Connect with us

Policy & Regulations

WEF Percaya Kripto dan Blockchain Jadi Bagian Integral Ekonomi Modern

Published

on

World Economic Forum

World Economic Forum (WEF) percaya bahwa teknologi blockchain yang mendukung aset kripto akan terus menjadi bagian integral dari ekonomi modern. WEF secara khusus menyoroti aplikasi kriptografi dan teknologi blockchain yang tersebar luas di seluruh dunia.

Dalam posting blog di situs resminya, WEF berbicara tentang apa yang akan terjadi di masa depan untuk industri kripto. WEF percaya bahwa tahun 2022 yang diklaim sebagai ‘bencana’ untuk industri aset kripto dapat menyebabkan pertumbuhan dan pemulihan ekosistem.

Sebuah artikel yang ditulis oleh CSO Circle, Dante Disparte, diterbitkan di weforum.org, menjelaskan kejatuhan FTX baru-baru ini dan matinya blockchain Terra Luna memengaruhi jutaan konsumen pada tahun 2022, dengan pasar kehilangan US$ 2 triliun pada periode itu.

Namun, dua kejadian besar itu, tidak berubah inti dari teknologi blockchain, yang saat ini sedang diuji oleh lembaga keuangan di seluruh dunia.

Adopsi Kripto dan Blockchain

ilustrasi membeli bitcoin
Ilustrasi Bitcoin.

Baca juga: Nilai Bonk Token Meroket, Kuatkan Ekosistem Solana dan Harga SOL

WEF membandingkan adopsi teknologi kriptografi dan blockchain dengan penerapan keamanan siber dan transformasi digital. “Pelukan teknologi kripto juga tak terhindarkan, bahkan jika istilah itu terasa seperti kata yang buruk,” kata organisasi itu.

Organisasi tersebut mengakui bahwa industri kripto tidak bebas risiko, mirip dengan sektor lain yang melibatkan uang. Namun, perlu dicatat bahwa sifat transparan kripto memberikan sedikit tempat bagi aktor jahat untuk bersembunyi.

“Sementara teknologi yang mendasari kriptografi dan blockchain dapat digeneralisasikan untuk semua industri dan kegiatan koordinasi (secara kolektif blok bangunan Web3), eksperimen pada inti layanan keuangan, di antara sektor lainnya, terus berlanjut,” tulis Disparte.

Advertisement

Mirip Internet

Ilustrasi blockchain.
Ilustrasi blockchain.

Baca juga: Bappebti dan Aspakrindo Sinergi Pengembangan Perdagangan Kripto

Disparte memanfaatkan perumpamaan yang umum digunakan, membandingkan kripto dengan teknologi lainnya seperti internet dan email, yang juga telah digunakan untuk tujuan ilegal dan kriminal oleh pelaku jahat. Menempatkan bobot tindakan jahat pada orang yang menggunakan alat, dan bukan teknologi itu sendiri, adalah kunci dalam periode ini untuk kripto.

Untuk WEF, tindakan terbaik untuk melanggengkan kripto dan blockchain adalah dengan “menjaring efek berbahaya mereka dengan menempatkan teknologi di tangan aktor yang bertanggung jawab dan mendorong penggunaannya secara bertanggung jawab.”

WEF telah menjadi organisasi aktif dalam hal kripto, meluncurkan Crypto Sustainability Coalition pada bulan September tahun lalu, dengan tujuan menggunakan teknologi Web3 untuk melawan perubahan iklim.

Popular