Connect with us

NFT

NFT CryptoPunk Tetap Terjual Rp 68 Miliar saat Bear Market

Published

on

NFT CryptoPunk tetap terjual Rp 68 miliar saat bear market.

Fenomena NFT CryptoPunk yang tetap laku terjual saat bear market berhasil mencuri perhatian. Biasanya dengan kondisi pasar yang masih berombak akhir-akhir ini, sepertinya rem untuk melakukan pembelian NFT telah diterapkan. Namun, itu salah.

Bear market kripto tidak menghentikan pengguna tertentu untuk membeli NFT CryptoPunk seharga 3.300 Ethereum (ETH) atau sekitar US$ 4,5 juta (Rp 68 miliar). Item yang terjual itu adalah CryptoPunk #2924 dan ternyata menjadi salah satu penjualan terbesar dalam sejarah NFT.

NFT CryptoPunk dijual oleh akun dengan username Seedphrase, yang merupakan seorang kolektor NFT. Data on-chain mengungkapkan bahwa NFT ini dijual kembali pada November 2020, sebelumnya seharga 150 ETH atau senilai US$ 71.403 pada waktu itu.

Ilustrasi NFT CryptoPunks. Sumber: Dia Dipasupil | Getty Images.
Ilustrasi NFT CryptoPunks. Sumber: Dia Dipasupil | Getty Images.

Baca juga: Kenalan dengan CryptoPunk, Salah Satu NFT Termahal yang Pernah Ada

Penjualan NFT CryptoPunk

NFT CryptoPunk termahal yang pernah dijual adalah punk #5822. Punk bergaya alien itu dijual kepada Deepak Thapliyal —CEO Chain— dengan harga sekitar US$ 23 juta pada Februari tahun ini.

Hal yang sama terjadi lebih dari dua kali lipat dari biaya punk terlaris berikutnya. Transaksi tersebut nyaris menjadi NFT dengan penjualan tertinggi pada saat penjualan, tetapi meleset dari sasaran hanya beberapa juta.

Secara keseluruhan penjualan CryptoPunk telah mencatat kenaikan sekitar 348% selama sehari terakhir. Akibatnya, itu adalah koleksi teratas berdasarkan volume penjualan pada waktu artikel ini ditulis.

NFT Bored Ape Yacht Club berdiri di belakangnya dan disusul oleh NFT Mutant Ape Yacht Club. Koleksi tersebut telah mencatat apresiasi penjualan harian masing-masing sekitar 13% dan 52%.

Advertisement
Ilustrasi NFT CryptoPunk.
Ilustrasi NFT CryptoPunk.

Baca juga: Unik! NFT CryptoPunk Akan Dipecah Kepemilikannya Jadi Ribuan, Siapa Mau?

Market NFT Keseluruhan

Meskipun penjualan mencatat pemulihan selama sehari terakhir, market NFT masih berada dalam fase penurunan. Menggunakan data dari Dune Analytics, artikel Bloomberg baru-baru ini mengungkapkan bahwa volume perdagangan NFT telah turun 97% jika dibandingkan dengan tertinggi yang tercatat pada Januari tahun ini.

“Mereka turun menjadi hanya US$ 466 juta pada bulan September dari $ 17 miliar pada awal tahun 2022.”

Popular