Connect with us

Business

Nokia Percaya Metaverse Bisa Gantikan Smartphone di Masa Depan

Published

on

Nokia percaya metaverse bisa gantikan smartphone di masa depan. Foto: Getty Image.

Nokia menjadi salah satu perusahaan teknologi yang percaya bahwa metaverse akan menyebabkan smartphone menjadi usang. Pengalaman metaverse ini akan didukung oleh penggunaan headset virtual reality (VR) dan kacamata augmented reality (AR) untuk berinteraksi dalam beberapa aktivitas.

Dikutip Bitcoin.com, Nokia telah memprediksi jatuhnya smartphone demi metaverse. Mereka percaya sementara ponsel masih ada, pengalaman metaverse akan menjadi bentuk komunikasi utama di paruh kedua dekade ini.

Sementara, perangkat AR masih dipercaya akan ada peningkatan minat yang akan mendorong dorongan metaverse ini. Chief Strategy and Technology Officer Nokia, Nishant Batra, mengatakan perangkat AR akan diambil alih oleh pengalaman metaverse di masa depan.

Ilustrasi metaverse
Ilustrasi metaverse.

Baca juga: Pencarian Web3 Tumbuh Pesat Kalahkan Bitcoin di Google

Kunci Masa Depan Digital Nokia

Di bidang konsumen, Nokia percaya bahwa kebangkitan dunia berbasis digital ini akan bergantung pada beberapa faktor penting, termasuk dorongan untuk mengembangkan metaverse sebagai tren.

“Adopsi teknologi secara luas dari Nokia akan sangat penting untuk benar-benar lepas landas, dan ini juga akan tergantung pada ketersediaan perangkat VR dan AR yang terjangkau dan ergonomis yang terhubung secara nirkabel,” Batra.

Dalam hal ini, harga headset metaverse populer telah meningkat akhir-akhir ini, karena Meta meningkatkan biaya headset dasarnya menjadi US$ 400 pada bulan Juli. Awal bulan ini, perusahaan juga memperkenalkan opsi premium, Quest Pro VR, yang dibanderol dengan harga US$ 1.500.

Ilustrasi metaverse.
Ilustrasi metaverse.

Baca juga: Analisa: Market Kripto Tetap Perkasa, DOGE Jadi Primadona

Namun, monetisasi metaverse akan menjadi hal yang sulit untuk dicapai, karena perusahaan percaya akan ada fragmentasi, dengan monetisasi tergantung pada pertumbuhan kasus penggunaan yang berbeda untuk pengalaman dan perangkat metaverse.

Advertisement

Adopsi industri akan lebih mudah dicapai, karena beberapa kasus penggunaan sudah dieksplorasi. Nokia memperkirakan bahwa semua konektivitas ini akan menciptakan celah keamanan, dan perusahaan juga bekerja untuk mengamankan pengguna di metaverse.

Popular