Connect with us

NFT

10 NFT Sepak Bola Termahal, Ada Cristiano Ronaldo?

Published

on

10 NFT Tema Sepak Bola Termahal, Ada Cristiano Ronaldo? Foto: Sorare Unique.

Non-fungible token (NFT) kini sudah merambah dunia sepak bola. Ada banyak pemain sepak bola dunia yang terlibat dalam industri NFT.

Dunia seni digital dan barang koleksi telah meningkat secara eksponensial setelah kedatangan NFT. NFT atau token yang tidak dapat dipertukarkan dibuat menggunakan program yang sama yang digunakan untuk aset kripto, memberikan alternatif digital untuk koleksi fisik.

Dampak dan pengaruh NFT telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Para pemain sepak bola pun juga ikut demam tren NFT ini. Sudah banyak para pemain yang mengeluarkan koleksi NFT atau terlibat dalam project tertentu. Menariknya, ada beberapan NFT merek yang dijual dengan harga fantastis.

Berikut adalah 10 NFT termahal di dunia sepakbola.

10. Paul Pogba (Rp 1,3 miliar)

Gelandang Juventus, Paul Pogba, adalah salah satu pesepakbola paling populer di dunia. Gayanya di dalam dan di luar lapangan telah membantunya mendapatkan banyak penggemar di seluruh dunia.

Pemain asal Prancis itu juga merupakan pemenang Piala Dunia, memenangkan trofi bersama tim Ayam Jago pada 2018 di mana ia mencetak gol di final. Koleksi NFT Sorare Unique milik mantan pemain Manchester United itu dijual seharga US$ 92.491 atau sekitar Rp 1,3 miliar pada tahun 2021.

9. Antoine Griezmann (Rp 1,6 miliar)

Griezmann juga adalah pemenang Piala Dunia bersama Paul Pogba. Pria asal Prancis ini juga adalah peraih silver boot winner di Piala Dunia 2018. Penyerang itu adalah pemain utama Atletico Madrid selama bertahun-tahun sebelum bergabung dengan FC Barcelona.

Pemain berusia 31 tahun itu saat ini kembali ke Atletico Madrid dengan status pinjaman dari Barcelona. NFT yang menampilkan Griezmann di koleksi Sorare Unique dijual seharga US$ 110.668 atau sekitar Rp 1,6 miliar pada tahun 2021.

Koleksi NFT Sorare Unique, Antoine Griezmann. Foto: Sorare Unique.
Koleksi NFT Sorare Unique, Antoine Griezmann. Foto: Sorare Unique.

Baca juga: Tertarik Mainkan Game NFT Sorare? Simak Penjelasan Ini Dulu Yuk!

8. Vinicius Junior (Rp 1,7 miliar)

Vinicius Junior dengan cepat membuat namanya mencuri perhatian di dunia sepakbola. Anak muda ini adalah salah satu pemain utama Real Madrid.

Pemain sayap asal Brasil itu mencetak gol kemenangan di final Liga Champions 2022, membantu Real Madrid mengangkat trofi untuk ke-14 kalinya. Menjadi salah satu anak muda paling menjanjikan, sehingga tidak mengherankan jika NFT-nya menghasilkan banyak uang yang terjual seharga US$ 114.634 atau sektiar Rp 1,7 miliar.

7. Cristiano Ronaldo (Rp 1,79 miliar)

Siapa yang tidak tahu Cristiano Ronaldo? Pesepakbola terpopuler ini sukse memberikan harga yang mahal untuk tampil sebagai koleksi NFT. Dalam koleksi NFT Wrapped Sticker iconics yang menampilkan CR7 laku terjual seharga US$ 120.685 atau sekitar Rp 1,79 miliar.

Pemain asal Portugis itu bisa dibilang pesepakbola paling populer di dunia dan juga salah satu olahragawan paling populer dalam sejarah. Ada banyak NFT berdasarkan pemain depan Manchester United yang memiliki permintaan besar di seluruh dunia.

6. Lionel Messi (Rp 1,9 miliar)

Satu-satunya pesepakbola yang berada di level yang sama dengan Ronaldo adalah Lionel Messi. Keduanya juga menjadi rival bersaing dalam segala hal, mulai dari kualitas di lapangan hingga popularitas di luarnya.

Koleksi digital dengan judul “13 Lionel Messi Iconics NFTs” bisa laku terjual seharga US$ 128.512 atau sekitar Rp 1,9 miliar. Ini adalah salah satu NFT berbasis Lionel Messi termahal di dunia. Namun, itu bukan yang paling mahal.

