Connect with us

Academy

Apa Itu Bitcoin dan Bagaimana Cara Mendapatkannya? (Update 2023)

Published

on

Ilustrasi Bitcoin.

Apa Itu Bitcoin?

Bitcoin merupakan aset digital yang tidak diatur oleh bank pusat seperti mata uang fiat yang umum. Sistem keuangan Bitcoin dioperasikan oleh ribuan komputer di seluruh dunia, dan siapa saja dapat bergabung dengan sistem ini dengan mengunduh perangkat lunak open-source.

Sebagai mata uang kripto pertama yang diperkenalkan pada tahun 2008 dan diluncurkan pada 2009, Bitcoin (dengan huruf kecil “b” atau BTC) memungkinkan pengiriman dan penerimaan uang digital. Kelebihannya meliputi ketahanan terhadap sensor, pengeluaran dana yang tidak dapat diulang, dan kemampuan untuk melakukan transaksi kapan saja dan dari mana saja.

Baca berita Bitcoin terbaru

Mengapa Menggunakan Bitcoin?

Beberapa alasan mengapa orang memilih Bitcoin termasuk sifatnya yang bebas izin, di mana siapa pun dengan koneksi internet dapat mengirim dan menerima Bitcoin. Fungsinya mirip dengan uang tunai dalam bentuk digital yang dapat dikirim ke mana saja tanpa ada yang bisa menghentikannya.

Apa yang Membuat Bitcoin Berharga?

Bitcoin memiliki sifat terdesentralisasi, tahan sensor, aman, dan tanpa batasan. Hal ini membuatnya menarik untuk pengiriman uang dan pembayaran internasional tanpa perlu mengungkapkan identitas pengguna.

Banyak orang memilih untuk menyimpan Bitcoin jangka panjang (hodling) karena sifatnya yang langka dan persediaan terbatas, membuatnya mirip dengan emas atau perak. Pemegang Bitcoin yakin nilai mata uang ini akan terus meningkat sepanjang waktu.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Ketika Alice mengirim uang ke Bob, ia tidak menyerahkan uang secara fisik. Sebaliknya, Alice mencatat di lembar kertas (yang dapat dilihat oleh semua orang) bahwa ia memberikan sejumlah uang kepada Bob.

Advertisement

Ketika Bob mengirim dana ke Carol, Carol dapat melihat bahwa Bob memiliki uang tersebut dengan melihat lembaran kertas. Lembaran kertas ini merupakan database khusus yang disebut blockchain.

cara kerja bitcoin

Bagaimana Blockchain Bekerja?

Blockchain adalah buku besar yang hanya dapat ditambahkan. Setelah informasi dimasukkan, sangat sulit untuk mengubah atau menghapusnya. Setiap blok dalam blockchain memiliki hash yang menghubungkannya dengan blok sebelumnya, membuat struktur ini aman.

Apakah Bitcoin Legal?

Bitcoin legal di sebagian besar negara, tetapi ada beberapa pengecualian. Di negara-negara di mana Bitcoin legal, pemerintah mengambil pendekatan yang berbeda dalam mengenakan pajak.

Sejarah Bitcoin

Siapa Pencipta Bitcoin?

Identitas pencipta Bitcoin, yang menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto, masih menjadi misteri. Satoshi mungkin merupakan individu atau kelompok pengembang yang berada di mana saja di dunia.

Apakah Satoshi Menciptakan Teknologi Blockchain?

Bitcoin menggabungkan beberapa teknologi yang sudah ada sebelumnya. Konsep rantai blok sudah ada sebelum Bitcoin, dan teknologi ini dapat ditelusuri hingga awal tahun 1990-an. Namun, Satoshi tidak menggunakan istilah “blockchain” dalam white papernya.

Uang Digital Sebelum Bitcoin

Sebelum Bitcoin, ada beberapa upaya untuk menciptakan uang digital. Berikut beberapa contohnya:

DigiCash

Advertisement

DigiCash adalah perusahaan yang didirikan oleh kriptografer dan ilmuwan komputer David Chaum pada akhir 1980-an. Berfokus pada privasi transaksi online, DigiCash mengusung sistem yang terpusat. Namun, perusahaan ini akhirnya bangkrut, mungkin karena belum waktunya untuk e-commerce.

