Connect with us

NFT

TokoMall dan Grid Network Rilis Koleksi Gajah Monster NFT di Otobursa Tumplek Blek 2022

Published

on

TokoMall dan Grid Network Rilis Koleksi Gajah Monster NFT di Otobursa Tumplek Blek 2022

Jakarta, 3 September 2022 – TokoMall sebagai leading NFT marketplace di Indonesia selalu berupaya untuk berkolaborasi dengan para kreator NFT dengan tujuan untuk memperluas market NFT dan mendorong industri NFT. Kali ini, TokoMall berkolaborasi dengan Grid Network Kompas Gramedia untuk meluncurkan Gajah Monster NFT bertepatan dengan pelaksanaan Otobursa Tumplek Blek 2022. Otobursa sendiri merupakan festival UMKM Otomotif terbesar di Indonesia yang tahun ini dilaksanakan pada tanggal 3-4 September 2022 di Parkir Timur Senayan, Jakarta. 

Lee Anderson selaku Business Development Lead TokoMall menyambut baik kolaborasi koleksi Gajah Monster NFT ini dengan Grid Network. “Kolaborasi ini menjadi langkah awal kami mendukung industri kreatif dan media yang memiliki ragam aset digital juga komunitas. Peluncuran koleksi Gajah Monster NFT yang bertepatan dengan momen Otobursa ini menjadi strategis untuk menjangkau dan mengedukasi komunitas otomotif tanah air untuk memahami karya NFT yang menawarkan benefit nyata.”

Baca Juga: Wamendag Sebut Bursa Kripto Bakal Rilis Akhir Tahun 2022

Koleksi Gajah Monster NFT ini merupakan maskot dari Tabloid OTOMOTIF yang selalu muncul dalam event Otobursa. Dalam koleksi ini, akan tersedia 25 Gajah Monster NFT dalam dua pilihan yakni Gajah Monster Dynamite sebagai karakter yang bersemangat dan Gajah Monster Hammer sebagai karakter yang kuat. Fitriana Pangaribuan, selaku Business Development and Partnership Director Grid Network, menjelaskan “Selama 30 tahun lebih, Tabloid OTOMOTIF telah menemani perjalanan penggemar OTOMOTIF di Indonesia dan memiliki emotional bonding yang kuat, sehingga peluncuran NFT ini dirayakan sebagai momen untuk mengabadikan karya-karya kreatif yang dimiliki dan terus diingat oleh masyarakat,” ujarnya. 

Kehadiran Gajah Monster NFT turut memungkinkan audiens menikmati karya dari Grid Network dalam medium yang baru yakni NFT. “Keputusan Grid Network untuk bergabung di dunia NFT agar tetap relevan dengan perkembangan teknologi berbasis blockchain dengan memanfaatkan kekayaan aset intellectual property dari 47 website dan puluhan social media yang kami kelola. Meski pengembangan NFT di Grid Network masih di fase awal, kami ingin memaksimalkan edukasi pada audiens dengan tambahan benefit utilitas yang kami miliki,” ujar Harry Kristianto, selaku Deputy Managing Director Grid Network.

Baca Juga: TokoMall Dukung NFT Bira, Bangun Ekosistem Web3 Perspektif Baru

Koleksi Gajah Monster NFT dapat segera dikoleksi dengan Rp 399,000 di TokoMall dalam kategori Lifestyle. Para kolektor yang telah mengoleksi NFT ini akan mendapatkan free subscription E-Magz Otomotif selama satu tahun, special merchandise yaitu T-Shirt dan Totebag dengan Gajah Monster NFT Design. Untuk info lebih lanjut, kunjungi link berikut ini. 

NFT

Riset: Nilai Pasar NFT Indonesia Bisa Capai Rp 200 T pada Tahun 2028

Published

on

whitelist nft

Pasar NFT Indonesia diperkirakan akan terus tumbuh di masa depan. Sebuah perusahaan riset Research and Markets baru-baru ini mengeluarkan prediksi nilai pasar NFT Indonesia bisa capai lebih dari Rp 200 triliun di tahun 2028.

Indonesia menjadi salah satu negara yang diperhitungkan dalam peta industri NFT global. Firma Research and Markets memprediksi industri NFT di Tanah Air diperkirakan akan tumbuh sebesar 50,8% secara tahunan hingga mencapai US$ 2.367,6 juta pada tahun 2022 lalu.

Kemudian dalam jangka panjang, diproyeksikan akan tumbuh dengan stabil dan mencatat compounded annual growth rate (CAGR) sebesar 35,8% selama 2022-2028. Nilai Pembelanjaan NFT di Indonesia akan meningkat dari US$ 2.367,6 juta pada tahun 2022 menjadi US$ 13.394 miliar atau sekitar Rp 200 triliun pada tahun 2028.

