih menonjol dalam konsep metaverse saat ini. Tetapi tidak satu pun dari mereka yang benar-benar penting untuk gagasan itu. Dalam istilah yang paling luas, metaverse dipahami sebagai ruang virtual yang kaya grafis, di mana orang dapat bekerja, bermain, berbelanja, bersosialisasi.

Pendukung metaverse sering berfokus pada konsep “kehadiran” sebagai faktor penentu: Merasa seperti kamu benar-benar ada di sana, dan merasa seperti orang lain juga benar-benar ada di sana bersama kamu. Versi metaverse ini bisa dibilang sudah ada dalam bentuk video game. Tapi ada definisi lain dari metaverse yang melampaui dunia virtual yang kita kenal.

gambaran bermain di metaverse
Ilustrasi Metaverse.

Baca juga: Token Kripto Metaverse Terus Tumbuh, meski Market Bearish

Definisi tersebut sebenarnya tidak menggambarkan metaverse sama sekali, tetapi menjelaskan mengapa semua orang menganggapnya sangat penting. Definisi ini bukan tentang visi untuk masa depan atau teknologi baru. Sebaliknya, ini melihat ke masa lalu dan ke teknologi internet dan smartphone yang sekarang biasa, dan mengasumsikan bahwa perlu untuk menemukan metaverse untuk menggantikannya.

Hambatan Wujudkan Metaverse Jadi Realitas Virtual

Tetapi ada tantangan yang harus diatasi sebelum metaverse dapat mencapai adopsi global yang luas. Dan satu tantangan utama adalah bagian “virtual” dari alam semesta ini.

Sementara, VR dianggap sebagai bahan utama resep metaverse, masuk ke metaverse tidak (dan tidak boleh) dibatasi dengan memiliki headset VR. Dalam arti tertentu, siapa pun yang memiliki komputer atau smartphone dapat memanfaatkan pengalaman metaverse secara nyata.

Menawarkan aksesibilitas yang luas adalah kunci untuk membuat metaverse bekerja berdasarkan perjuangan berat VR yang berkelanjutan untuk mendapatkan daya tarik dengan konsumen.

Pasar VR telah melihat inovasi luar biasa dalam waktu singkat. Beberapa tahun yang lalu, orang yang tertarik dengan VR rumahan harus memilih antara sistem berbasis komputer yang mahal yang menambatkan pengguna atau headset berbasis ponsel cerdas yang murah namun sangat terbatas.

Lima Aset Kripto Metaverse Paling Top
Ilustrasi memakai VR untuk akses metaverse.

Baca juga: Kenalan dengan Decentraland, Salah Satu Proyek Metaverse

Riset dari PwC, teknologi VR dan AR untuk metaverse meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB) global US$ 1,4 triliun pada 2030. Selain kontribusi ke PDB global, VR dan AR memberikan dampak ke pekerjaan.

Pengembangan kedua teknologi ini dinilai mampu mendorong terciptanya 23,3 juta pekerjaan baru pada 2030. Teknologi metaverse juga mampu menyusup ke semua lini ekonomi. Sebanyak 25% masyarakat dunia diperkirakan menghabiskan waktunya satu jam per hari di metaverse pada 2026.

Metaverse, Kripto, NFT dan Blockchain

Metaverse adalah kombinasi dari beberapa elemen teknologi, termasuk blockchain, kripto, NFT, web3, virtual reality (VR) dan augmented reality (AR), di mana pengguna dapat merasakan hidup dalam dunia digital.

Crypto is the key to the metaverse. Faktanya, metaverse membutuhkan aset kripto untuk beroperasi dengan baik dan maksimal. Konsep metaverse cenderung masih berfokus pada dunia games, NFT dan ada beberapa token kripto yang khusus diaplikasikan pada platform metaverse.

Co-Founder & Chariman VCGamers, Wafa Taftazani, menjelaskan metaverse merupakan konsep kolaboratif yang menggabungkan interaksi manusia dengan avatar serta berbagai produk dan layanan antara dunia nyata dengan dunia digital tanpa batas, di mana semua bisa berlangsung secara simultan dan paralel di dalam jaringan blokchain.

Metaverse pada dasarnya adalah menggabung NFT, crypto asset, blockchain, smart contract di dalam satu lingkungan virtual. Metaverse itu kolektif seperti menjadi seperti dunia nyata, tapi terjadi di dalam blockchain. Jadi orang bertransaksi dengan crypto asset, tanah dan bangunan virtual jadi NFT, semua transaksi tercatat di blockchain,” ujar Wafa dikutip CNBC Indonesia.