B-money

B-money adalah proposal oleh ilmuwan komputer Wei Dai yang diterbitkan pada tahun 1990-an. Ide ini diutip dalam white paper Bitcoin dan mengusulkan sistem Proof of Work dan database terdistribusi. B-money tidak pernah diluncurkan, tetapi konsepnya menginspirasi Bitcoin.

Bit Gold

Ilmuwan komputer Nick Szabo menciptakan Bit Gold, yang serupa dengan Bitcoin dan membuat beberapa orang menduga Szabo sebagai Satoshi Nakamoto. Bit Gold terdiri dari buku besar yang mencatat data dari operasi Proof of Work. Meski tidak dikembangkan lebih jauh, Bit Gold dianggap sebagai “prekursor Bitcoin”.

Meskipun ada beberapa upaya sebelumnya untuk menciptakan aset digital, Bitcoin adalah yang paling sukses dan menjadi pionir dalam teknologi aset kripto. Saat ini, banyak mata uang kripto lainnya telah muncul, mengikuti jejak Bitcoin dan menciptakan ekosistem mata uang digital yang semakin kompleks dan dinamis.

Baca juga : Apa Itu Bitcoin Ordinals? Alternatif NFT untuk Blockchain BTC

Advertisement

Asal Bitcoin

Bagaimana bitcoin baru dibuat?

Bitcoin memiliki jumlah yang terbatas dan belum seluruhnya beredar. Cara untuk menghasilkan bitcoin adalah melalui proses penambangan, yang merupakan mekanisme khusus untuk menambah data ke dalam blockchain.

Berapa total bitcoin?

Protokol Bitcoin menetapkan jumlah maksimum sebanyak 21 juta koin. Hingga 2020, hampir 90% telah dibuat, tetapi memerlukan waktu lebih dari seratus tahun untuk menciptakan sisanya. Hal ini disebabkan oleh peristiwa yang disebut “halving“, yang secara periodik mengurangi hadiah penambangan.

Bagaimana penambangan Bitcoin bekerja?

Penambang menambahkan blok ke blockchain dengan memecahkan teka-teki kriptografi menggunakan daya komputasi.

Sebagai insentif, hadiah diberikan kepada penambang yang memasukkan blok valid. Biaya untuk membuat blok cukup tinggi, namun memeriksa kevalidannya murah. Jika seseorang mencoba menambahkan blok tidak valid, jaringan akan menolaknya dan penambang tersebut tidak akan mendapatkan hadiah.

Hadiah penambangan, yang dikenal sebagai “block reward, terdiri dari biaya transaksi dan subsidi blok. Subsidi blok adalah sumber tunggal Bitcoin baru. Setiap blok yang ditambang menambah jumlah total koin.

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk menambang satu blok?

Protokol mengatur kesulitan penambangan sehingga diperlukan waktu sekitar 10 menit untuk menemukan blok baru. Waktu yang diperlukan untuk menemukan blok berfluktuasi di sekitar nilai ini.

Halving Bitcoin

Apa itu Halving Bitcoin?

Halving Bitcoin (juga dikenal sebagai Halving Bitcoin) adalah peristiwa pengurangan hadiah blok. Saat halving terjadi, hadiah yang diberikan kepada penambang untuk memvalidasi blok akan berkurang 50% (menerima setengah dari jumlah sebelumnya). Namun, ini tidak mempengaruhi biaya transaksi.

Advertisement

Bagaimana Halving Bitcoin bekerja?

Saat Bitcoin diluncurkan, penambang menerima hadiah 50 BTC untuk setiap blok valid. Halving pertama terjadi pada 28 November 2012, di mana subsidi blok berkurang dari 50 BTC menjadi 25 BTC. Halving kedua terjadi pada 9 Juli 2016 (25 BTC menjadi 12,5 BTC). Halving berikutnya diperkirakan pada Mei 2020, dengan subsidi menjadi 6,25 BTC.

