Connect with us

Academy

Apa Itu The Merge Ethereum? Potensi Selamatkan Market Kripto

Published

on

Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.

Jaringan Ethereum akan melakukan The Merge, yaitu transisi ke algoritma konsensus Proof-of-Stake (PoS) setelah beroperasi sebagai blockchain Proof-of-Work (PoW) sejak 30 Juli 2015. Sementara perubahan itu mungkin berarti banyak bagi pengguna Ethereum dan investor, apa benar?

Baik, kita bahas soal The Merge Ethereum terlebih dahulu. Secara singkat, sekitar 15 September 2022, Ethereum akan menerapkan The Merge dan itu berarti rantai akan sepenuhnya mengubah mekanisme konsensus yang pernah digunakan.

The Merge adalah perpindahan protokol dari PoW ke PoS yang akan digunakan oleh Ethereum. Ini adalah langkah serius untuk mengatasi masalah skalabilitas, efisiensi, dan kecepatan transaksi.

Dalam metode PoS, pihak yang berperan sebagai validator transaksi nantinya hanya perlu mengunci (stake) sejumlah token ETH untuk berkontribusi. Ini jauh lebih efisien ketimbang harus menjalankan komputer dengan kartu grafis yang boros energi selama 24 jam nonstop untuk melakukan mining.

Gabungkan Dua Jaringan Konsensus

Untuk memulai proses ini, Ethereum akan mengintegrasikan dua rantai blockchain independen yang ada di ekosistem miliknya: Lapisan eksekusi yang masih PoW dan lapisan konsensus (Beacon Chain) yang sudah PoS. Maka, disebut merge (penggabungan) dua lapisan rantai dan sepenuhnya PoS.

Ilustrasi Ethereum.
Ilustrasi Ethereum. Sumber: Getty Images.

Baca juga: Data Inflasi AS Guncang Pasar, Bitcoin dan Ethereum Jatuh

Beacon Chain adalah jaringan independen yang memungkinkan chain PoS untuk bekerja secara bersamaan dengan chain PoW tanpa memengaruhi yang lain. Beacon Chain sudah berjalan sejak Desember 2020.

The Merge sendiri secara khusus akan mengacu pada saat Beacon Chain yang beroperasi PoS sepenuhnya, menggantikan chain PoW sebagai mekanisme utama untuk konsensus dan validator.

Advertisement

Tentang The Merge Ethereum, Mengapa Ini Besar?

The Merge kemungkinan akan menjadi salah satu pemutakhiran yang paling dinanti dan dikenali yang telah dilihat blockchain sejak hard fork DAO. Saat The Merge berlangsung, Ethereum tidak akan bergantung pada penambang untuk memvalidasi transaksi.

Sebaliknya, transaksi jaringan akan divalidasi oleh entitas yang disebut validator. Dengan menggunakan mekanisme konsensus PoS, validator Ethereum dipilih dengan memiliki 32 ETH dan mereka diharuskan menjalankan tiga software berbeda yang mencakup validator, klien eksekusi, dan klien konsensus.

Ilustrasi Ethereum. Sumber: Getty Images.
Ilustrasi Ethereum. Sumber: Getty Images.

Baca juga: The Merge Ethereum Penting untuk Semua Orang di Kripto

Peta jalan blockchain Ethereum telah memiliki rencana untuk menjadi rantai PoS selama beberapa tahun. Ethereum Foundation memberikan enam alasan berbeda mengapa PoS merupakan peningkatan dan salah satu yang paling banyak dibicarakan adalah “efisiensi energi yang lebih baik.”

Ringkasan Ethereum Foundation tentang transisi ETH ke PoS juga mengatakan bahwa mekanisme konsensus memberikan kemudahan transaksi karena hambatan yang lebih rendah dan tidak perlu hardware mahal untuk membuat blok baru.

The Merge bisa dibilang merupakan peningkatan besar pada jaringan Ethereum, karena secara langsung mempengaruhi proses otentikasi jaringan yang digunakan untuk memastikan keamanan blockchain.

Secara umum, peningkatan ini tidak akan mempengaruhi skalabilitas jaringan dalam jangka pendek, tetapi akan dirasakan di masa depan.

Seberapa Untung The Merge Ethereum?

Pendukung Ethereum mengatakan The Merge adalah momen monumental untuk sektor market kripto senilai US$ 1 triliun.

Advertisement

Para pendukung percaya bahwa The Merge akan membuat Ethereum lebih menguntungkan dibandingkan dengan Bitcoin saingan beratnya dalam hal harga dan kegunaan.

Hal itu bisa membuat aplikasi Ethereum menjadi lebih banyak digunakan. Investor bertaruh perubahan akan signifikan untuk harga ETH, yang telah naik lebih dari 50% sejak akhir Juni, dibandingkan dengan sedikit kerugian untuk Bitcoin.

Popular