5. Mohamed Salah (Rp 2,1 miliar)

Mohamed Salah telah berperan penting dalam kesuksesan Liverpool baru-baru ini. Pemain asal Mesir itu telah memenangkan tiga Golden Boot Premier League dan juga memegang rekor gol terbanyak yang dicetak di Premier dalam satu musim.

Wrapped Strikers on Opensea NFT, Mohamed Salah. Foto: OpenSea.
Wrapped Strikers on Opensea NFT, Mohamed Salah. Foto: OpenSea.

Baca juga: Masuk Industri Blockchain, GoTo Akuisisi Pedagang Aset Kripto

Pemain sayap itu juga membantu negaranya lolos ke Piala Dunia berturut-turut. Selanjutnya, ‘Wrapped Strikers on Opensea NFT’ penyerang Liverpool itu dijual seharga US$ 141.560 atau sekitar Rp 2,1 miliar.

4. Kevin De Bruyne (Rp 2,4 miliar)

Kevin De Bruyne dianggap sebagai salah satu pesepakbola terbaik saat ini. Gelandang Manchester City ini telah memenangkan empat gelar Liga Inggris. Pada saat yang sama, ia telah memenangkan lima Piala Liga bersama dengan dua penghargaan Pemain Terbaik Liga Premier musim ini. NFT Unique Sorare Card yang menampilkan pemain asal Belgia itu dijual seharga $ 167.469 atau sekitar Rp 2,1 miliar pada tahun 2021.

3. Cristiano Ronaldo (Rp 3,9 miliar)

Ya! Cristiano Ronaldo juga punya NFT lain yang laku dengan harga fantastis dalam daftar ini. Kali ini NFT Cristiano Ronaldo yang menjadi termahal di dunia jatuh pada koleksi Sorare Unique yang dijual seharga US$ 265.275 atau sekitar Rp 3,9 miliar.

Wrapped Strikers on Opensea NFT, Cristiano Ronaldo. Foto: OpenSea.
Wrapped Strikers on Opensea NFT, Cristiano Ronaldo. Foto: OpenSea.

Baca juga: Kelas Kripto: Trust Wallet Vs MetaMask, Mana Lebih Baik?

2. Erling Haaland (Rp 10 miliar)

Erling Haaland adalah salah satu striker terbaik di dunia. Pemain berusia 22 tahun itu diharapkan menjadi salah satu pesepakbola terbaik dunia. Ketenaran Haaland yang muncul membuatnya mengeluarkan kartu Unik Cristiano Ronaldo dari menjadi NFT termahal di Sorare.

Awal tahun ini, Sorare Unique yang menampilkan Haaland dijual seharga US$ 687.000 atau sekitar Rp 10 miliar. Terakhir, popularitas pemain berusia 22 tahun di sepak bola semakin meningkat setelah ia bergabung dengan juara Liga Premier Manchester City.

1. Lionel Messi (Rp 16 miliar)

Akhirnya, label NFT sepakbola termahal dimiliki oleh Lionel Messi. Pemain Argentina ini bisa dibilang pemain terbaik yang pernah memainkan olahraga ini.

Secara keseluruhan, pemenang Ballon d’Or enam kali ini adalah salah satu pesepakbola paling berprestasi di dunia dan NFT Sorare Unique Messi yang disebut ‘The Golden One’ dijual dengan harga yang diperkirakan sekitar US$ 1,2 juta atau sekitar Rp 16 miliar, menjadikannya satu-satunya NFT sepak bola yang melewati tanda satu juta dolar.

NFT

Isyana Sarasvati Rilis Koleksi Mystery NFT, Ini Tampilannya

Published

on

Isyana Sarasvati rilis koleksi Mystery NFT.

Musisi Isyana Sarasvati akhirnya merilis koleksi NFT yang dinamakan Mystery. Pengumuman peluncuran Mystery NFT dilakukan melalui media sosial Isyana pada Selasa (2/10).

“Hai kawan, saya sangat bersemangat untuk mengumumkan proyek NFT pertama yang telah saya kerjakan, koleksi Mystery NFT,” tulis Isyana di Twitter.

Koleksi Mystery NFT akan berisikan kumpulan aset digital berupa musik dan seni yang dikuratori oleh Isyana Sarasvati. Perempuan kelahiran 1993 mengatakan bahwa Mystery NFT adalah sebuah karya yang mewakili hubungan yang luar biasa dengan semua versi dirinya yang berbeda.

