Connect with us

NFT

Nike Luncurkan Sepatu Pintar Inspirasi dari NFT Sneaker CryptoKicks

Published

on

Nike Luncurkan Sepatu Pintar Inspirasi NFT Sneaker CryptoKicks. Sumber: Nike.

Startup blockchain milik Nike, RTFKT Studios, mengumumkan peluncuran Cryptokicks iRL, koleksi sepatu pintar yang terinspirasi dari aset digital NFT. Produk sepatu ini bakal menghidupkan visi RTFKT untuk menggabungkan utilitas NFT dunia digital dan fisik.

Produk ini dibangun di atas koleksi NFT Nike CryptoKicks, item aset digital dari sepatu kets NFT yang dapat disesuaikan. Ini merupakan rilis sepatu kets besar pertama RTFKT setelah Nike mengakuisisinya setahun yang lalu.

Cryptokicks iRL adalah sneaker Web3 pertama RTFKT yang menggabungkan blockchain dengan teknologi pintar, termasuk tali otomatis, pencahayaan yang disempurnakan, haptic feedback, deteksi jalan kaki, dan algoritma kecerdasan buatan.

Produk Terbatas

Cryptokicks iRL akan menjadi produk yang terbatas. Dilaporkan jumlah sepatu yang beredar akan dibatasi hingga 19.000 pasang dan dijual sebagai barang koleksi digital dengan pasangan fisik dalam empat kombinasi warna yang unik: Blackout, Ice, Stone, dan Space Matter.

Nike Luncurkan Sepatu Pintar Inspirasi NFT Sneaker CryptoKicks. Sumber: Nike.
Nike luncurkan sepatu pintar inspirasi NFT Sneaker CryptoKicks. Sumber: Nike.

Baca juga: Digital Rupiah Bakal Jadi Alat Transaksi di Ekosistem Web3

Melihat strategi merek, Nike sangat sukses dengan Nike Direct. Nike menghasilkan 42% dari pendapatannya dari toko fisik dan online miliknya sendiri. Mengaktifkan pengguna untuk membeli sepatu kets khusus secara langsung adalah cara yang ampuh untuk menarik pengguna secara online, tetapi itu bukan hal baru.

Nike ID diluncurkan pada tahun 1999 dan baru-baru ini diganti namanya menjadi Nike oleh Anda. Tapi, Cryptokicks iRL RTFKT jauh lebih trendi.

“Mempercepat budaya inovasi Nike, Cryptokicks iRL adalah sneaker Web 3 asli pertama yang menampilkan teknologi terbaru, yang menggabungkan inovasi Nike Sneaker selama beberapa dekade, dengan visi RTFKT untuk menggabungkan dunia digital dan fisik.” tulis Nike di situs resminya.

Advertisement

Bedah Teknologi Sepatu Pintar Nike

Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan Cryptokicks, ini adalah sepatu kets digital yang dapat disesuaikan yang hidup di blockchain di jaringan Ethereum. Masing-masing unik dan dapat dibeli sebagai Non-Fungible Token (NFT). Bekerja sama dengan Nike, RTFKT Studio mampu menghadirkan desain virtual ini ke dunia nyata dengan merilis koleksi Cryptokick fisik pertama.

Baca juga: Daftar Kripto yang Kehilangan ‘Hype’ di Tahun 2022

Seperti yang dinyatakan di situs web resmi RTFKT, Cryptokicks di kehidupan nyata menghadirkan sejumlah fitur yang mengesankan, termasuk sistem tali yang secara otomatis menyesuaikan dengan kenyamanan yang telah diprogram sebelumnya segera setelah Anda mulai berjalan.

Selain itu, sepatu ini ditenagai oleh baterai yang dapat diisi ulang dan memungkinkan pemakainya untuk memilih warna dan animasi yang berbeda untuk menyala saat berjalan. Setiap pasangan Cryptokicks hadir dengan Power Deck nirkabel yang dapat terhubung ke aplikasi Cryptokicks iRL melalui Bluetooth. Sepatu kets ini dilengkapi dengan chip NFC WM (World Merging) terbaru dari RTFKT yang memungkinkan pengguna mengautentikasi setiap salinan fisik dengan mitra digitalnya untuk memverifikasi keabsahan.

Popular