Anda mungkin melihat pola di sini, dimana halving terjadi setiap empat tahun. Memang, hal ini telah didesain, tetapi protokol tidak menetapkan tanggal tertentu. Halving terjadi berdasarkan ketinggian blok – setiap 210.000 blok. Diperkirakan bahwa subsidi akan berkurang 50% setiap 2.100.000 menit (mengingat membutuhkan 10 menit untuk menambang satu blok).

bagaimana bitcoin halving bekerja

Grafik di atas menunjukkan penurunan subsidi blok seiring waktu dan hubungannya dengan persediaan total. Pada awalnya, tampaknya hadiah menurun menjadi nol dan persediaan maksimum telah beredar. Namun, ini bukan kasusnya. Tren pada kurva sangat dekat, tetapi diperkirakan subsidi akan mencapai nol sekitar tahun 2140.

Mengapa Halving Bitcoin terjadi?

Salah satu nilai jual Bitcoin adalah persediaan terbatas, meskipun Satoshi Nakamoto tidak menjelaskan alasan membatasi pasokan hingga 21 juta unit. Beberapa berpendapat bahwa hal ini terkait dengan subsidi blok 50 BTC yang berkurang setiap 210.000 blok.

Persediaan terbatas berarti mata uang tersebut tidak rentan terhadap penurunan nilai dalam jangka panjang, berbeda dengan uang fiat yang kehilangan daya beli seiring waktu.

Maka, batasan kecepatan penambangan koin masuk akal. Dengan mekanisme halving, insentif penambangan akan ada selama lebih dari 100 tahun. Hal ini memberikan waktu bagi sistem untuk menarik pengguna dan mengembangkan pasar biaya.

Apa Dampak Halving Bitcoin?

Pihak yang paling terpengaruh adalah penambang, karena subsidi blok merupakan bagian penting pendapatan mereka. Saat berkurang, mereka menerima setengah dari biasanya, termasuk biaya transaksi.

Advertisement

Halving dapat membuat penambangan tidak menguntungkan, sehingga beberapa peserta berhenti menambang. Dampak ini pada industri lebih luas belum diketahui. Pengurangan hadiah blok mungkin membuat penambangan lebih terpusat atau merangsang penambangan yang lebih efisien.

Jika Bitcoin bergantung pada algoritma Proof of Work, biaya harus dinaikkan agar penambangan tetap menguntungkan. Skenario ini sangat mungkin, karena blok dapat menyimpan banyak transaksi. Jika terdapat banyak transaksi yang tertunda, transaksi dengan biaya lebih tinggi akan diproses terlebih dahulu.

Secara historis, harga Bitcoin meningkat tajam setelah halving. Namun, data terkait hal ini terbatas, karena baru terjadi dua kali. Banyak yang menghubungkan pergerakan harga dengan apresiasi pasar terhadap kelangkaan Bitcoin yang dipicu oleh halving. Para pendukung teori ini yakin bahwa nilai Bitcoin akan meningkat lagi setelah halving berikutnya pada Mei 2020.

Sebaliknya, ada yang tidak setuju dengan logika tersebut, berpendapat bahwa pasar telah memperhitungkan halving dalam harga saat ini (lihat Hipotesis Pasar Efisien). Peristiwa halving bukanlah kejutan, karena para peserta telah mengetahui lebih dari satu dekade bahwa hadiah akan berkurang pada Mei 2020.

Argumen lain yang sering muncul adalah bahwa industri ini telah berkembang pesat sejak dua halving pertama. Saat ini, industri ini lebih terkenal, menawarkan alat perdagangan canggih, dan mengakomodasi investor yang lebih luas.

Kapan Halving Bitcoin berikutnya terjadi?

Halving berikutnya diperkirakan akan terjadi pada Mei 2020, di mana hadiah akan berkurang menjadi 6,25 BTC.

Kesalahpahaman Seputar Bitcoin

Apakah Bitcoin benar-benar anonim?

Tidak sepenuhnya. Meskipun Bitcoin tampaknya anonim pada awalnya, kenyataannya bukan demikian. Blockchain Bitcoin terbuka untuk umum, dan semua orang dapat melihat transaksi yang terjadi.

Advertisement

Identitas Anda tidak langsung terhubung dengan alamat dompet di blockchain, tetapi pihak yang memiliki sumber data yang memadai bisa mengaitkan keduanya. Lebih tepatnya, Bitcoin bersifat pseudonim.

