Connect with us

Bitcoin News

Analis Kripto: Bitcoin Halving Bisa Buat Harga BTC Capai Rp 2,7 Miliar

Published

on

Ilustrasi Bitcoin.

Seorang analis kripto populer baru saja meluncurkan target jangka panjangnya untuk siklus Bitcoin halving yang akan datang. Ia menyatakan Bitcoin halving yang diproyeksikan terjadi pada tahun 2024 nanti, bisa mendorong harga BTC capai Rp 2,7 miliar.

Analis kripto dengan nama samaran, Filbfilb, memberi tahu 85.000 pengikut Twitter-nya bahwa targetnya untuk Bitcoin sekarang adalah US$ 180.000 atau sekitar Rp 2,7 miliar. Ia menunjuk pada Bitcoin halving, yang bisa sekitar satu tahun lagi, sebagai katalis utama.

Halving yang terjadi setiap empat tahun ini akan mengurangi jumlah BTC baru yang memasuki pasar dari 6,25 Bitcoin per blok menjadi 3,125 Bitcoin per blok. Peristiwa ini juga akan memperlambat tingkat inflasi Bitcoin dari sekitar 2,0% menjadi sekitar 1,0%. Tingkat inflasi Bitcoin dirancang untuk terus turun dan cenderung menuju nol untuk memastikan pasokan BTC tidak pernah melampaui 21 juta.

Kenaikan Harga

Bitcoin Bull Market Comparasion jelang halving. SUmber: Decentrader.
Bitcoin Bull Market Comparasion jelang halving. SUmber: Decentrader.

Baca juga: Analisis Tunjukkan 2023 Mungkin Waktu Terbaik untuk Akumulasi Bitcoin

Pengetatan pasokan secara historis bertepatan dengan pergerakan besar harga Bitcoin, dan para investor serta traders yakin kali ini tidak akan berbeda.

“Bitcoin halving akan jatuh tempo pada Maret 2024. Jika sejarah adalah segalanya, maka Anda memiliki waktu maksimal 18 bulan untuk menyelesaikan masalah Anda sebelum kita mulai melakukan segala macam hal gila di atas rekor tertinggi sepanjang masa lagi,” kata Filbfilb.

Filbfilb mengatakan traders hanya perlu satu grafik, merinci apa yang terjadi segera setelah setiap BTC berkurang setengahnya, untuk memahami potensinya.

“Jika kita hanya melihat satu grafik maka perbandingan bull market Bitcoin adalah itu,” jelasnya.

Advertisement

“Jadi semua orang ada di halaman yang sama, bank Bitcoin tidak memiliki anggota, tidak ada bangunan, dan tidak ada bankir yang memanipulasi tarif yang mencoba menyeimbangkan inflasi dengan pekerjaan penuh. Ini berjalan pada kode; itu selalu dan akan selalu… Sekarang untuk pelajaran ekonomi yang semua orang tahu. Harga merupakan fungsi dari penawaran dan permintaan. Inilah mengapa kami melihat reli harga pada periode setelah setiap halving (di sebelah kiri grafik).”

Sejarah Bitcoin Halving

Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Shutterstock.
Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Alasan Kripto ‘Koin China’ Filecoin hingga VeChain Hasilkan Untung Besar

Sejauh ini ada tiga peristiwa Bitcoin halving, yang pertama pada November 2012, yang kedua pada Juli 2016, dan yang terbaru pada April 2020. Ketiganya telah mengalami peningkatan besar-besaran dalam harga Bitcoin. Pada saat halving tahun 2012, Bitcoin diperdagangkan sekitar US$ 12. Dalam waktu sekitar satu tahun, itu telah naik di atas US$ 1.000.

Halving kedua terjadi ketika harga BTC sekitar US$ 650. Dalam waktu kurang dari satu setengah tahun, harga Bitcoin telah mencapai US$ 19.000. Terakhir, pada tahun 2020 halving terjadi ketika harga Bitcoin berada di bawah US$ 9.000. Harga kemudian mencapai rekor tertinggi pada November 2021 sebesar US$ 69.000.

Dengan demikian, BTC telah membukukan keuntungan sejak tanggal halving hingga puncak pasar berikutnya sekitar 83x, 29x, dan 8x. Tidak mengherankan, dengan Bitcoin yang semakin matang sebagai kelas aset dan telah menikmati pertumbuhan substansial dalam kapitalisasi pasarnya, tingkat keuntungan pasca-separuhnya telah melambat dan masih bisa semakin melambat.

Popular