Ilustrasi Ketika lembaga pemerintahan Indonesia melirik pengembangan metaverse. Foto: Pusat Penerangan Kemendagri.
Ilustrasi Ketika lembaga pemerintahan Indonesia melirik pengembangan metaverse. Foto: Pusat Penerangan Kemendagri.

Baca juga: Tanah Cluster Metaverse Pertama di Indonesia Laku Terjual Rp 150 Juta

Metaverse memiliki potensi yang besar untuk masyarakat bisa berinteraksi, bekerja, belajar dan berkarya. Tentu saja butuh waktu untuk mengembangkan dunia virtual yang optimal dan bisa digunakan oleh semua orang.

Potensi dan Tantangan Besar Metaverse di Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, menyebutkan potensi metaverse di Indonesia sangat besar. Menurut Sandiaga, metaverse harus dioptimalkan untuk kepentingan pemulihan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja.

Metaverse bisa mendorong ekonomi digital di mana Indonesia memiliki potensi yang luar biasa dengan 600.000 talenta digital per tahun. Dan ada potensi 30 juta UMKM serta kontribusi ekonomi yang diprediksi bisa mencapai 150 miliar dolar AS pada 2025.

“Indonesia memiliki potensi luar biasa dan ini jadi peluang usaha kita untuk bisa meningkatkan aktivitas pembiayaan dan usaha sehingga bisa membuka lapangan kerja baru dan salah satunya di space metaverse ini,” kata Sandiaga dikutip dari siaran pers Kemenparekraf.

Senada dengan Sandiaga, Ketua Umum Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo), Teguh Kurniawan Harmanda, mengatakan metaverse adalah sebuah keniscayaan. Menurutnya cepat atau lambat perkembangan metaverse akan begitu masif seiring dengan adopsi aset kripto dan blockchian yang bisa menjadi bagian dunia virtual yang dibangun nantinya.

“Adopsi kripto dan blockchain akan mempercepat pengembangan metaverse yang memiliki potensi besar di Indonesia. Bayangkan akan banyak inovasi yang muncul saat ini akan lari ke arah metaverse di masa depan. Apa yang kita rasakan di dunia nyata, semua akan bisa terjadi juga di metaverse,” kata pria yang akrab disapa Manda.

Ilustrasi token kripto dan dunia Metaverse.
Ilustrasi dunia metaverse.

Baca juga: Ketika Lembaga Pemerintahan Indonesia Melirik Pengembangan Metaverse

Peluang Ekonomi Digital dari Metaverse

Riset dari The Analysis Group, metaverse pada 2031 akan memiliki kontribusi terhadap perekonomian global mencapai US$ 3,01 triliun. Kajian yang bertajuk “The Potential Global Economic Impact of Metaverse” ini menyebut angka itu setara dengan 2,8 persen dari pertumbuhan ekonomi dunia.

Peluang ekonomi metaverse pun, menurut McKinsey, tak bisa dianggap remeh. Sektor teknologi ini ditaksir akan mencapai nilai US$5 triliun atau lebih dari Rp74.152 triliun pada 2030.

Dari jumlah tersebut, sektor e-commerce akan menjadi ceruk terbesar, dengan nilai mencapai sekitar US$ 2 triliun, diikuti pembelajaran virtual mencapai US$ 180 miliar sampai US$ 270 miliar, iklan virtual US$ 144 miliar sampai US$ 206 miliar, dan gim US$ 108 miliar sampai US$ 125 miliar.

Menurut Manda, metaverse nantinya bukan hanya akan menjadi tren baru dalam dunia virtual untuk media sosial dan lainnya, tapi juga memunculkan solusi-solusi baru atas berbagai masalah yang dihadapi Indonesia saat ini.

Continue Reading

Metaverse

Ini 5 Game NFT Gratis yang Dapat Memberi Keuntungan

Published

on

rekomendasi game nft gratis

Game NFT adalah salah satu alternatif yang seru untuk mendapatkan keuntungan. Dengan modal bermain game saja, Anda punya kesempatan untuk mengumpulkan kripto sebanyak mungkin. Saat ini, banyak game NFT gratis yang dapat Anda mainkan untuk menghasilkan keuntungan. Apa saja? Simak kelanjutannya berikut ini!

Apa itu Game NFT ?

Game NFT adalah game digital yang menggunakan mekanisme, peraturan, dan interaksi antar pemainnya berdasarkan NFT. NFT sendiri adalah akronim untuk Non-Fungible Token, yaitu sertifikat keaslian yang unik pada blockchain sebagai bukti kepemilikan barang yang dapat dibeli dengan mata uang kripto. 

Bagaimana cara kerja game nft?

