Connect with us

Academy

Apa Itu Bitcoin Ordinals? Alternatif NFT untuk Blockchain BTC

Published

on

Ilustrasi Bitcoin Ordinals. Alternatif NFT untuk Blockchain BTC. SUmber: Shutterstock.

Bitcoin sekarang mendukung fitur yang disebut Ordinals, memungkinkan pengguna untuk mempublikasikan media on-chain dengan cara yang sebanding dengan token atau NFT yang tidak dapat dipertukarkan. Ordinal adalah hal baru yang menggemparkan Bitcoin.

Pengembang Bitcoin telah bekerja untuk membawa token atau NFT yang tidak dapat dipertukarkan ke blockchain nomor satu selama hampir satu dekade, dimulai pada tahun 2014 dengan Counterparty, pencipta koleksi Rare Pepe NFT, diikuti oleh Stacks pada tahun 2017. Proses berkembang setelah dapat menulis atau menorehkan data konten yang disimpan menjadi saksi transaksi Bitcoin . Ini diperkenalkan dalam peningkatan SegWit ke jaringan Bitcoin pada tahun 2017.

“Apa yang dihasilkan tim dengan Ordinals adalah jenius,” Alex Miller, CEO Hiro, pengembang platform smart contract layer-2 Stacks, mengatakan kepada Decrypt dalam sebuah wawancara. “Ini sangat inti dari etos Bitcoin karena mereka pada dasarnya mengambil beberapa hal berbeda dan menyatukannya dengan cara yang tidak diramalkan atau diharapkan oleh pembuat aslinya.”

Apa Itu Ordinals?

Ordinals adalah metode penyematan gambar dan media pada blockchain Bitcoin.

Ordinals dimungkinkan oleh peningkatan ke Bitcoin yang disebut Taproot, yang diperkenalkan pada tahun 2021. Namun, Ordinals tidak digunakan sampai pengembang blockchain, Casey Rodarmor meluncurkan ordinals inscriptions pada Januari 2023.

Penambahan ini memungkinkan pengguna untuk membuat satoshi inscribe — unit terkecil dari Bitcoin — dengan konten seperti gambar, teks, atau kode HTML.

Langkah pertama dalam pembuatan Ordinals adalah pengguna mengunduh Bitcoin Core dan menyinkronkan node ke blockchain. Setelah sinkronisasi selesai, langkah selanjutnya adalah membuat dompet Ordinals dan mengirimkan beberapa satoshi ke wallet tersebut.

Advertisement
Ilustrasi Bitcoin Ordinals. Alternatif NFT untuk Blockchain BTC. SUmber: Shutterstock.
Ilustrasi Bitcoin Ordinals. Alternatif NFT untuk Blockchain BTC. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Rihanna Rilis NFT Lagu Terpopulernya, Kolektor Bisa Dapat Royalti

Ordinals Berbeda dari NFT?

Ordinal sangat mirip dengan non-fungible token (NFT) karena mengandung media. Namun, mereka berbeda dalam satu hal penting: Semua data Ordinals disimpan secara on-chain.

Sebaliknya, NFT tradisional di Ethereum dan blockchain lainnya biasanya berisi tautan ke media yang disimpan di tempat lain — baik di layanan terdesentralisasi seperti IPFS atau di layanan terpusat seperti host web atau server data.

Ini berarti Ordinals harus bersifat permanen dan tahan terhadap kehilangan data seperti Bitcoin itu sendiri, sedangkan NFT dapat kehilangan media tertautnya jika terjadi kegagalan layanan.

Apakah Ordinals Ramah Energi?

Ethereum dan banyak blockchain lainnya telah beralih ke staking, artinya transaksi NFT tidak lagi membutuhkan energi dalam jumlah besar.

Bitcoin, bagaimanapun, masih bergantung pada proses penambangan kripto yang intensif energi. Dengan demikian, transaksi Ordinals sama menuntutnya dengan transaksi Bitcoin serupa.

Meskipun Bitcoin tidak akan mengakhiri ketergantungannya pada penambangan, langkah-langkah dapat diambil untuk memastikan bahwa penambangan dilakukan secara berkelanjutan. Faktanya, sekitar 60% penambangan Bitcoin saat ini dilakukan dengan energi terbarukan, menurut beberapa perkiraan baru-baru ini.

Di Mana Dapat Mengakses Ordinals?

Ordinals dapat dilihat di Ordinals.com. Pada 26 Februari, ada lebih dari 194.000 Bitcoin Ordinals, menurut data dari Dune Research.

Advertisement
ilustrasi konsep nft
Ilustrasi NFT.

Baca juga: Riset: Nilai Pasar NFT Indonesia Bisa Capai Rp 200 T pada Tahun 2028

Salah satu koleksi Ordinals yang paling populer adalah Taproot Wizards, serangkaian 2.099 penyihir yang digambar dengan gaya “MS Paint.” Ini sering digunakan dalam gambar profil (PFP).

Litecoin, yang sangat mirip dengan kode Bitcoin, juga mendukung Ordinals. Pada 25 Februari, ada 38.000 Ordinals di jaringan Litecoin.

Bagaimana Cara Membeli atau Membuat Ordinals?

Anda dapat membeli Ordinals dengan wallet Bitcoin yang kompatibel — yaitu wallet Sparrow . Ada langkah-langkah yang sangat spesifik yang harus diambil pengguna untuk menghindari kehilangan dana.

Selanjutnya, untuk menjual atau membuat Ordinals, pengguna harus menjalankan Bitcoin full node. Meskipun saat ini tidak ada pasar utama tempat pengguna dapat membeli Ordinals, hal ini diperkirakan akan terjadi di masa mendatang. Pengguna baru mungkin lebih suka menunggu pasar seperti itu tiba, yang akan sangat menyederhanakan proses perdagangan Ordinal.

Pengguna aktif harian telah meningkat selama beberapa minggu terakhir dan metrik lainnya naik. Bitcoin Ordinals melewati tolok ukur dengan berhasil mengukir lebih dari 200.000 NFT. Tonggak pencapaian ini tercapai dengan cepat, karena baru beberapa bulan sejak peluncuran Ordinals. Total Ordinals yang ditorehkan pada 1 Maret 2023 adalah 207.269, dengan ordinals tipe gambar merupakan bagian terbesar, diikuti oleh teks.

Popular