Baca juga: Apple Izinkan Penjualan NFT di App Store Dukung Industri Blockchain

NFT Unik

Dilansir situs resminya, koleksi Mystery ini terdiri dari sejumlah NFT unik yang merepresentasikan pengalaman Isyana yang tak tertandingi sepanjang tahun 2022 ini. Ia pun serius melangkah lebih dekat dengan komunitasnya melalui web3.

Bekerja sama dengan HarmoniXX, proyek ini menyoroti percakapan kreatif antara seni dan komunitas blockchain. Memungkinkan pemegang Mystery NFT mengalami ruang sinestetik antara audio dan visual.

Isyana dan tim pengembang berjanji akan mengungkap lebih banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh pemilik Mystery NFT di masa mendatang.

Sebelum proyek ini, Isyana memulai proyek impian Lexiconcert Live on Tour. Konser ini dibuat sebagai gambaran dirinya sebagai perintis, pemusik berbagai genre, serta musisi aneh yang tidak pernah cukup dengan hanya satu hal.

Isyana Sarasvati rilis koleksi Mystery NFT.
Isyana Sarasvati rilis koleksi Mystery NFT.

Baca juga: Riset: 88% Pekerja di Indonesia Siap Rapat di Metaverse

Utilitas NFT

Banyak utilitas dan benefit yang dirasakan oleh pemegang Mystery NFT nantinya. Di antarannya sebagai berikut:

  • Meet and Greet dengan Isyana di Jakarta (Hanya untuk 200 Pemegang Early Bird NFT pertama).
  • Akses ke konten eksklusif – Di balik layar lagu Mystery dan perjalanan membangun NFT.
  • Akses ke sesi khusus dengan Isyana Sarasvati di Discord.
  • Kesempatan untuk mengikuti undian Isyana NFT Edisi Terbatas Gratis.
  • Virtual Meet & Greet – My Mystery dengan Isyana Sarasvati.
  • Undian Merchandise – Storytime of Merchandise Edition
  • Flexing Party.
  • Airdrop.
  • Dan masih banyak lagi.

Cara Beli Mystery NFT

  • Siapkan crypto wallet Anda. Mystery NFT sendiri menyarankan untuk menggunakan MetaMask.
  • Beli kripto Ethereum (ETH) dari MetaMask, atau Anda dapat membeli dari Crypto Exchanges dan mengirimkannya ke Crypto Wallet Anda.
  • Cetak atau minting NFT di Harmonixx.io.
Continue Reading

NFT

Apple Izinkan Penjualan NFT di App Store Dukung Industri Blockchain

Published

on

CEO Apple, Tim Cook. Sumber: Reuters.

Raksasa teknologi Apple sekarang memungkinkan NFT untuk dibeli dan dijual melalui aplikasi yang terdaftar di App Store. Ini memungkinkan pengembang aplikasi saat ini untuk menjual NFT dalam aplikasi dan diklaim sebagai wujud perkembangan industri blockchain.

Sebelum keputusan ini, aplikasi yang menyimpan atau menampilkan NFT mungkin telah melanggar aturan Apple. Sekarang, pengembang dapat menjual NFT dengan restu Apple.

Namun, masih ada kendala dari kebijakan Apple ini. Hal penting yang perlu diketahui adalah Apple mengambil potongan 30% dari pengembang untuk semua transaksi NFT yang dilakukan melalui aplikasi.

Toko aplikasi Android, Google Play Store pun menerapkan kebijakan yang sama.

Ilustrasi NFT.
Ilustrasi NFT.

Baca juga: Kenal Aset Kripto DODO, Fundamental Protokol Blockchain DeFi Optimal

Biaya Potongan

Biaya potongan yang besar ini diproyeksikan akan menghalangi perkembangan proyek, pemilik game, dan aplikasi untuk menggunakan fitur ini di App Store. Ini karena pasar NFT khas lainnya, seperti OpenSea dan Magic Eden sering hanya mengambil komisi 5% yang sangat kecil.

Seperti dilansir The Information, startup NFT, Magic Eden telah memutuskan untuk menarik layanannya dari App Store. Ini terjadi bahkan setelah Apple mengurangi komisinya menjadi 15% untuk perusahaan dengan pendapatan tahunan kurang dari US$ 1 juta.

Apple Belum Terima kripto

Meskipun, Apple saat ini mengizinkan aplikasi di App Store untuk menjual NFT, perusahaan masih belum menerima kripto. Selain itu, perusahaan menahan diri untuk tidak terlibat langsung dengan ruang kripto dan NFT.

Ilustrasi Apple iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang baru rilis. Foto: Apple.
Ilustrasi Apple iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang baru rilis. Foto: Apple.

