Connect with us

Business

Kenal Blockchain Aptos, Pesaing Kuat Solana dari Mantan Karyawan Meta

Published

on

Blockchain Kripto Aptos. Foto: Aptos Labs.

Jaringan blockchain Aptos akhirnya meluncurkan mainnet pada hari Senin (17/10) lalu. Proyek yang digagas oleh beberapa mantan karyawan Meta -sebelumnya Facebook- ini diklaim siap bersaing dengan jaringan blockchain Solana.

Dikutip Coindesk, Aptos Labs bisa dibilang adalah jaringan spin-off dari yang dibuat oleh Facebook. Aptos berangkat dari gagasan beberapa mantan karyawan Meta yang memelopori stablecoin Libra atau Diem yang gagal.

Kode blockchain Aptos ditulis dengan Move, bahasa pemrograman berbasis Rust yang juga digunakan oleh jaringan blockchain, Sui Mysten Labs, proyek lain yang akan datang.

Aptos Labs telah mendeklarasikan jaringannya “hidup”, ekosistemnya masih jauh dari selesai, dengan lusinan tim belum meluncurkan wallet, tempat perdagangan, dan teknologi NFT yang penting untuk keuangan terdesentralisasi (DeFi). Sampai debut itu tidak banyak yang bisa dilakukan di Aptos.

Blockchain Aptos Labs.
Blockchain Aptos Labs. Foto: Aptos Labs.

Baca juga: Kenal Aset Kripto DODO, Fundamental Protokol Blockchain DeFi Optimal

Solana Killer

Dijuluki sebagai “Solana killer” oleh banyak orang, membuat Aptos berupaya untuk membangun blockchain yang sempurna untuk smart contract, kode yang mendukung dunia NFT, DAO, dan DeFi yang luas.

Sementara Ethereum telah mengambil lompatan besar setelah The Merge, penantang seperti Solana membuat terobosan dengan kecepatan transaksi yang jauh lebih cepat — meskipun dengan pemadaman sesekali yang membuat pintu terbuka untuk pemain baru seperti Aptos.

Dalam pengujian, Aptos mengklaim telah menangani 130.000 transaksi per detik, dibandingkan dengan 30 per detik di Ethereum. Kunci ekosistem Aptos yang baru lahir adalah bahasa pemrograman Move yang berafiliasi, yang memprioritaskan kelangkaan dan kontrol akses.

Advertisement

Didukung Venture Capital

Menjelang peluncurannya, Aptos telah menjadi daya tarik Venture Capital yang cukup besar. Ia menutup putaran strategis US$ 200 juta dari pemain besar seperti Andreessen Horowitz pada bulan Maret, dan putaran Seri A US$ 150 juta yang dipimpin oleh FTX awal musim panas ini dengan partisipasi dari Binance Labs. 

Blockchain Kripto Aptos. Foto: Aptos Labs.
Blockchain Kripto Aptos. Foto: Aptos Labs.

Baca juga: Bappebti Sebut Transaksi Kripto RI Turun, Apa Penyebabnya?

Putaran pendanaan ini melaporkan valuasi perusahaan mencapai pada US$ 2 miliar, empat kali lebih tinggi dari penilaian enam bulan sebelumnya. Sejumlah besar uang ventura yang dikumpulkan dalam waktu singkat menciptakan narasi di antara beberapa kalangan Web3 bahwa investor meninggalkan Solana untuk Aptos.

Aptos juga memilih Anchorage Digital sebagai salah satu penjaga institusional pilihannya bulan lalu, setelah bertahun-tahun berkolaborasi. Pendiri Anchorage dan Presiden Diogo Mónica sebelumnya menjabat di komite pengarah teknis Diem.

Aptos menyebut peluncuran hari ini sebagai tonggak sejarah dalam gerakan yang bertujuan untuk membawa massa ke Web3.

“Ini adalah langkah pertama dalam perjalanan panjang untuk menciptakan akses universal dan adil ke aplikasi terdesentralisasi untuk miliaran orang melalui blockchain yang aman, terukur, dan dapat ditingkatkan,” tulis pengembagn Aptos.

Popular