Connect with us

Altcoin News

Solana dan Cardano Naik 21% Raih Kenaikan Tertinggi Bulanan

Published

on

Ilustrasi Solana. Sumber: Getty Images.

Nilai Solana (SOL) dan Cardano (ADA) melonjak lebih dari 21 persen pada Minggu (8/1) malam, keduanya masuk kembali ke daftar teratas aset kripto yang memiliki market cap besar.

Cardano (ADA), aset kripto terbesar kedelapan berdasarkan kapitalisasi pasar, mengalami lonjakan nilainya menjadi US$ 0,33. Ini harga ADA yang belum pernah terlihat sejak 19 November.

Harga US$ 16,04 adalah teritori yang belum terlihat sejak 9 November, ketika sudah setengah jalan menuju keruntuhan lebih dari 50% selama tiga hari sebelumnya.

Faktor di balik kebangkitan harga ADA minggu ini kurang jelas. Tonggak utama terakhir blockchain adalah penerapan Vasil fork yang telah lama ditunggu-tunggu pada bulan September.

Namun, ada desas-desus baru-baru ini di sekitar salah satu pendiri Cardano, Charles Hoskinson. Perusahaan Hoskinson, Input Output HK, sedang mempersiapkan peluncuran Lace wallet yang tertunda untuk Cardano. Dan pada hari Kamis (6/1), Hoskinson mengumumkan bahwa Hoskinson Health & Wellness Clinic di Wyoming akan menerima ADA sebagai pembayaran.

Baca juga: Samsung Gandeng Polygon Masuk ke Web3, Akankah MATIC Melonjak?

Harga Solana (SOL)

Sama seperti Cardano, Solana melihat minggu pertama terbaik tahun 2023 ini dan kembali masuk ke daftar top 20 berdasarkan kapitalisasi pasar. SOL telah mencapai peningkatan 60 persen selama tujuh hari.

Advertisement

Ini adalah rebound yang luar biasa untuk SOL, yang anjlok lebih dari 41 persen setelah keruntuhan FTX. Pernah disebut sebagai “Ethereum killer”, Solana pernah menjadi favorit Sam Bankman-Fried.

Kejatuhan FTX di November lalu, membawa Solana bersamanya, sehingga turun 94 persen dari rekor tertinggi sepanjang masa di US$ 259 yang tercatat hanya satu tahun sebelumnya, menurut CoinGecko.

Solana adalah jaringan blockchain layer-1 proof-of-stake (PoS) yang memungkinkan pengembang membuat aplikasi decentralized finance (DeFi) dan non-fungible tokens (NFT).

Kripto BONK

Ilustrasi kripto Bonk Token. Sumber: Twitter.
Ilustrasi kripto Bonk Token. Sumber: Twitter.

Baca juga: Nilai Bonk Token Meroket, Kuatkan Ekosistem Solana dan Harga SOL

Solana juga mendapat dorongan dari BONK, melonjak lebih dari 60% selama seminggu terakhir. BONK adalah token meme yang meniru Shiba Inu (SHIB) terpantau nilainya meroket dan beberapa investor dan trader yakin volume perdagangannya berpotensi mendorong penjualan Solana (SOL).

Meskipun pesta peluncurannya tidak berlangsung lama, BONK masih mengungguli semua aset kripto utama selama seminggu terakhir. Sulit untuk mengalahkan keuntungan lebih dari 3.000 persen, meskipun berurusan dengan harga 10.000 sen.

BONK hanyalah token meme, permintaan yang meningkat merupakan tanda positif untuk blockchain Solana. Ini pertanda bahwa Vitalik Buterin bisa mendapatkan keinginannya agar Solana mendapatkan “kesempatan untuk berkembang.”

DISCLAIMERBukan saran atau ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset kripto masih berisiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.

Advertisement

Popular