Baca juga: Grup K-pop Aespa Luncurkan Koleksi NFT Bersama Blake Kathryn

Salah satu alasan yang jelas adalah mereka tidak ingin menimbulkan kemarahan regulasi seperti yang dihadapi Meta, sebelumnya Facebook.

Awal Juni tahun ini, ada beberapa rumor tentang kemungkinan Apple merilis kartu perdagangan NFT di salah satu konferensi pengembang mereka. Namun, tidak pernah membuahkan hasil.

Continue Reading

NFT

Grup K-pop Aespa Luncurkan Koleksi NFT Bersama Blake Kathryn

Published

on

Koleksi Aespa NFT akan mulai dilelang pada tanggal 13-21 Oktober di NFT marketplace, Sotheby.

Aespa, grup K-pop beranggotakan empat orang dari SM Entertainment, meluncurkan koleksi NFT dengan artis Web3, Blake Kathryn yang akan memberi penggemar akses ke konten eksklusif dan meet and greet dengan grup asal Seoul, Korea Selatan tersebut.

Koleksi Aespa NFT akan mulai dilelang pada tanggal 13-21 Oktober di NFT marketplace, Sotheby. Seluruh koleksi akan dibagi menjadi tiga kategori, dengan setiap bagian tersedia antara 48 jam hingga seminggu selama pelelangan.

Kategori pertama dari seri ini akan menjadi edisi terbuka, yang berarti NFT dapat dicetak dalam jumlah yang tidak terbatas. NFT akan berfungsi sebagai kunci akses ke pemegang dan akan datang dengan satu karya seni digital tambahan.

Edisi Khusus Aespa NFT

Kategori kedua disebut dengan “Altars” akan mencakup satu set 32 ​​NFT edisi khusus dan terbatas yang menampilkan karakter dari masing-masing anggota grup Aespa (Karina, Giselle, Winter, dan NingNing). Aset digital tersebut akan datang dengan rekaman pribadi dari setiap anggota yang membahas karya seninya.

Koleksi Aespa NFT akan mulai dilelang pada tanggal 13-21 Oktober di NFT marketplace, Sotheby.
Koleksi Aespa NFT akan mulai dilelang pada tanggal 13-21 Oktober di NFT marketplace, Sotheby. Foto: Blake Kathryn.

Baca juga: Bappebti: Indonesia Negara Pengadopsi Pengaturan Kripto Tercepat

Edisi pertama dari masing-masing Altars akan diberikan kepada penawar tertinggi dan dilengkapi dengan cetakan tanda tangan yang ditandatangani dari artis dan empat anggota Aespa.

Karya terakhir dan paling langka dalam koleksi girls NFT akan disebut “Dreamspace.” Karya ini merupakan edisi tunggal yang dimaksudkan untuk mencerminkan lingkungan virtual untuk setiap anggota Aespa.

Utilitas Aespa NFT

Holder “Dreamscape” akan menerima rekaman video dari Aespa dan Kathryn, pertemuan virtual dengan Kathryn, dan — yang paling penting — perjalanan gratis ke Seoul untuk bertemu grup K-pop dan menghadiri salah satu konser mereka.

“Kami senang terhubung dengan penggemar kami dengan cara baru yang merangkul teknologi, dan koleksi NFT baru ini benar-benar keren, imut, dan canggih,” kata Aespa dikutip The Hollywood Reporter.

Koleksi Aespa NFT akan mulai dilelang pada tanggal 13-21 Oktober di NFT marketplace, Sotheby.
Koleksi Aespa NFT akan mulai dilelang pada tanggal 13-21 Oktober di NFT marketplace, Sotheby.

Baca juga: Alasan Tingkat Adopsi Kripto Vietnam Tinggi, Kalahkan Indonesia

“Blake Kathryn adalah seniman yang luar biasa, dan kami menikmati proses berkolaborasi dengannya untuk membuat koleksi ini.”

Koleksi Aespa NFT akan dipajang di galeri Sotheby di New York dan Hong Kong, dan kolaborasi antara Aespa dan Kathryn difasilitasi oleh agensi merek Connecting Dotts dan INVNT.ATOM.

Grup K-pop, Aespa pertama kali debut pada tahun 2020 dengan single “Black Mamba” dan, awal tahun ini, tampil di Coachella. Nama grup, seringkali ditulis dengan huruf kecil semua, merupakan gabungan dari “avatar”, “experience” dan “aspect”, dan setiap anggota memiliki avatar digital sendiri yang menyertainya.

Continue Reading

Popular