Altcoin News

Apa Itu Aset Kripto IRISnet (IRIS) dan BitShares (BTS)?

Published

on

IRISnet (IRIS) dan BitShares (BTS) adalah salah dua dari ratusan ribu aset kripto yang berusaha untuk menyediakan solusi layanan keuangan desentralisasi (DeFi). Misalnya, IRISnet secara singkat memiliki tujuan utama untuk menyediakan jaringan terbuka berbasis blockchain untuk usaha kecil dan menengah yang menawarkan berbagai layanan.

Sedangkan, BitShares dirancang sebagai platform terdesentralisasi yang dirancang untuk menyediakan jaringan pembayaran global yang lebih efisien. Penasaran apa saja keunggulan dari IRISnet dan BitShares? So, mari kita bahas lebih lanjut.

IRISnet (IRIS)

Apa Itu IRISnet (IRIS)?

IRISnet adalah protokol layanan dan aset kripto, yang secara resmi diluncurkan pada 1 Maret 2019. IRISnet dirancang dan dikembangkan oleh tim ahli teknologi di belakang, Bianjie AI, sebuah perusahaan teknologi tinggi berbasis di Shanghai yang didirikan pada tahun 2016.

Harriet Cao adalah salah satu pendiri Bianjie AI dan salah satu kekuatan pendorong di balik pembentukan protokol IRISnet. Dia telah bekerja untuk membawa solusi modern untuk masalah di sektor keuangan, serta solusi berbasis blockchain untuk institusi kesehatan.

Tujuan utama protokol IRISnet adalah untuk menyediakan jaringan terbuka berbasis blockchain untuk usaha kecil dan menengah yang menawarkan berbagai layanan. Menurut Whitepaper IRISnet, protokol tersebut bertujuan untuk menggunakan blockchain publik dan konsorsium yang berbeda untuk membawa kekuatan jaringan terbuka yang terdesentralisasi ke ribuan bisnis dan penyedia layanan lepas.

Ilustrasi aset kripto IRISnet (IRIS).

Baca juga: Apa Itu Kripto Streamr (DATA) dan FC Barcelona Fan Token (BAR)?

Menariknya, IRISnet dinamai Iris, personifikasi pelangi dan utusan para Dewa dalam mitologi Yunani. Tim di belakang IRISnet adalah Tendermint, perusahaan di belakang mesin konsensus Tendermint, serta pengembang Cosmos, sebuah ekosistem yang dirancang untuk memfasilitasi pengembangan aplikasi blockchain.

Apa yang Membuat IRISnet (IRIS) Unik?

IRISnet diklaim sebagai platform inovatif yang dapat dibawa oleh teknologi blockchain ke dunia bisnis secara nyata. Sementara, sebagian besar blockchain konsorsium dimiliki dan dioperasikan oleh konglomerat besar perusahaan, IRISnet bertujuan untuk membawa solusi untuk operasi bisnis kecil.

Salah satu perkembangan terbaru mereka adalah IRITA, blockchain perusahaan yang menghadirkan pemodelan aset digital yang fleksibel dan otorisasi data yang berpusat pada privasi ke dunia bisnis.

Salah satu nilai jual utama protokol IRISnet adalah bahwa protokol ini bertujuan untuk menggabungkan kemampuan on-chain dan off-chain. Saat transaksi dieksekusi di blockchain, pemrosesan data dan logika bisnis akan dieksekusi di luar rantai. Selain itu, IRISnet juga menawarkan produk seperti dompet pintar untuk operasional bisnis.

Token IRIS adalah native aset kripto yang digunakan di jaringan IRISnet. Seperti banyak altcoin populer, IRIS adalah koin proof-of-stake (dPoS) yang didelegasikan, berdasarkan Tendermint Consensus. Tendermint muncul sedikit setelah pengenalan konsensus Bitcoin dan Ethereum yang bertujuan untuk menjadi mesin konsensus untuk mencakup semua.

Ilustrasi aset kripto IRISnet (IRIS).

Baca juga: Apa Itu Aset Kripto Gifto (GTO) dan Mithril (MITH)?

IRISnet mengumumkan pasokan token awal dua miliar token IRIS yang didistribusikan di beberapa grup utama. Menurut whitepaper IRISnet 25% token dirilis untuk penjualan pribadi, 15% didistribusikan di antara anggota tim AI Bianjie dan 15% dicadangkan untuk mendukung fungsi IRIS Foundation.

