Connect with us

Crypto

Tiga Aset Kripto Potensi Reli Dampak dari The Merge Ethereum

Published

on

Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.

Ethereum semakin dekat memasuki era baru yang dikenal sebagai The Merge. Vitalik Buterin dan pengembang Ethereum telah mengumumkan proses migrasi jaringan blockchan ETH yang Proof-of-Work (PoW) menjadi Proof-of-Stake (PoS) akan terjadi pada 15 atau 16 September mendatang.

Dampak dari migrasi tersebut tidak hanya terjadi pada nilai ETH saja, tetapi ada aset kripto lain yang mungkin terkena imbas positifnya. Apa saja aset kripto tersebut?

FX Street melaporkan transisi Ethereum ke proof-of-stake telah memicu reli di Lido Dao (LDO), Ethereum Classic (ETC) dan Optimism (OP). Analis sedang mengevaluasi berapa lama reli harga yang didukung oleh The Merge Ethereum akan bertahan untuk tiga kripto tersebut.

Selain itu, permintaan untuk layanan staking Ethereum diperkirakan akan meningkat setelah berhasil menyelesaikan migrasi.

Baca juga: Jadwal Baru Rilis Ethereum 2.0 dan Gas Fees Lebih Murah

Potensi Reli Harga

Lido DAO (LDO), Ethereum Classic (ETC) dan Optimisme (OP) bisa dapat keuntungan dari The Merge Ethereum. Ketiga kripto itu telah membukukan keuntungan besar dalam dua minggu terakhir, menunggangi kesuksesan ETH.

Testnet Goerli yang sukses memicu sentimen bullish di antara pemegang Ethereum mengenai hasil The Merge. Ini berdampak positif pada harga jaringan PoW Ethereum Classic (ETC).

Advertisement

Buterin mendukung jaringan ETC dan merekomendasikan pengguna atau peserta jaringan yang lebih memilih mekanisme proof-of-work untuk pindah. Pengembang ETC mengkritik proposal untuk memotong rantai Ethereum dan menulis surat terbuka, meminta peserta jaringan di rantai ETH untuk menahan diri dari proof-of-work.

Lido DAO (LDO)

Lantas, bagaimana harga Lido DAO (LDO) bisa ikut reli? Lido DAO adalah layanan staking terkemuka dalam hal Total Value Locked (TVL) di dalam smart contract resmi The Merge. Lido telah menuangkan 4,15 juta ETH dalam kontrak ETH2 dan mempertaruhkan hampir 1,55 juta ETH atas nama klien mereka.

Lido Dao (LDO)
Ilustrasi aset kripto Lido Dao (LDO).

Baca juga: Indonesia Alami Pertumbuhan Jumlah Pekerja di Industri Blockchain

Oleh karena itu Lido DAO membukukan kenaikan hampir 15% dalam dua minggu terakhir. LDO saat ini mengalami penurunan, membukukan kerugian hampir dua digit semalam. Namun, kemungkinan besar akan kembali bullish.

Ethereum Classic (ETC)

Dengan mekanisme konsensus proof-of-work, Ethereum Classic telah menarik perhatian banyak orang dalam beberapa minggu terakhir dengan The Merge semakin dekat. Rekomendasi Vitalik Buterin dan infrastruktur yang berkembang di ETC menjadikannya favorit investor. ETC membukukan kenaikan 20,6% selama seminggu terakhir.

Jaringan PoW saat ini menjadi tempat perlindungan bagi para penambang di jaringan Ethereum. Saat The Merge semakin dekat, kemungkinan besar peristiwa tersebut akan diperhitungkan, oleh karena itu reli mungkin tidak begitu berkelanjutan. Namun, kemungkinan tren naik yang berkelanjutan tetap tinggi mengingat penambang memiliki opsi untuk bermigrasi ke ETC.

Optimism (OP)

Optimism (OP) menawarkan keuntungan bagi pemegang Optimism, layanan roll-up Ethereum yang mengumpulkan data transaksi massal, telah membukukan kenaikan 10% selama dua minggu terakhir. Solusi jaringan blockchain layer-2 dapat mengambil manfaat dari roadmap Ethereum yang sebagian besar bersifat roll-up centric untuk skalabilitas dan efisiensi.

Optimism (OP)
Ilustrasi aset kripto, Optimism (OP).

Baca juga: Bahaya! Ini Alasan Kenapa Autentikasi SMS Bisa Bikin Akun Kripto Bobol

Harga OP menawarkan kepada pemegang 250% keuntungan sejak pengumuman transisi Ethereum ke proof-of-stake. Analis telah menetapkan target bullish US$ 2.245 untuk harga OP. Karena harga OP melewati level US$ 1,54, altcoin diatur untuk melambung lebih tinggi dan reli menuju US$ 2.245 dalam tren naiknya.

Advertisement

Pengembang di Jaringan Ethereum mengharapkan tidak ada penundaan lebih lanjut dalam The Merge. Penggabungan diharapkan akan terjadi pada 19 September 2022. Harga Ethereum melonjak sebagai tanggapan atas pengumuman tersebut, naik menuju target US$ 2.000. ETH mencapai level tertinggi dalam dua bulan, setelah pembaruan Goerli.

Disclaimer: Perdagangan aset kripto memiliki risiko yang tinggi. Harap lakukan perdagangan dengan hati-hati dan cermat. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas kerugian perdagangan yang dilakukan.

Popular