Ekonomi Digital

Ekonomi digital Indonesia menurut Research and Markets tengah mengarah ke Web3, Metaverse, dan Decentralized Autonomous Organizations (DAO). Akibatnya, konten kreator dari semua lapisan masyarakat menggunakan momentum yang berkembang untuk memasuki ruang kreatif industri digital yang baru tumbuh ini.

contoh ekonomi kreatif
Ilustrasi ekonomi digital.

Baca juga: Harga Ethereum Ditargetkan Capai US$ 2.000 Setelah Shanghai Upgrade

Selama 12 bulan terakhir, NFT memungkinkan konten kreator untuk memiliki kendali penuh atas konten mereka dan mendorong interaksi secara signifikan dengan komunitas mereka.

Di Indonesia, banyak seniman yang memasuki ruang NFT karena mereka terus mencari cara baru untuk mengembangkan dan memanfaatkan bakat mereka. Khususnya, Art Moments Jakarta, salah satu pengadopsi awal di ruang aset digital telah mendukung penuh ekonomi digital Indonesia dengan mengambil pendekatan hybrid live-online pada pameran di tahun 2021.

Dengan NFT mendapatkan momentum dan popularitas yang konstan di Indonesia, pemerintah juga menunjukkan minat untuk melirik keberadaan teknologi blockchain. Pengembang mengharapkan seperangkat pedoman peraturan yang lebih kuat untuk sektor aset digital di Indonesia dari perspektif jangka pendek hingga menengah.

Layanan Berbasis Blockchain dan NFT

Adopsi aset kripto, NFT, dan blockchain diperkirakan akan semakin meluas selama dua hingga tiga tahun ke depan di Indonesia. Sementara literasi digital juga akan meningkat dengan tingginya minat investasi kripto dan penggunaan NFT.

Sangat penting untuk membiasakan masyarakat umum dengan layanan berbasis blockchain dan NFT, mengingat dua sektor itu relatif baru dalam hal pengaplikasian teknologi.

TokoCare gandeng BeKind dan WeCare.id, hadirkan kolaborasi "Kado Lebaran" di bulan Ramadan. Foto: Tokocrypto.
TokoCare gandeng BeKind dan WeCare.id, hadirkan kolaborasi “Kado Lebaran” di bulan Ramadan. Foto: Tokocrypto.

Baca juga: Reli Bitcoin Untungkan Investor Kripto yang Baru Masuk

Secara global, brand dan bisnis telah menemukan beberapa kasus penggunaan NFT yang inovatif. Dari menggunakan NFT sebagai alat promosi untuk menciptakan awareness hingga menggunakan aset digital untuk mengumpulkan dana dengan tujuan mulia.

Di Indonesia, tren serupa terlihat di mana banyak individu dan organisasi yang mengorganisir kampanye penggalangan dana NFT untuk melawan pandemi global.

Tokocrypto, salah satu bursa kripto terkemuka di Indonesia, bermitra dengan Aldi Haryopratomo , Evan Tan, dan William Tan, dan Chef Arnold Poernomo untuk mengatur NFT kampanye penggalangan dana di Indonesia.

Continue Reading

NFT

NFT Marketplace Magic Eden Terkena Hack

Published

on

NFT yang berbasis di Solana, Magic Eden diduga telah diretas. Pengguna platform terkejut setelah halaman koleksi menampilkan konten pornografi dewasa. Selain itu, alih-alih NFT yang diinginkan pengguna, gambar dari sitkom terkenal “The Big Bang Theory” juga ditampilkan.

Beberapa orang menunjukkan kemungkinan peretasan jaringan. Namun, Magic Eden membagikan tweet yang menegaskan bahwa itu adalah kesalahan dari cacher pihak ketiga. Dalam sebuah tweet, NFT Marketplace yang berbasis di Solana menulis lebih lanjut,

“Hai teman-teman, layanan pihak ketiga yang kami gunakan untuk menyimpan gambar, telah disusupi. NFT Anda aman dan Magic Eden belum diretas. Sayangnya, Anda mungkin pernah melihat beberapa gambar yang tidak menyenangkan. Pastikan Anda melakukan hard refresh pada browser Anda untuk memperbaikinya.

COO Nike RTFKT kehilangan koleksi NFT-nya

Penipuan phishing mengakibatkan COO RTFKT, kehilangan hampir semua NFT-nya. Nikhil Gopalani memiliki berbagai NFT di OpenSea. Dugaan phisher mungkin telah menggunakan dua dompet, menurut history dari OpenSea.

