Connect with us

Market

Harga Bitcoin dan Ethereum Naik Imbas Laporan CPI Inflasi AS Melambat

Published

on

Ilustrasi market kripto bullish. Sumber: Shutterstocks.

Harga Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) terpantau naik pada Rabu (15/2) pagi imbas data consumer price index (CPI) yang menunjukan inflasi melambat selama tujuh bulan berturut-turut di bulan Januari 2023. Meski begitu, banyak analis menilai investor masih mencerna data tersebut sehingga kenaikan pasar kripto belum signifikan.

Dilaporkan Coindesk, Bitcoin sempat tenggelam dalam satu jam pertama setelah rilis Biro Statistik Tenaga Kerja AS merilis CPI Januari, yang menunjukkan data naik 6,4% dibandingkan proyeksi 6,2%. Kemudian, BTC kembali di atas US$ 22.000 atau sekitar Rp 334 juta (kurs dolar AS Rp 15.191) dan ETH naik ke level US$ 1.549 (Rp 23 juta), posisi yang telah hilang lima hari lalu.

Bitcoin dan Ethereum tetap stabil, karena indeks saham utama seperti S&P 500 naik tipis sekitar 0,04%. Aset kripto lainnya, termasuk Cardano (ADA) dan Dogecoin (DOGE), keduanya naik tipis, menikmati kenaikan 1,7% dan 0,1% pada saat data CPI Januari rilis.

Pasar Kripto Berusaha Naik

Data CPI naik lebih dari yang diharapkan pada bulan Januari, tanda yang berpotensi negatif dari aset berisiko seperti kripto pada tahun 2023 karena The Fed mencoba menjinakkan inflasi melalui kampanye kenaikan suku bunga.

Ilustrasi market kripto Bitcoin.
Ilustrasi market kripto Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Menakar Peluang Token Kripto AI yang Hype, Potensi Bawa Cuan?

“Laporan inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan ini, meskipun tidak jauh lebih tinggi, ini menambah argumen potensial ‘lebih tinggi untuk lebih lama’ yang telah didorong oleh Fed,” Kepala Riset di IntoTheBlock, Lucas Outumuro dikutip Decrypt .

Laporan CPI bulan lalu menunjukkan harga turun 0,1% pada bulan Desember, membawa tingkat inflasi tahunan turun menjadi 6,5%. Tetapi harga naik 0,5% pada bulan Januari di semua item setiap bulan. Kenaikan CPI bulanan terbesar berasal dari makanan, bensin, dan tempat tinggal, yang menyumbang hampir setengah dari inflasi di bulan Januari.

Menunggu Respons The Fed

The Fed telah mengikuti perubahan data CPI dengan cermat untuk mengukur seberapa efektif kenaikan suku bunganya dalam mendinginkan ekonomi, dengan tujuan menurunkan inflasi ke target 2%. Tapi itu juga mempertimbangkan faktor lain saat membentuk kebijakan moneter, seperti kekuatan pasar tenaga kerja AS.

Advertisement

Anggota The Fed memilih dengan suara bulat bulan ini untuk menaikkan suku bunga sebesar seperempat poin persentase ke kisaran target 4,50% hingga 4,75%, mendorong bank sentral AS untuk memberikan kenaikan suku bunga kedelapan sejak menaikkan suku bunga dari mendekati nol Maret lalu.

Ilustrasi Bank Sentral AS, The Fed. Foto: Shutterstock.
Ilustrasi Bank Sentral AS, The Fed. Foto: Shutterstock.

Baca juga: BLK 2023: Tips Investasi Aset Kripto Bagi Pemula yang Aman

Suku bunga yang lebih tinggi telah membuat kripto dan aset berisiko lainnya seperti saham menjadi kurang menarik, jika dibandingkan dengan aset yang lebih konservatif seperti obligasi, yang memiliki potensi kenaikan yang lebih kecil tetapi didukung oleh pemerintah dalam hal keuntungan.

Banyak investor mencari tanda-tanda yang menunjukkan bahwa The Fed dapat segera beralih dari pengetatan ekonomi ke mempertahankan suku bunga atau bahkan merangsang pertumbuhan dengan memangkas suku bunga akhir tahun ini.

Meskipun Bitcoin dan Ethereum sama-sama naik lebih dari 25% sejak awal tahun, pertumbuhan pekerjaan yang lebih kuat dari perkiraan pada bulan Januari telah memperkeruh pembacaan investor tentang kenaikan suku bunga di masa depan dari Fed, dan kripto menghadapi tantangannya sendiri di tengah pengetatan regulasi dari Securities and Exchange Commission (SEC).

Popular