Connect with us

Tips & Tricks

Anak Bisa Belajar Tentang Manajemen Keuangan dengan Kripto

Published

on

Anak bisa belajar tentang manajemen keuangan dengan kripto/ SUmber: Shutterstock.

Kemampuan mengelola keuangan sudah menjadi pelajaran khusus bagi anak. Kripto bisa menjadi sarana belajar yang baik untuk anak memahami bagaimana keterampilan mengelola uang.

Semakin cepat keterampilan ini diadopsi dalam kehidupan, semakin besar jumlah peluang untuk memperoleh kekayaan. Sayangnya, sistem pendidikan sangat kurang mengajarkan literasi keuangan dan keterampilan yang dibutuhkan anak.

Dengan web3 dan kripto yang menjadi semakin populer di generasi mendatang, mengajari anak-anak tentang keuangan yang tepat dan keterampilan mengelolanya menjadi semakin penting.

Belajar Literasi Keuangan

Anak bisa belajar tentang manajemen keuangan dengan kripto/ SUmber: Shutterstock.
Anak bisa belajar tentang manajemen keuangan dengan kripto. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Anak Perusahaan Aplikasi Chat LINE Kembangkan Blockchain Finschia

Banyak yang berharap bahwa kebangkitan aset kripto pada akhirnya dapat membantu memecahkan masalah kurangnya literasi keuangan. Berkat fleksibilitas yang ditawarkan teknologi blockchain, banyak kasus penggunaan yang berbeda dapat diadopsi untuk mengatasi hal tersebut.

Dikutip Cointelegraph, salah satu kasus penggunaannya adalah mengajari anak-anak tentang keuangan dan mengambil tanggung jawab keuangan sejak dini. Ada contoh menarik dari Banano (BAN) adalah proyek kripto yang didistribusikan secara bebas diluncurkan pada tahun 2018.

Banano berjalan pada arsitektur Directed Acyclic Graph (DAG). Jaringannya tidak terasa, instan, dan berkelanjutan, menjadikannya lingkungan yang ideal untuk belajar tentang kripto dan keuangan.

Proyek ini memiliki tujuan utama untuk menyediakan jalan yang dapat diakses dan mendidik untuk memasuki dunia aset digital yang rumit. Mereka menyediakan alat yang intuitif, lokakarya informatif, dan panduan bermanfaat dengan cara yang mudah dipahami sehingga pengalaman finansial dan daya komputasi yang besar tidak diperlukan.

Advertisement

Sistem Kripto dan Rewards

Banano (BAN) adalah proyek kripto yang didistribusikan secara bebas diluncurkan pada tahun 2018. SUmber: Banano.
Banano (BAN) adalah proyek kripto yang didistribusikan secara bebas diluncurkan pada tahun 2018. SUmber: Banano.

Baca juga: Mengenal 5 Ragam Pola Candlestick Lengkap Menguntungkan

Banano memiliki banyak program yang berkembang dari ekosistemnya, salah satunya bertujuan untuk mengatasi dan memperbaiki isu buta huruf keuangan. Dengan program Banano in the Classroom, guru dapat memanfaatkan teknologi blockchain untuk mengajarkan literasi keuangan dan keterampilan aplikasi kepada siswa, keterampilan memecahkan masalah, serta akuntabilitas individu dan kelompok melalui kripto dan rewards.

Salah satu contoh kasus pengunaan proyek Banano adalah tentang guru Kanada, Mr. G, yang menggunakan program ini sebagai sistem poin untuk memberi penghargaan kepada siswa di kelasnya karena bersikap baik, menyelesaikan tugas tertentu, dan tetap fokus. Tuan G mendistribusikan Banano sepanjang minggu, dan “membelinya kembali” pada waktunya untuk memberi hadiah lagi untuk minggu berikutnya.

Selain merasa dihargai, siswa dapat membelanjakan Banano hasil jerih payah mereka di Toko Banano Mr. G. Guru menerima token BAN untuk pizza, waktu ekstra untuk bermain di luar, permainan, mainan, perlengkapan sekolah, waktu komputer, dan banyak lagi. Sistem hadiah ini memperkenalkan anak-anak pada konsep menghasilkan, menabung, dan membelanjakan.

Popular