Connect with us

Metaverse

Telkom Pamer MetaNesia Jelajahi Turnamen eSports Via Metaverse

Published

on

Telkom pamer metaNesia di turnamen Indonesia Esports Summit: Bali 14th World Esports Championships 2022. Foto: Telkom.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) akan kembali menunjukkan kehebatan dari platform metaverse buatannya yang bernama metaNesia. Telkom akan memberikan pengalaman beda perpaduan teknologi metaverse dengan turnamen game di Indonesia Esports Summit: Bali 14th World Esports Championships 2022.

Acara turnamen eSports yang akan berlangsung pada tanggal 2-11 Desember 2022 itu, akan memanfaatkan platform metaNesia yang dikembangkan oleh Telkom. Nantinya para peserta turnamen bisa merasakan pengalaman baru mengikuti kompetisi eSports melalui metaverse.

SM Emerging Technology Platform Telkom, Anton Pramono, mengatakan metaNesia akan menyajikan beberapa ruang pertandingan virtual sesuai jumlah arena di Indonesia Esports Summit 2022 yang dapat diakses hingga ribuan pendukung setiap tim eSports yang bertarung di ajang tersebut.

“Selain itu, metaNesia akan sajikan sebuah ruang talkshow yang menghadirkan pembicara kelas dunia bidang eSports dan games. Belum cukup sampai di situ, metaNesia juga menyuguhkan spesial desain NFT yang dirancang khusus secara physical digital (phygital) untuk dapat dimiliki oleh kolektor NFT lewat metaNesia NFT,” kata Anton dalam keterangan resminya.

Telkom pamer metaNesia di turnamen Indonesia Esports Summit: Bali 14th World Esports Championships 2022. Foto: Telkom.
Telkom pamer metaNesia di turnamen Indonesia Esports Summit: Bali 14th World Esports Championships 2022. Foto: Telkom.

Baca juga: Masuk Industri Blockchain, GoTo Akuisisi Pedagang Aset Kripto

Early Adopter MetaNesia

Anton menambahkan metaNesia berencana akan membawa dunia virtual yang sangat menarik bagi para pemain game, dikombinasikan dengan desain khas Indonesia yang kaya kreasi. Di samping itu kegiatan ini bisa menunjukkan kontribusi Telkom terhadap “digital economy” yang mendukung talenta-talenta bangsa.

Kesempatan ini merupakan salah satu program yang telah direncanakan oleh Telkom sebagai bukti nyata kehadiran metaverse dapat dinikmati oleh masyarakat, khususnya para gamers yang menjadi “early adopter” metaNesia.

“Tidak hanya bagi para gamer Indonesia sebagai pihak yang akan bertanding, tetapi terwujudnya metaverse secara nyata juga melibatkan kolaborasi puluhan talenta Indonesia seperti para designer, animator, modeller, dan game programmer,” ungkap Anton.

Advertisement
Ilustrasi Metanesia, dunia metaverse dari Telkom. Sumber: Metanesia.
Ilustrasi Metanesia, dunia metaverse dari Telkom. Sumber: Metanesia.

Baca juga: Telkom Kembangkan Metanesia, Dunia Metaverse Serba Bisa

MetaNesia Dukung Industri eSports Indonesia

Anton menambahkan hadirnya metaNesia di industri eSports bisa membawa misi yang sejalan dengan Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) yakni untuk mendukung perkembangannya di Indonesia sebagai arena kompetisi yang melahirkan pribadi-pribadi yang profesional, kesatria, dan kreatif.

Sebagai informasi, metaNesia adalah dunia metaverse besutan Telkom yang baru diluncurkan sebagai produk digital di bawah naungan Leap-Telkom Digital. Masyarakat Indonesia sudah bisa mengunjungi dunia Metanesia melalui berbagai perangkat dengan mudah, di mana saja dan kapan saja. Aplikasi Metanesia sudah tersedia untuk sistem operasi Windows, Mac dan perangkat mobile Android serta iOS.

MetaNesia dapat diakses melalui smartphone, tablet, PC hingga immersed reality dengan perangkat VR, Occulus. Selain itu, pengguna juga dapat mengakses fitur ekstra dengan menggunakan advance device, seperti berkendara menggunakan driving force steering wheels.

Popular