Connect with us

Market

The Fed Naikkan Suku Bunga Lagi, Nilai Bitcoin Jatuh

Published

on

bitcoin

Federal Reserve atau The Fed kembali melanjutkan tren menaikkan suku bunga sebesar 50 bps pada Kamis (15/12) dini hari. Pengumuman kebijakan ini langsung membuat nilai Bitcoin dan kripto lainnya jatuh.

Bitcoin (BTC), aset kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar baru-baru ini diperdagangkan pada US$ 17.729 dalam 24 jam terakhir. BTC telah mencapai US$ 18.300 pada hari sebelumnya menyusul pelambatan yang tidak terduga dalam data inflasi AS bulan November dan perubahan dovish yang diantisipasi The Fed.

Namun dalam konferensi pers setelah pengumuman suku bunga Federal Open Market Committee’s (FOMC), ketua The Fed, Jerome Powell kembali menegaskan bahwa kenaikan harga dan inflasi merupakan ancaman terbesar bagi perekonomian.

“50 basis poin masih merupakan peningkatan besar secara historis dan kami masih memiliki beberapa cara untuk dilakukan,” kata Powell pada konferensi pers menyusul pernyataan FOMC.

Ketua The Fed, Jerome Powell. Foto: Getty Images.
Ketua The Fed, Jerome Powell. Foto: Getty Images.

Baca juga: NGOBRAS Season 2: Bahas Potensi Bullish Fantom & ApeCoin Pekan Ini

Kenaikan suku bunga jangka pendek menyiratkan pertanyaan tentang prospek ekonomi jangka pendek, dan harapan untuk kenaikan suku bunga The Fed yang lebih agresif.

Harga Bitcoin Turun

Dalam pidatonya, Powell telah memberi isyarat bahwa The Fed berencana untuk memperlambat kenaikan suku bunga bulan ini, sementara mereka tetap mendorong suku bunga pada pertemuan terakhir tahun ini. Ia pun mengisyaratkan ada kemungkinan kenaikan suku bunga lebih lanjut di tahun 2023.

“Bitcoin naik lebih awal tetapi kemudian jatuh setelah Ketua The Fed, Jerome Powell meredam antusiasme yang berasal dari kenaikan suku bunga yang kurang agresif dengan komentar hawkish,” kata Trader Tokocrypto, Afid Sugiono.

Advertisement
Ilustrasi Bitcoin.
Ilustrasi Bitcoin.

Baca juga: Nike Luncurkan Sepatu Pintar Inspirasi dari NFT Sneaker CryptoKicks

Reli Bitcoin berumur pendek menjelang pidato Powell berkorelasi dengan aksi harga yang terlihat di seluruh aset berisiko lainnya. Setelah pidato Ketua The Fed, aset ini terus menelusuri kembali dan beberapa analis melihat penurunan baru-baru ini sebagai metrik untuk membeli lebih banyak Bitcoin.

Tidak hanya market kripto, indeks saham AS juga terganggu oleh komentar Powell yang ditutup dengan Nasdaq dan S&P 500 yang padat saham teknologi masing-masing turun 0,8% dan 0,5%. Indeks harga konsumen di AS pada hari Selasa (13/12) turun menjadi 7,1%, lebih rendah dari 7,3% yang diproyeksikan oleh para ekonom menanggapi survei FactSet.

Sampai saat ini, harga Bitcoin tetap berkorelasi erat dengan ekuitas dan mayoritas investor memiliki kekhawatiran tentang dampak kenaikan tarif lebih lanjut di masa depan.

Popular