Alamat Bitcoin dapat dilihat oleh siapa saja, namun identitas pemiliknya tidak.

Dalam hal ini, sistem ini relatif lebih privat, dan ada metode yang bisa digunakan untuk menyulitkan pihak yang ingin mengetahui apa yang Anda lakukan dengan Bitcoin Anda.

Teknologi yang tersedia saat ini bisa “memutus hubungan” antara alamat yang berbeda. Selain itu, inovasi di masa depan bisa meningkatkan privasi secara signifikan – misalnya, lihat Transaksi Konfidensial.

Apakah Bitcoin merupakan penipuan?

Tidak. Sama seperti uang fiat, Bitcoin juga bisa digunakan untuk kegiatan ilegal. Namun, ini tidak berarti bahwa Bitcoin adalah penipuan.

Bitcoin adalah mata uang digital yang tidak diatur oleh pihak manapun. Beberapa kritikus menyebutnya sebagai skema piramida, namun ini jelas tidak benar karena tidak sesuai dengan definisi skema piramida.

Sebagai mata uang digital, Bitcoin berfungsi sama efektifnya baik dengan nilai US$ 20 atau US$ 20.000 per koin. Sudah lebih dari satu dekade, teknologi Bitcoin terbukti sangat aman dan dapat diandalkan.

Advertisement

Namun, perlu diwaspadai bahwa Bitcoin kerap digunakan dalam berbagai penipuan. Penipuan bisa beragam, mulai dari phishing hingga rekayasa sosial seperti giveaway dan airdrop palsu. Ingatlah aturan umum: jika sesuatu terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, kemungkinan itu adalah penipuan.

Jangan pernah memberikan kunci privat atau seed phrase Anda kepada siapa pun, dan waspadai skema yang menjanjikan penggandaan uang dengan risiko rendah. Jika Anda mengirim koin Anda ke penipu atau giveaway palsu, jangan berharap untuk mendapatkannya kembali.

Apakah Bitcoin hanyalah gelembung?

Selama kenaikan harga Bitcoin yang drastis, sering kali orang menyebutnya sebagai gelembung spekulatif. Banyak ekonom membandingkan Bitcoin dengan fenomena Tulip Mania atau gelembung dot-com.

Karena sifat unik Bitcoin sebagai komoditas digital terdesentralisasi, harganya sepenuhnya ditentukan oleh spekulasi di pasar bebas. Banyak faktor yang mempengaruhi harga Bitcoin, yang pada akhirnya mempengaruhi penawaran dan permintaan pasar. Karena Bitcoin langka, diharapkan permintaan jangka panjang akan melampaui persediaan yang ada.

Pasar mata uang kripto masih relatif kecil dibandingkan dengan pasar keuangan tradisional. Hal ini menyebabkan Bitcoin dan aset kripto lainnya cenderung lebih volatil, dan sering kali terjadi ketidakseimbangan pasar jangka pendek antara penawaran dan permintaan.

Dalam hal ini, Bitcoin saat ini memang merupakan aset yang mudah mengalami perubahan harga. Tetapi sifat volatil ini adalah bagian dari pasar keuangan, terutama pasar-pasar yang memiliki volume dan likuiditas yang relatif rendah.

Apakah Bitcoin menggunakan enkripsi?

Tidak. Ini adalah kesalahpahaman yang umum. Blockchain Bitcoin tidak menggunakan enkripsi. Setiap simpul (peer) dalam jaringan harus dapat membaca transaksi untuk memastikan bahwa transaksi tersebut valid.

Advertisement

Yang digunakan adalah tanda tangan digital dan fungsi hash. Meskipun beberapa algoritma tanda tangan digital memang menggunakan enkripsi, hal ini tidak berlaku untuk Bitcoin.

Namun, perlu diingat bahwa banyak aplikasi dan dompet kripto menggunakan enkripsi untuk melindungi pengguna dengan kata sandi.

Akan tetapi, metode enkripsi ini tidak ada hubungannya dengan blockchain – karena enkripsi hanya dimasukkan ke dalam teknologi lain yang memanfaatkannya.

