Connect with us

Tips & Tricks

Cara Menghasilkan Uang dari TikTok Bisa Beli Kripto

Published

on

Ilustrasi membuat konten TikTok. Foto: Shutterstock.

Cara menghasilkan uang bisa dari mana saja di era digital saat ini. Terlebih, munculnya platform media sosial, seperti TikTok tentu memudahkan kreator konten mendapatkan cuan.

Forbes melaporkan bahwa seorang pengguna TikTok bisa menhasilkan uang lebih dari satu juta dolar AS per tahun dengan memposting video pendek di platform media sosial yang sangat populer itu. Tak mengherankan TikTok menjadi platform orang mencari aliran pendapatan baru dan potensi penghasilan.

Dengan lebih dari 1 miliar unduhan dari Apple App Store dan Google Play Store, TikTok menghadirkan peluang besar bagi influencer untuk berinteraksi dengan lebih dari 500 juta pengguna dan menggunakan keterlibatan mereka untuk mendapatkan keuntungan dari platform.

Ilustrasi TikTok. Foto: Shutterstock.
Ilustrasi TikTok. Foto: Shutterstock.

Baca juga: Apa Itu Content Creator? Tugas, Gaji, Tantangan dan Contoh

Tanpa berlama-lama, mari kita langsung masuk ke pembahasan yang penting untuk mendapatkan keuntungan dari TikTok. Berikut adalah beberapa cara menghasilkan uang dari TikTok yang bisa kamu coba:

Cara Dapat Uang dari TikTok

1. Buat Persona atau Brand Image yang Kuat

Bermain media sosial yang diikuti oleh jutaan orang pasti akan sulit untuk menjadi pusat perhatian. Untuk itu, kamu harus membuat persona atau brand image yang berbeda dengan lainnya untuk mencuri atensi orang banyak.

Tentukan juga siapa yang akan menyukai konten kamu. Untuk TikTok, ini berarti kamu harus memiliki gagasan tentang jenis video yang akan diposting dan konsisten. Apakah membuat video yang menghibur dan lucu? Atau konten edukasi dan lainnya.

2. Posting Konten yang Ingin Ditonton Orang

Seperti semua platform media sosial, kamu harus membuat konten yang bagus dan sesuai target market. Menjadi influencer media sosial, baik itu di Instagram, Twitter, atau TikTok membutuhkan banyak perjuangan. Konten kamu harus segar, menarik, unik, dan diperbarui. Ini berarti beberapa video baru diposting setiap hari.

Advertisement

3. Dapatkan Follower

Ini mungkin langkah yang paling penting, dan ini berasal dari melakukan langkah 1 dan 2 di atas dengan sangat baik. Perkiraan berkisar dari 10.000 hingga satu juta follower diperlukan sebelum kamu benar-benar dapat memonetisasi akun TikTok.

Cara terbaik untuk mendapatkan follower adalah dengan memahami apa yang ingin dilihat oleh target pasar kamu, dan mengunggah konten berkualitas kepada mereka beberapa kali sehari.

Ilustrasi membuat konten TikTok. Foto: Shutterstock.
Ilustrasi membuat konten TikTok. Foto: Shutterstock.

Baca juga: Bahaya! Ini Alasan Kenapa Autentikasi SMS Bisa Bikin Akun Kripto Bobol

4. Posting Konten Bersponsor

Merek akan membayar kamu untuk menampilkan produk dan layanan mereka yang disebut konten bersponsor atau endorsement. Kamu tidak perlu menjadi influencer dengan follower yang berjumlah fantastis. Brand yang masih kecil akan membayar untuk bekerja dengan micro-influencer yang memiliki komunitas yang kuat, walaupun jumlah follower-nya tidak terlalu besar atau belum.

5. Promosikan Lagu

Dapatkan bayaran untuk menambahkan lagu ke video kamu. Hampir setiap video di TikTok memiliki lagu latar yang mengiringi para pembuat konten untuk menyelaraskan bibir dan menari. Jika kamu memiliki pengikut dan keterlibatan yang cukup besar, musisi akan membayar untuk mempromosikan musik mereka di konten kamu.

Mereka tahu jika video kamu menjadi viral, lagu mereka juga mendapatkan exposure berarti lebih banyak unduhan, tiket konser, dan merchandise.

6. Jual Produk Melalui TikTok Shopping

TikTok memperkenalkan TikTok Shopping pada tahun 2021 untuk memberdayakan bisnis agar dapat menjual produk secara langsung di platform dan tidak perlu lagi mengirim pengikut ke tempat lain untuk membeli barang kamu.

Ilustrasi TikTok. Foto: Shutterstock.
Ilustrasi TikTok. Foto: Shutterstock.

Baca juga: 5 Strategi Untung Investasi Kripto saat Sideways Market

TikTok Shopping menambahkan tab belanja ke profil, memungkinkan pengguna melihat produk dari katalog. Kamu juga dapat menandai produk di konten organik yang dipublikasikan untuk mengirim pemirsa ke toko Anda.

Advertisement

Jangan malu. Sebutkan produk kepada audiens kamu. Cobalah untuk tidak berlebihan dan terlalu promosi, tetapi juga ingat untuk memberi toko TikTok Anda teriakan sesekali.

7. Terima Virtual Gift dari Live Streaming

Saat kamu melakukan live streaming di TikTok, follower dapat mengirimi sumbangan koin atau virtual gift yang dapat ditukar dengan uang tunai. Buat live streaming yang luar biasa, tarik banyak penonton, dan saksikan koin mulai mengalir masuk.

Namun, ketahuilah bahwa meminta hadiah secara aktif adalah hal yang sangat dilarang menurut pedoman komunitas TikTok. Pertukaran harus alami dan organik.

Kamu membutuhkan lebih dari 1.000 follower dan setidaknya harus berusia 16 tahun untuk ditayangkan di TikTok, dan harus berusia 18 tahun ke atas untuk mendapatkan poin hadiah.

8. Ikut Kontes TikTok Star

Siapa bilang jadi influencer TikTok itu susah? Kamu bisa banget nih jadi TikTok Star bersama Tokocrypto. Kamu tidak cuma bisa dapat uang jutaan rupiah dengan buat konten TikTok, tapi berkesempatan jadi bagian dari Tokocrypto.

Jadilah bintang TikTok Star Tokocrypto dengan membuat video kreatif kamu yang sedang mempromosikan Tokocrypto dengan tema:

  • A day in my life: gimana caranya kamu cari cuan, masukkan part Tokocrypto
  • Ceritakan awal mula kamu memilih trading aset kripto

Post video yang sudah kamu buat di akun TikTok-mu dan mention serta tag akun Tokocrypto. Periode pengumpulan video tahap audisi 12-26 Agustus 2022. Audisi tahap seleksi TikTok Star Tokocrypto dan akan dipilih tiga orang pemenang utama di akhir periode di Bulan Desember 2022.

Untuk informasi lengkap, cek panduan mengenai kompetisi TikTok Star Tokocrypto dan cek media sosial Tokocrypto di Twitter dan Instagram.

Advertisement

Popular