Peretas kemudian mengosongkan dompet NFT Gopalani, termasuk jumlah dua digit CloneX, RTFKT, Loot Pods, dan NFT Crypto Kicks. Ini selanjutnya dihargai lebih dari $ 175.000. Setelah beberapa penarikan, dompet ini menampilkan nilai aset total $0,11 di Etherscan. Selanjutnya, Gopalani mentweet dan memberi tahu komunitas tentang hal yang sama.

Baca Juga: Beberapa Perusahaan Penambangan Bitcoin Berhutang Senilai $4B

Phising semakin marak terjadi

Selain Gopalani, beberapa lainnya menjadi korban kemungkinan penipuan phishing. Pengguna Twitter Cirrus yang bekerja di WumboLabs mengungkapkan bahwa Hoodie Punk miliknya, Bored Ape Yacht Club [BAYC], dan lainnya telah dicuri.

Selain itu, pengguna lain, CryptoNovo juga tidak terhindar. Beberapa NFT tiba-tiba dipindahkan.

Seorang pengguna Twitter yang sebelumnya adalah pengembang yang menggunakan nama “proper” menjelaskan lebih lanjut tentang apa yang akan terjadi.

Continue Reading

NFT

Jumlah Pengguna NFT di Polygon Lampaui Ethereum dan Solana

Published

on

Polygon (MATIC). Foto: Outlook India.

Jaringan blockchain Polygon berhasil melampaui Ethereum dan Solana dalam hal jumlah pemegang atau pengguna NFT. Dilaporkan sepanjang 2022, pengguna NFT mingguan turun di jaringan Ethereum dan Solana.

Dikutip Investing.com, Polygon melihat peningkatan 500% pada pengguna NFT mingguannya. Menurut data dari platform analitik, Nansen, pasar NFT Polygon saat ini mengalami peningkatan adopsi yang signifikan, membawanya lebih dekat ke Ethereum dalam hal jumlah pengguna.

Sementara itu, ekosistem NFT di rantai lain, seperti Ethereum dan Solana, mengalami penurunan jumlah pengguna per minggu.

Pengguna NFT di Ethereum dan Solana Turun

ilustrasi bentuk fisik non fungible token
ilustrasi bentuk fisik non fungible token atau NFT.

Baca juga: Coinbase: Penurunan Pasar NFT di Tahun 2022 Masih Wajar dan Sehat

Pengguna mingguan NFT Solana telah turun dari lebih dari 160.000 pada akhir September menjadi sekitar 60.000 pada bulan Desember, sementara pengguna mingguan Ethereum menurun dari lebih dari 250.000 menjadi sekitar 183.000.

Selama sebulan terakhir, 10 koleksi di pasar NFT Polygon menarik lebih dari 180.000 pemegang, sementara empat koleksi menarik perhatian lebih dari 500.000 pemegang. Sebagai perbandingan, ada empat koleksi dengan lebih dari 100.000 pemegang dan satu koleksi dengan lebih dari 500.000 pemegang di pasar NFT Ethereum.

Menurut statistik Nansen, belum ada satu koleksi pun dengan lebih dari 30.000 pemegang di pasar Solana NFT.

Empat dari 10 koleksi teratas di pasar aset digital dalam 24 jam terakhir terkait dengan Reddit. Itu dirilis pada akhir Agustus sebagai bagian dari upaya pengukuhan Reddit untuk merangkul teknologi blockchain.

Rata-rata volume transaksi mingguan yang diproses oleh Polygon sepanjang November dan awal Desember adalah sekitar 24,36 juta, dengan sebagian besar berasal dari minting. Per Desember, NFT Polygon memiliki total lebih dari 338 juta MATIC dalam volume perdagangan di 2,5 juta dompet unik.

Polygon Tengah Meroket

ilustrasi nft marketplace
Ilustrasi NFT.

Baca juga: Nike Luncurkan Sepatu Pintar Inspirasi dari NFT Sneaker CryptoKicks

Perlu dicatat bahwa baru-baru ini mencapai tonggak baru karena volume NFT di OpenSea mencapai rekor baru dalam penjualan sebesar US$ 324 juta. Ini melampaui rekor sebelumnya yang ditetapkan pada tahun 2021. Perkembangan ini menjadi bukti popularitas Polygon di ekosistem NFT.

Dikutip Ambcrypto, beberapa koleksi NFT, seperti y00t mengungkapkan bahwa mereka akan menjembatani ke Polygon selama kuartal pertama tahun 2023. Menariknya, proyek Polygon yang ada, seperti Aavegotchi, telah mengumumkan bahwa mereka akan secara resmi tetap menggunakan Polygon tahun ini.

Nah, pertumbuhan Polygon di ruang NFT terbukti, karena jumlah dan volume perdagangan dalam USD mencatat lonjakan selama seminggu terakhir.

Continue Reading

Popular