Skalabilitas Bitcoin

Apa itu skalabilitas?

Skalabilitas mengacu pada kemampuan sistem untuk tumbuh dan mengakomodasi peningkatan permintaan. Contohnya, jika situs web Anda mengalami peningkatan permintaan, Anda dapat menambahkan lebih banyak server.

Demikian pula, jika Anda ingin menjalankan aplikasi yang lebih intensif di komputer, dapat meningkatkan komponennya.

Dalam konteks aset kripto, istilah ini digunakan untuk menjelaskan kemampuan untuk meningkatkan kapasitas blockchain agar dapat memproses jumlah transaksi yang lebih tinggi.

Baca juga : Panduan Bitcoin Lightning Network untuk Pemula

Advertisement

Mengapa kapasitas Bitcoin perlu ditingkatkan?

Agar dapat digunakan untuk pembayaran sehari-hari, Bitcoin harus cepat. Saat ini, Bitcoin memiliki throughput yang relatif rendah, yang berarti jumlah transaksi yang dapat diproses per blok terbatas.

Penambang menerima biaya transaksi sebagai bagian dari hadiah blok. Pengguna menambahkan biaya ini ke transaksi mereka untuk memberi insentif kepada penambang agar memasukkan transaksi mereka ke dalam blockchain.

Penambang berusaha untuk mengembalikan modal dari penggunaan perangkat keras dan listrik, sehingga mereka memprioritaskan transaksi dengan biaya yang lebih tinggi. Jika ada banyak transaksi dalam “ruang tunggu” jaringan (mempool), biaya dapat meningkat secara signifikan karena pengguna bersaing agar transaksi mereka diproses lebih dahulu. Setidaknya, biaya rata-rata di atas US$ 50.

Berapa banyak transaksi yang dapat diproses oleh Bitcoin?

Berdasarkan jumlah rata-rata transaksi per blok, saat ini Bitcoin dapat mengelola sekitar lima transaksi per detik. Ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan solusi pembayaran tersentralisasi.

Karena Bitcoin tidak dikelola oleh pusat data yang dapat ditingkatkan kapan saja oleh satu entitas, ukuran blok harus dibatasi. Ukuran blok yang memungkinkan 10.000 transaksi per detik dapat diintegrasikan, tetapi ini akan mengorbankan desentralisasi jaringan.

Ingat bahwa full node perlu mengunduh informasi baru kira-kira setiap sepuluh menit. Jika beban terlalu berat, jaringan mungkin akan offline.

Jika protokol ini digunakan untuk pembayaran, para pendukung Bitcoin percaya ada cara lain yang lebih efektif untuk mencapai skalabilitas, dan itu harus dicapai.

Advertisement

Apa itu Jaringan Lightning?

Jaringan Lightning adalah solusi skalabilitas Bitcoin. Ini disebut solusi layer 2 karena menggeser transaksi dari blockchain. Semua transaksi tidak dicatat pada base layer, melainkan dipindahkan ke protokol lain yang dibangun di atasnya.

Jaringan Lightning memungkinkan pengguna untuk mengirim dana dengan cepat dan hampir gratis. Tidak ada batasan throughput (selama pengguna memiliki kapasitas untuk mengirim dan menerima).

Untuk menggunakan Jaringan Lightning Bitcoin, dua peserta mengunci sebagian koin mereka di alamat khusus. Alamat tersebut memiliki properti unik – hanya melepaskan bitcoin jika kedua pihak setuju.

Dari situ, para pihak menyimpan buku besar pribadi yang memungkinkan pergeseran saldo tanpa mengumumkannya ke rantai utama. Mereka hanya mempublikasikan transaksi ke blockchain saat semuanya selesai.

Kemudian, protokol memperbarui saldo mereka. Perlu dicatat bahwa mereka juga tidak perlu saling memercayai. Jika seseorang mencoba menipu, protokol akan mendeteksi dan memberikan hukuman.

Secara keseluruhan, saluran pembayaran seperti ini hanya memerlukan dua transaksi on-chain dari pengguna – satu untuk mendanai alamat mereka dan satu lagi untuk mengeluarkan koin di kemudian hari.

