Connect with us

Crypto

Polygon: The Merge Ethereum Akan Hapus 99,1% Polusi Karbon

Published

on

Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.

Polygon Network mengatakan bahwa The Merge Ethereum yang akan datang akan menghapus sekitar 99,1% dari emisi karbon jaringan. The Merge akan membuat penambangan koin jauh lebih stabil secara lingkungan.

Diketahui saat ini upgrade jaringan Ethereum atau yang dikenal The Merge semakin dekat. Para developer Ethereum bahkan telah mengaktifkan Bellatrix, yang merupakan sebuah upgrade dalam mempersiapkan Beacon Chain untuk The Merge.

Pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, pada hari Selasa (6/9) mengatakan bahwa The Merge diperkirakan akan terjadi sekitar 13 sampai 15 September mendatang. Menurut data dari Ethernodes, sekarang sebanyak lebih dari 73% node Ethereum telah ditandai sebagai ‘Merge ready’.

Ilustrasi pendiri Ethereum, Vitalik Buterin.
Ilustrasi pendiri Ethereum, Vitalik Buterin.

Baca juga: Analisa Pasar: Investor Lebih Pilih Ethereum Dibanding Bitcoin?

The Merge Buat Ramah Lingkungan

Ethereum Foundation menjelaskan bahwa transisi pada jaringan Ethereum mungkin akan selesai pada kisaran tanggal 10 hingga 20 September mendatang. Peralihan konsensus dari Proof-of-Work (PoW) menuju Proof-of-Stake (PoS) diklaim akan mengurangi konsumsi energi Ethereum sebesar 99,95%.

Polygon Network yang menggunakan jaringan Ethereum untuk pengembangan projectnya mengatakan The Merge diperkirakan akan menghilangkan 99,91% emisi karbon jaringan Polygon, mengurangi total tahunan menjadi hanya 56,22 tCO2e.

Menurut Crypto Carbon Ratings Institute (CCRI), mayoritas atau 99,92% emisi Polygon, berasal dari aktivitas rantai pada lapisan dasar Ethereum. Itu menyisakan 50,13 tCO2e yang disebabkan oleh jaringan PoS Polygon sendiri, menurut laporan itu.

Ilustrasi Ethereum. Sumber: Getty Images.
Ilustrasi Ethereum. Sumber: Getty Images.

Baca juga: Tiga Aset Kripto Potensi Reli Dampak dari The Merge Ethereum

The Merge Berdampak Positif

Polygon mengungkapkan awal tahun ini bahwa jaringan tersebut bekerja untuk mengurangi jejak karbonnya di dunia. Emisi karbon tahunan jaringan Polygon hingga Juli 2022 mencapai 60.953,26 ton setara karbon dioksida (tCO2e), menurut perkiraan CCRI. Ini menempatkan total emisi untuk rantai sejak dimulainya pada 94.782 tCO2e.

Advertisement

Ethereum The Merge akan berdampak positif pada ekosistem kripto yang lebih luas.

“Kami percaya bahwa beroperasi secara bertanggung jawab hanyalah garis awal,” kata Stefan Renton, Sustainability Lead Polygon dikutip Watch.guru.

“Kami melihat blockchain dan teknologi buku besar terdistribusi mendukung dan meningkatkan dampak positif yang bertahan lama di dunia, membantu menciptakan planet yang lebih sehat, lebih adil, dan berkembang.”

Popular