Connect with us

Business

Indonesia Cermati Skema Perdagangan Karbon Bertenaga Blockchain

Published

on

Indonesia alami pertumbuhan jumlah pekerja di industri blockchain. Sumber: Wikimedia Commons

Indonesia ingin mengarahkan penggunaan teknologi blockchain ke arah ramah lingkungan. Hal ini tercermin dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) yang telah menandatangani nota kesepahaman dengan Metaverse Green Exchange (MVGX), sebuah startup Singapura yang mengkhususkan diri dalam teknologi exchange digital.

Kolaborasi keduanya berpusat pada skema perdagangan emisi BEI yang dijadwalkan diluncurkan pada tahun 2025, dan tugas MVGX adalah membantu BEI membangun registri karbon dan exchange dengan blockchain sebagai lapisan infrastruktur di Indonesia.

Executive Chairman & Co-founder MVGX, Bo Bai, mengatakan penggunaan blockchain dalam perdagangan karbon memecahkan apa yang disebut masalah penghitungan ganda, di mana dua entitas atau entitas dan sebuah negara mengklaim tindakan iklim yang sama.

Pengurangan Emisi Karbon

Metaverse Green Exchange (MVGX). Foto: MVGX.
Metaverse Green Exchange (MVGX). Foto: MVGX.

Baca juga: ASPAKRINDO dan DJP Kemenkeu Tingkatkan Penerimaan Pajak Kripto

Didirikan pada tahun 2018, MVGX dilisensikan oleh otoritas keuangan Singapura untuk menyediakan sekuritas dan layanan kustodian. Menawarkan SaaS untuk mengkomersialkan kredit karbon, fokus startup adalah pada “pasar negara berkembang yang ingin menawarkan akses ke proyek pengurangan emisi mereka secara internasional.”

“Infrastruktur juga memberikan catatan yang tidak dapat diubah tentang pembuatan dan kepemilikan kredit, serta catatan kinerja proyek hijau yang terkait dengan kredit karbon, hingga saat ini,” jelas Bai dikutip TechCrunch.

Indonesia telah bergabung dengan sejumlah negara yang meningkatkan akuntabilitas lingkungan mereka dengan mekanisme keuangan. Pada Juli, 46 negara menetapkan harga emisi melalui pajak karbon atau skema perdagangan emisi (emissions trading schemes/ETS), menurut International Monetary Fund.

“Pemerintah Indonesia telah menyadari peran penting yang dapat dimainkan oleh industri jasa keuangan dalam memperkuat komitmen keberlanjutan negara. BEI saat ini sedang mempersiapkan kemungkinan menjadi pertukaran karbon di Indonesia dan memulai diskusi dengan beberapa pihak untuk memperdalam pengetahuan kita,” kata Jeffrey Hendrik, direktur pengembangan bisnis di BEI, dalam sebuah pernyataan.

Advertisement

Keunggulan Blockchain

Ilustrasi Perdagangan karbon. Foto: theindianwire.com.
Ilustrasi Perdagangan karbon. Foto: theindianwire.com.

Baca juga: Penerimaan Pajak Kripto Capai Rp 159,12 Miliar hingga September 2022

Perdagangan karbon bukanlah obat mujarab untuk perubahan iklim. Mekanisme ini memberi insentif kepada penghasil emisi karbon untuk mengurangi polusi atau mereka perlu membeli dari memiliki kredit karbon berlebih untuk mengimbangi jejak karbon mereka.

Modal yang dihasilkan dari penjualan kredit karbon kemudian dapat digunakan untuk mendanai upaya konservasi, setidaknya secara teori. Tetapi salah satu kritik terbesar dari mekanisme ini adalah bahwa penyeimbangan memungkinkan entitas untuk mengklaim netralitas karbon tanpa melakukan upaya yang signifikan untuk mengurangi emisi di tempat pertama.

Sementara blockchain diyakini membantu menciptakan catatan publik yang efisien untuk perdagangan karbon, meski tidak menjamin kualitas pengurangan emisi dari penerbit kredit atau apakah klaim ini bertahan dalam jangka panjang.

MVGX memanfaatkan teknologi blockchain yang menawarkan catatan kinerja semua proyek ramah lingkungan yang transparan dan tidak rusak, serta terkait dengan kredit terdaftar di infrastruktur exchange mereka. Hal ini akan memberikan keyakinan penuh kepada pembeli dan emiten atas integritas kredit karbon yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Popular