Connect with us

Bitcoin News

Bitcoin Menuju Level Harga Tertinggi 6 Bulan, Akankah Terus Naik?

Published

on

Iustrasi aset kripto Bitcoin

Bitcoin, aset kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, sedang mengalami kenaikan harga pada hari Rabu (16/1) menembus level US 24.000 atau sekitar Rp 364 juta. Hal tersebut sangat kontras dengan performa pasar saham yang tengah lesu.

Dilaporkan Coindesk, investor telah melikuidasi sekitar US$ 60 juta pada posisi pendek atau short positions BTC selama 24 jam terakhir, sehingga mendorong harga lebih tinggi dan kripto lain, seperti Ethereum (ETH) juga mengalami kenaikan.

Persentase kenaikan tersebut merupakan yang terbesar sejak BTC melonjak 10,5% pada 9 September lalu. BItcoin juga tengah menargetkan kenaikan harga tertinggi enam bulannya di posisi US 24.829 atau sekitar Rp 377 juta.

Sentimen Pasar

Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Dogecoin & Shiba Inu Naik Saat Elon Musk Umumkan ‘CEO’ Twitter Baru

Kenaikan harga Bitcoin yang signifikan menjadi pemicu positif terhadap kondisi pasar kripto secara keseluruhan. Meskipun Indeks Dolar AS (DXY) melonjak, pasar kripto telah berhasil menunjukkan ketahanan.

Menurut data yang diberikan oleh situs CoinGecko, harga Bitcoin (BTC) kini telah melonjak lebih dari 11% dalam 24 jam terakhir. Namun, itu tetap di bawah level make-it-or-break-it di US$ 25.000. Altcoin utama, seperti Ethereum (ETH) dan XRP juga naik lebih dari 2%. Dogecoin (DOGE) memimpin di antara 10 koin teratas terbesar dengan kenaikan 3%.

Sebelumnya Bitcoin telah turun di bawah US$ 21.600 pada titik yang berbeda dalam beberapa hari terakhir di tengah meningkatnya kegelisahan investor tentang regulasi kripto, terutama menargetkan pasar stablecoin, dan tentang langkah-langkah bank sentral AS di masa depan untuk menjinakkan inflasi. Tetapi kekhawatiran itu tampaknya memudar dengan cepat karena BTC melonjak melewati US$ 24.100.

Ketahanan Kripto

market aset kripto
Ilustrasi market aset kripto.

Baca juga: Riset: Investor Lebih Percaya Simpan Kripto di Exchange Dibanding Wallet

Craig Erlam, seorang analis di broker Oanda, mengatakan bahwa ketahanan kripto cukup menggembirakan meskipun ada berita utama peraturan yang negatif. Meski pasar saham jatuh, Bitcoin tetap tangguh.

Advertisement

Dow Jones Industrial Average dan S&P 500 turun setelah pembacaan inflasi indeks harga konsumen (CPI) terbaru, yang memupus harapan The Fed akan segera beralih ke kebijakan moneter yang kurang agresif. Korelasi antara saham dan kripto telah menguat karena The Fed menaikkan suku bunga secara signifikan selama setahun terakhir untuk mengekang inflasi.

Tindakan harga terbaru Bitcoin mungkin mengindikasikan bahwa hubungannya dengan saham melemah, yang belum tentu merupakan hasil yang positif. Sentimen investor terhadap kripto tampaknya memburuk bahkan setelah reli 40% yang dimulai pada tahun 2023. Tim firma riset Crypto Arcane baru-baru ini mencatat bahwa partisipasi institusional sedang menurun berdasarkan penurunan minat terbuka CME Group.

Pastikan kamu hanya melakukan trading kripto Bitcoin (BTC) di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah. Kamu juga bisa menyimak berbagai informasi terbaru mengenai kripto dengan mengunjungi website TokocryptoInstagramTwitter, serta komunitas Tokocrypto!

DISCLAIMERBukan saran atau ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset kripto masih berisiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.

Popular