Cara kerja game NFT adalah mengombinasikan video game dengan teknologi blockchain, sehingga pemainnya bisa melakukan jual beli aset digital atau NFT mereka. Para pemain game NFT juga bisa memperoleh NFT lewat game-game tertentu yang biasa disebut Play-to-Earn atau bermain untuk dapatkan keuntungan. 

Singkatnya, game NFT memungkinkan para pemainnya untuk mendapatkan item yang diperoleh dari reward game sebagai aset NFT yang berharga.

Apa Itu Play to Earn Game?

Game NFT berbasis Play-to-Earn ini mampu menghasilkan keuntungan dalam bentuk koin kripto atau altcoin yang selaras dengan uang Rupiah. Para pemain harus mengumpulkan sejumlah item unik dalam game agar bisa diuangkan. 

Caranya adalah dengan menjual item tersebut ke bursa, pasar, atau rumah lelang yang sesuai dengan fanbase tertentu. Kisaran harga yang dispekulasikan akan tergantung dengan fluktuasi nilai item atau utilitas sebuah item dalam permainan NFT. 

Sebelum mulai bermain, Anda harus melakukan pendaftaran dan pembuatan akun terlebih dahulu. Jangan lupa juga untuk menghubungkan dompet kripto Anda. Biasanya, dompet kripto yang sering digunakan adalah MetaMask.

Baca juga: 7 Virtual Games NFT Menarik yang Akan Populer di 2022

5 Rekomendasi Game NFT Gratis

ilustrasi art nft

Setelah mengenal apa itu game NFT, pasti Anda mulai tertarik untuk mencobanya, bukan? Anda bisa mulai mengumpulkan keuntungan dengan memanfaatkan beberapa game Play-to-Earn NFT yang beragam jenisnya. Apalagi, sekarang juga banyak game NFT yang gratis yang sangat populer dan menguntungkan. Berikut ini adalah beberapa rekomendasinya.

1. AlterVerse

game nft alterverse

Source: AlterVerse Facebook Page

Suka dengan permainan bertema fantasi? Anda harus mencoba memainkan Alterverse karena game ini memadukan shooter dengan Sci-Fi. Game ini akan mengajak Anda menjelajahi luar angkasa untuk menyelesaikan misi menyelamatkan pesawat luar angkasa. 

Jika berhasil menyelesaikan quest, Anda akan mendapat reward berupa token dan NFT. Dengan NFT yang tertinggi, Anda akan bisa mengalahkan musuh terkuat, termasuk pemain-pemain lain di mode Deathmatch, untuk dapatkan semua reward-nya.

2. Eizper Chain

game nft gratis eizer chain

Source: Eizper Chain Facebook Page

Eizper Chain adalah game NFT gratis tipe ARPG (Action Role Playing Game) yang bisa dimainkan tanpa harus punya modal. Game berbasis teknologi blockchain ini menawarkan banyak misi dengan reward yang menarik. 

Anda bisa kumpulkan banyak karakter yang punya kemampuan khusus masing-masing, seperti menggunakan senjata, armor, dan eizper crystal skill. Selain menyelesaikan misi, game ini juga memungkinkan pemainnya untuk menjelajahi dunia yang bebas dan melakukan beragam aktivitas seru.

3. MIR4

game nft mira4

Source: MIR4 Facebook Page

Berikutnya, ada game MIR4 yang merupakan MMORPG open world dengan latar budaya Korea klasik dalam dunia fantasi. Game ini penuh dengan elemen-elemen laga antar klan yang menyebabkan perpecahan besar. MIR4 punya fitur penerjemah sehingga Anda bisa berkomunikasi dengan pemain-pemain lainnya. Kumpulkan koin kripto dan koin utilitas yang disebut DRACO agar bisa ditukarkan dengan darksteel (DS).

4. Thetan Arena

game nft thetan arena

Source: Thetan Arena Facebook Page

Game NFT selanjutnya adalah Thetan Arena, yaitu game MOBA berbasis blockchain yang menuntut Anda untuk bertarung dengan kelompok lain. Game ini akan memberi Anda tiga hero secara gratis untuk bertarung melewati 11 level permainan agar bisa menang. Setiap levelnya hanya bisa dibuka dengan piala khusus yang diperoleh setelah menyelesaikan quest

5. Tiny Colony

Source: Tiny Colony Linkedin Page

Game Tiny Colony punya konsep permainan yang cukup unik. Di sini, Anda akan bermain dalam sebuah koloni semut. Anda harus bisa membangun sebuah koloni semut yang canggih dan maju demi mendapatkan keuntungan yang melimpah. Anda juga dituntut untuk mempertahankan koloni Anda dari kekuatan gelap yang berkeliaran di bawah tanah. 