Ini berarti bahwa ribuan transfer dapat dilakukan secara bersamaan. Dengan pengembangan dan optimisasi lebih lanjut, teknologi ini berpotensi menjadi komponen penting untuk sistem blockchain yang lebih besar.

Advertisement

Untuk penjelasan lebih mendalam tentang skalabilitas dan potensi solusi, Anda bisa membaca Skalabilitas Blockchain – Sidechain dan Saluran Pembayaran.

Apa itu fork?

Karena Bitcoin bersifat open-source, siapa pun dapat memodifikasi perangkat lunak ini. Anda dapat menambahkan aturan baru atau menghapus yang lama sesuai kebutuhan.

Namun, tidak semua perubahan memiliki efek yang sama: beberapa pembaruan akan membuat node Anda tidak kompatibel dengan jaringan, sementara yang lain akan menjadi backward-compatible.

Soft fork

Soft fork adalah perubahan pada aturan yang memungkinkan node yang diperbarui untuk berinteraksi dengan node lama.

Sebagai contoh, mari kita ambil ukuran blok. Misalnya, kita memiliki ukuran blok 2MB, dan setengah dari jaringan mengimplementasikan perubahan – mulai saat itu, semua blok tidak boleh melebihi 1MB. Jika ada yang berukuran lebih besar, akan langsung ditolak.

Node lama masih dapat menerima blok ini. Artinya, semua node tetap menjadi bagian dari jaringan yang sama, terlepas dari versi yang mereka jalankan.

Bitcoin Segregated Witness (atau SegWit) adalah contoh soft fork. Dengan teknik pintar, memperkenalkan blok dan transaksi dengan format baru. Node lama terus menerima blok, tetapi mereka tidak memvalidasi jenis transaksi baru.

Advertisement

Hard fork

Hard fork lebih rumit. Misalkan sekarang setengah dari jaringan ingin meningkatkan ukuran blok dari 2MB menjadi 3MB.

Jika Anda mencoba mengirim blok 3MB ke node lama, node akan menolaknya karena aturan yang jelas menyatakan bahwa 2MB adalah ukuran maksimum yang dapat mereka terima. Karena kedua jaringan tidak lagi kompatibel, blockchain terbagi menjadi dua.

hard fork

Pada gambar di atas, rantai hitam adalah rantai awal. Hard fork terjadi pada blok 2. Di sini, node yang telah ditingkatkan mulai menghasilkan blok yang lebih besar (berwarna hijau).

Node lama tidak mengenali ini, sehingga mereka melanjutkan jalur yang berbeda. Kini ada dua blockchain, tetapi sebelum blok 2, mereka adalah blockchain yang sama.

Sekarang ada dua protokol yang berbeda, masing-masing memiliki mata uangnya sendiri. Semua saldo pada protokol lama disalin, yang berarti jika Anda memiliki 20 BTC pada rantai asli, Anda akan memiliki 20 NewBTC pada rantai baru.

Pada tahun 2017, Bitcoin mengalami hard fork yang kontroversial dalam skenario yang mirip dengan gambar di atas. Sebagian kecil peserta ingin menambah ukuran blok untuk memastikan throughput yang lebih tinggi dan biaya transaksi yang lebih murah.

Sementara peserta lain menganggapnya sebagai strategi skalabilitas yang buruk. Akhirnya, hard fork melahirkan Bitcoin Cash (BCH), yang terpisah dari jaringan Bitcoin dan sekarang memiliki komunitas dan roadmap yang independen.

Advertisement

Berpartisipasi dalam Jaringan Bitcoin

Apa itu Node Bitcoin?

Node Bitcoin merujuk pada suatu program yang terlibat dengan jaringan Bitcoin dengan cara yang spesifik. Program ini berkisar mulai dari ponsel yang menjalankan wallet Bitcoin hingga komputer yang khusus menyimpan salinan lengkap dari blockchain.

Ada beberapa jenis node, masing-masing dengan fungsi unik. Semua node ini berfungsi sebagai titik komunikasi dalam jaringan. Dalam sistem ini, node-node tersebut mentransfer informasi tentang transaksi dan blok.

Bagaimana Node Bitcoin Bekerja?

