Connect with us

Tips & Tricks

SMS Vs Google Authenticator, Lebih Aman Mana Lindungi Akun Kripto?

Published

on

Ilustrasi aplikasi Google Authenticator. Foto: Shutterstock.

Short Message Service (SMS) kini tidak hanya sekadar menjadi platform berkirim pesan, tetapi juga berfungsi sebagai autentikasi akun digital. Sayangnya, SMS dinilai tidak terlalu aman, jika dibandingkan aplikasi Google Authenticator untuk pengamanan akun, khususnya yang berkaitan dengan wallet kripto.

Sejatinya, menggunakan beberapa bentuk otentikasi dua faktor atau 2FA, selalu merupakan ide yang baik untuk memberikan tingkat perlindungan tambahan terhadap akses tidak sah ke berbagai akun digital, termasuk kripto.

Teks SMS adalah salah satu pilihan populer, yang meskipun mudah digunakan, bukanlah pilihan yang paling aman. Aplikasi autentikasi, seperti Google Authenticator adalah pendekatan lain untuk 2FA dan telah terbukti lebih aman, lebih andal, dan juga lebih cepat.

Ilustrasi keamanan 2FA. Foto: Pixabay.
Ilustrasi keamanan 2FA. Foto: Pixabay.

Baca juga: Bahaya! Ini Alasan Kenapa Autentikasi SMS Bisa Bikin Akun Kripto Bobol

Autentikasi SMS Kurang Aman

Menggunakan pesan teks SMS untuk mengambil kode login akun kripto adalah kurang aman dibandingkan menggunakan aplikasi authentikator. SMS telah menarik perhatian para peretas.

Hacker telah merespons dengan menemukan berbagai cara untuk menumbangkan sistem keamanannya. Akibatnya, otentikasi berbasis teks SMS saat ini kurang efektif dibandingkan dulu.

Alasan utama mengapa ini kurang aman adalah karena lebih mudah bagi peretas untuk mendapatkan akses ke pesan teks daripada mendapatkan akses fisik ke telepon. Ada metode bagi peretas untuk mengalihkan pesan SMS, atau meretas ke operator telepon dan mengakses pesan teks.

Menggunakan pesan SMS sebagai 2FA masih lebih baik daripada tidak menggunakan sama sekali, namun, perlu diingat bahwa ini tidak 100% aman mengingat kurangnya keamanan di sekitar pesan teks. Dengan aplikasi otentikasi, kode dibuat dan disimpan sementara di ponsel (atau perangkat lain) dan kedaluwarsa dalam jangka waktu tertentu.

Advertisement

Google Authenticator Lebih Aman

Menggunakan aplikasi autentikator, termasuk Google Authenticator untuk menghasilkan kode login 2FA akun kripto Anda lebih aman daripada pesan SMS. Alasan utamanya adalah, lebih sulit bagi hacker untuk mendapatkan akses fisik ke ponsel Anda dan membuat kode tanpa disadari.

Google Authenticator bekerja dengan cara yang mirip dengan teks SMS. Pengguna mendapatkan kode di perangkat mereka dan menggunakannya bersama dengan nama pengguna dan kata sandi untuk masuk ke akun mereka.

Ilustrasi aplikasi Google Authenticator. Foto: Shutterstock.
Ilustrasi aplikasi Google Authenticator. Foto: Shutterstock.

Baca juga: Manfaat Keamanan 2FA Lindungi Akun dan Transaksi Aset Kripto

Perbedaannya adalah aplikasi terikat langsung ke perangkat fisik. Karena kode tidak dikirimkan melalui jaringan seluler, hacker tidak dapat mencegat kode dengan cara itu. Hasilnya adalah bahkan jika mereka mengubah rute nomor Anda, mereka tetap tidak akan menerima kode.

Manfaat utama lainnya dari aplikasi autentikator adalah kodenya kedaluwarsa dengan cepat. Kode baru biasanya dibuat setiap 30 detik. Server disinkronkan dengan aplikasi dan perangkat Anda untuk memberikan keamanan yang optimal.

Semua akun digital harus beralih ke aplikasi autentikator untuk 2FA untuk mengamankan data mereka dengan lebih baik. Ini adalah lapisan tambahan yang sangat efektif yang harus ditambahkan ke rencana pengelolaan keamanan data Anda.

Perlu diingat, ponsel atau perangkat tempat Anda menginstal aplikasi autentikator harus dilindungi dengan kata sandi yang aman.

Tinggalkan SMS, Ganti Google Authenticator Amankan Akun Tokocrypto

Sebagai pedagang aset kripto terkemuka di Indonesia, Tokocrypto selalu melakukan improvisasi keamanan untuk tingkatnya kenyamanan pengguna. Dalam platformnya, Tokocrypto menyediakan SMS dan Google Authenticator untuk verifikasi login akun.

Advertisement

Melihat risiko peretasan yang semakin tinggi, diimbau pengguna Tokocrypto untuk beralih menggunakan aplikasi Google Authenticator sebagai sistem keamanan 2FA-nya. Autentikasi SMS memiliki persoalan kerentanan peretasan akun. Hacker masih bisa menebak kode OTP atau membajak kartu SIM untuk mendapatkan akses.

Untuk cara mengaktifkan 2FA Google Authenticator di aplikasi Tokocrypto bisa simak selengkapnya video di bawah ini.

Popular