Baca juga: Mirip Animal Crossing, Begini Cara Main Game Alice Crypto

Keuntungan Bermain Game NFT Gratis

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, NFT adalah sertifikat kepemilikan asli yang tidak bisa direplikasi. 

Jika Anda membeli in-game item NFT, maka item tersebut akan selamanya menjadi hak milik Anda. Anda pun bisa mengoleksinya atau menjualnya kepada gamers lain. 

NFT sangat terjamin keaslian dan kelangkaannya. Oleh sebab itu, uang yang dihasilkan dari transaksi NFT bisa cukup besar jika Anda pun kreatif dalam berbisnis.

Apalagi jika game yang Anda mainkan adalah game NFT gratis, maka Anda tidak perlu mengeluarkan modal sepeser pun. Anda hanya perlu bermain dengan tekun dan kreatif agar kripto terkumpul sehingga bisa hasilkan cuan. 

Anda juga bisa melakukan jual-beli aset NFT Anda di TokoMall untuk maksimalkan pendapatan. TokoMall adalah pelopor marketplace NFT di Indonesia. Anda dapat membeli atau menjual berbagai aset kreatif dan koleksi digital di sini! Jangan lupa juga bergabung ke komunitas Tokomall di Discord dan Telegram Tokomall sekarang juga!

Continue Reading

Blockchain

Nilai Pasar Metaverse Diramalkan Menjadi US$ 5 Triliun pada Tahun 2030

Published

on

Ilustrasi metaverse

Perusahaan konsultan global McKinsey & Company meramal nilai pasar metaverse dapat mencapai US$5 triliun pada tahun 2030. Selain itu, lebih dari 80 persen perdagangan dapat terdampak aktivitas di metaverse.

Nilai Pasar Metaverse 

News.Bitcoin.com melansir, pekan lalu McKinsey menerbitkan laporan bertajuk “Penciptaan Nilai di Metaverse”. Laporan tersebut adalah hasil survei terhadap lebih dari 3.400 konsumen dan eksekutif terkait adopsi dan potensi metaverse serta peluang perubahan perilaku.

“Kami mewawancara 13 pemimpin senior dan pakar metaverse. Pada tahun 2030, sangat mungkin lebih dari 50 persen acara live digelar melalui metaverse,” jelas McKinsey.

McKinsey menambahkan, lebih dari 80 persen perdagangan dapat terdampak aktivitas di metaverse. Sebagian besar pembelajaran, pengembangan dan kolaborasi juga dapat terjadi di dunia virtual.

Selain itu, McKinsey memprediksi pengguna internet normal akan menghabiskan hingga enam jam per hari dalam kegiatan metaverse pada tahun 2030.

Baca juga: Masih Tentang Game NFT, Begini Fitur dan Cara Kerja Game Upland!

Pada tahun 2022, sektor metaverse menerima investasi sebesar US$120 milyar, dua kali lipat nilai investasi pada tahun 2021 sebesar US$57 milyar.

Kendati data metaverse beraneka ragam, McKinsey menyatakan metaverse dapat bernilai hingga US$ 5 triliun pada tahun 2030. Perkiraan potensi dampak metaverse pada tahun 2030 didasarkan kajian terhadap kegunaan bagi konsumen dan usaha.

Selain itu, McKinsey berdiskusi dengan 20 pakar internal dan eksternal terkait metaverse. McKinsey berkata, mereka memberikan prediksi terbaik kendati ketidakjelasan teknis, regulasi dan sosial terhadap metaverse.

Laporan tersebut menyatakan, metaverse akan memiliki dampak besar terhadap kehidupan individu dan perdagangan. Dengan potensi nilai US$5 triliun pada tahun 2030, McKinsey memandang metaverse sebagai potensi yang sangat besar dan tidak dapat diabaikan.

Baca juga: Elon Musk: Saya Tak Pernah Katakan Orang Harus Berinvestasi Bitcoin dan Dogecoin

Sejumlah bank besar dan perusahaan investasi memasuki sektor metaverse, termasuk JPMorgan, HSBC, Standard Chartered dan Fidelity Investments.

Survei yang dilakukan pada bulan April lalu mengungkap metaverse akan menjadi lokasi paling populer bagi komunitas kripto. 70 persen responden setuju kemajuan kripto dan teknologi blockchain penting bagi pengembangan metaverse di masa depan.

Selain McKinsey, beragam perusahaan lain memberikan prediksi ukuran metaverse. Citigroup meramal metaverse adalah peluang senilai US$13 triliun dengan lima milyar pengguna pada 2030.

Goldman Sachs melihat metaverse sebagai peluang senilai US$8 triliun.

Sumber

Continue Reading

Popular