Connect with us

NFT

Premier League Bermitra dengan Sorare Rilis NFT Pemain Liga Inggris

Published

on

Premier League Bermitra dengan Sorare Kembangkan NFT Pemain Liga Inggris.

Premier League telah menandatangani kontrak multi-tahun dengan Sorare, game sepak bola fantasi senilai US$ 4,3 miliar. Kemitraan ini akan menghasilkan NFT kartu pemain resmi liga inggris yang eksklusif.

Pemain game Sorare akan dapat membeli dan menggunakan NFT berlisensi resmi Liga Premier berdasarkan perjanjian multi-tahun eksklusif tersebut. Sorare mengatakan itu juga meluncurkan dua fitur baru dalam game. Ini termasuk kemampuan untuk bersaing dengan kartu pemain khusus liga dan fitur “financial fair play” yang mencegah pengguna memilih tim all-star.

Startup Sorare yang berbasis di Paris, memiliki 3 juta pengguna di seluruh dunia, memungkinkan orang bersaing dalam permainan sepak bola fantasi. Peluang sukses didasarkan pada performa pemain secara real-time di lapangan virtual.

Kemitraan Strategis

tampilan aplikasi sorare
Ilustrasi aplikasi Sorare. Sumber: Shutterstocks.

Baca juga: BPS Pakai Teknologi Blockchain Olah Data Penduduk Indonesia

Sorare pertama kali dikabarkan sedang dalam pembicaraan dengan Premier League – liga sepak bola pria tingkat atas Inggris – tentang perjanjian lisensi pada Oktober 2022. CEO Sorare, Nicolas Julia, mengatakan hal-hal membutuhkan waktu lebih lama untuk diselesaikan daripada yang diantisipasi karena Premier League memiliki kesepakatan lisensi NFT yang ada dengan perusahaan lain.

Sky News melaporkan sebelumnya bahwa kesepakatan itu bernilai £ 30 juta. Julia menolak untuk membagikan secara spesifik tentang persyaratan keuangan dan panjang kesepakatan.

Berita tersebut muncul meski terjadi penurunan tajam dalam aktivitas perdagangan NFT. Nilai NFT telah anjlok di tengah penurunan harga kripto yang dikenal sebagai “crypto winter”, yang diperburuk dalam beberapa bulan terakhir oleh kebangkrutan FTX.

Menurut situs data CryptoSlam, harga jual rata-rata NFT pada Desember 2022 adalah US$ 143,22, turun 63% dari US$ 383,73 pada Desember 2021. Volume perdagangan juga turun secara signifikan. Penjualan NFT secara keseluruhan anjlok 78% pada bulan Desember menjadi US$ 678,2 juta dari US$ 3,1 miliar setahun yang lalu.

Advertisement

Sorare dan NFT

Ilustrasi game nft Sorare.
Ilustrasi game nft Sorare.

Baca juga: Tokocrypto Hadirkan Fitur Bukti Pajak Kripto Pengguna Dukung PMK 68

Dikutip CNBC, Julia mengatakan pengguna berkekuatan besar sudah cukup untuk menopang perolehan pendapatan. Sorare mengambil potongan yang tidak ditentukan dari semua transaksi melalui layanannya.

Perlu dicatat Sorare adalah koleksi NFT terbesar ketiga di dunia, menurut data CryptoSlam. Perusahaan memproses sekitar US$ 1 juta transaksi dalam periode 24 jam, menurut angka CryptoSlam.

Kemitraan Liga Premier dengan Sorare menambah banyak kesepakatan antara liga olahraga dan platform kripto. Sorare sendiri sebelumnya telah mengumumkan kesepakatan dengan Major League Baseball dan National Basketball Association.

Beberapa perjanjian, seperti kesepakatan Crypto.com untuk hak penamaan arena Staples Center di Los Angeles dan sponsor FTX di Miami-Dade Arena yang sekarang sudah tidak berfungsi, telah memburuk di tengah jatuhnya harga kripto.

Julia mengatakan Sorare terlindung dari kehancuran iklan olahraga yang berfokus pada crypto karena perusahaannya berfokus pada lisensi kekayaan intelektual daripada sponsor.

Startup asal Prancis itu terakhir dihargai oleh investor sebesar US$ 4,3 miliar pada September 2021. Sorare didukung oleh nama-nama top termasuk SoftBank Jepang dan firma modal ventura Accel dan Benchmark. Itu juga menghitung bintang olahraga Lionel Messi, Serena Williams dan Kylian Mbappe sebagai pemegang saham.

Advertisement

Popular