30% token yang dikeluarkan lainnya digunakan untuk pengembangan ekosistem, sementara 5% didedikasikan untuk Cosmos Hub Airdrop khusus. Akhirnya, 25% token masuk ke tim pengembang Tendermint; namun, sebagian besar token ini akan diberikan secara bertahap setelah peluncuran IRIS Hub.

Peringkat IRIS di situs CoinMarketCap pada Selasa (28/6) jam 08.00 adalah #537, dengan kapitalisasi pasar langsung sebesar $ 23.617.718. Ini memiliki pasokan yang beredar dari 1.312.734.255 koin IRIS dan maksimal pasokan tidak tersedia.

BitShares (BTS)

Apa Itu BitShares (BTS)?

BitShares adalah platform terdesentralisasi yang dirancang untuk menyediakan jaringan pembayaran global yang lebih efisien dan biasanya digunakan untuk memperdagangkan mata uang kripto dengan aman tanpa perantara. BitShares didirikan bersama pada tahun 2013 oleh beberapa nama besar industri aset kripto, ini termasuk: Daniel Larimer dan Charles Hoskinson.

Platform ini awalnya diluncurkan pada Juli 2014 dengan nama ProtoShares (PTS) tetapi diganti namanya menjadi BitShares (BTS) kurang dari setahun kemudian. BitShares berjalan pada implementasi blockchain open-source yang dikenal sebagai Graphene, yang dilaporkan mampu memproses hingga 100.000 transaksi per detik (TPS), membuatnya lebih cepat daripada gabungan MasterCard dan VISA.

Ilustrasi aset kripto BitShares (BTS).

Baca juga: Apa Itu Aset Kripto Nexo (NEXO) dan Mobilecoin (MOB)?

BitShares didukung oleh token BTS, token utilitas asli yang dapat digunakan untuk beberapa tujuan, termasuk pembuatan smartcoin yang dikenal sebagai “BitAssets,” yang dapat memiliki berbagai parameter dan dapat mewakili hampir semua hal — seperti poin hadiah, token yang dipatok fiat dan IOU yang dijaminkan.

Platform BitShares dikelola oleh perusahaan otonom terdesentralisasi (DAC), yang memungkinkan pemegang token BTS untuk memutuskan masa depan platform, dan memutuskan fitur mana yang akan ditambahkan selanjutnya.

Apa yang Membuat BitShares (BTS) Unik?

Salah satu fitur pembeda utama BitShares adalah platform pertukaran aset kripto terdesentralisasi yang terintegrasi (DEX), yang memungkinkan pengguna untuk memperdagangkannya reguler, serta instrumen keuangan yang lebih tradisional (melalui BitAssets) tanpa perantara.

Karena DEX asli dan dukungan untuk aset sintetis (BitAssets), BitShares sering disebut-sebut sebagai platform DeFi pertama di dunia yang kapable dengan blockchain.

Seperti yang telah kita singgung sebelumnya, BitShares menggunakan perusahaan otonom terdistribusi (DACs) untuk menghasilkan sistem self-governing, self-financing yang memungkinkan pemegang BTS untuk menetapkan aturan bisnis yang mengatur ekosistem BitShares melalui proposal yang aman dan prosedur pemungutan suara.

Ilustrasi aset kripto BitShares (BTS).

Baca juga: Apa Itu Aset Kripto Troy (TROY) dan VeThor (VTHO)?

BitShares adalah blockchain pertama yang menggunakan teknologi self-governed delegasi proof-of-stake (DPoS) dan memiliki waktu pemrosesan ~3 detik untuk transaksi, menjadikannya salah satu blockchain tercepat yang saat ini beroperasi.

Peringkat BTS di situs CoinMarketCap pada Selasa (28/6) jam 08.00 adalah #468, dengan kapitalisasi pasar langsung sebesar $ 32.182.182. Ini memiliki pasokan yang beredar dari 2.994.550.000 koin BTS dan maksimal pasokan 3.600.570.502 koin BTS.

IRISnet (IRIS) dan BitShares (BTS) Listing di Tokocrypto

Tokocrypto terus menghadirkan beberapa aset kripto baru untuk memberikan pelayanan trading yang lebih luas lagi, seperti IRISnet (IRIS) dan BitShares (BTS).

Trading IRIS/USDT, IRIS/BTC, BTS/USDT dan BTS/BTC dapat dilakukan mulai tanggal 24 Juni 2022 pukul 16.00 WIB. Kini, pengguna dapat melakukan deposit/setoran IRIS dan BTS di Tokocrypto sebagai persiapan trading.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset kripto masih berisiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.

Popular

Exit mobile version