Full Node

Full node memvalidasi transaksi dan blok berdasarkan persyaratan tertentu (aturan). Kebanyakan full node menjalankan Bitcoin Core, suatu implementasi spesifik protokol Bitcoin.

Bitcoin Core adalah program yang dirilis oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009, yang kemudian berganti nama untuk menghindari kebingungan.

Implementasi lain dapat digunakan selama kompatibel dengan Bitcoin Core. Full node sangat penting untuk mendukung desentralisasi Bitcoin.

Node ini mengunduh, memvalidasi, dan menyebarkan blok dan transaksi ke jaringan. Karena node ini memverifikasi informasi secara mandiri, pengguna tidak perlu bergantung pada pihak ketiga.

Peta penyebaran full node Bitcoin secara global

Penyebaran full node Bitcoin secara global. Sumber: bitnodes.earn.com.

Full archival node menyimpan salinan lengkap dari blockchain. Namun, beberapa pengguna membuang blok lama untuk menghemat ruang penyimpanan, mengingat blockchain Bitcoin mengandung lebih dari 200GB data transaksi.

Light Node

Light node tidak sekuat full node, tetapi lebih hemat energi. Node ini memungkinkan pengguna berinteraksi dengan jaringan tanpa menjalankan semua operasi full node.

Advertisement

Full node mengunduh dan memvalidasi semua blok, sementara light node hanya mengunduh sebagian dari setiap blok (block header). Meskipun block header berukuran kecil, informasinya memungkinkan pengguna memeriksa keberadaan transaksi mereka di blok tertentu.

Light node cocok untuk perangkat dengan bandwidth atau kapasitas terbatas dan umumnya digunakan pada dompet desktop dan seluler. Namun, karena tidak melakukan validasi, light node bergantung pada full node.

Mining Node

Mining node adalah full node yang memiliki tugas tambahan, yaitu memproduksi blok. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, penambahan data ke blockchain memerlukan peralatan dan perangkat lunak khusus.

Mining node menerima transaksi yang tertunda dan melakukan hash bersama dengan informasi lain untuk menghasilkan angka. Jika angkanya di bawah target yang ditetapkan oleh protokol, blok tersebut valid dan dapat disebarkan ke full node lainnya.

Namun, untuk menambang secara mandiri, penambang perlu menjalankan full node. Jika tidak, mereka tidak akan mengetahui transaksi mana yang harus dimasukkan ke dalam blok.

Jika peserta ingin menambang tetapi tidak ingin menggunakan full node, mereka dapat bergabung dengan server yang menyediakan informasi yang diperlukan. Jika menambang dalam pool (kolaborasi dengan orang lain), hanya satu orang yang perlu menjalankan full node.

Untuk memahami perbedaan antara berbagai jenis node, Anda dapat membaca materi mengenai Apa Itu Node?

Advertisement

Cara Menjalankan Full Node Bitcoin

Full node bermanfaat bagi pengembang, pedagang, dan pengguna akhir. Menjalankan Bitcoin Core pada perangkat keras Anda sendiri memberikan privasi dan keamanan yang lebih tinggi, serta memperkuat jaringan Bitcoin secara keseluruhan. Dengan full node, Anda tidak lagi bergantung pada pihak lain untuk berinteraksi dengan ekosistem.

Beberapa perusahaan berorientasi pada Bitcoin menawarkan node plug-and-play. Perangkat keras yang telah dirakit sebelumnya dikirim ke pengguna, yang hanya perlu menyalakannya untuk mulai mengunduh blockchain.

Ini lebih nyaman bagi mereka yang kurang memiliki pengetahuan teknis, tetapi biasanya lebih mahal daripada merakit sendiri.

Sebenarnya, PC atau laptop tua sudah cukup. Namun, tidak disarankan untuk menjalankan node pada komputer Anda sehari-hari karena dapat memperlambat kinerjanya secara signifikan. Blockchain terus berkembang, jadi pastikan Anda memiliki memori yang cukup untuk mengunduhnya.

Hard drive berkapasitas 1TB cukup untuk beberapa tahun ke depan, asalkan tidak ada perubahan besar pada ukuran blok. Persyaratan lainnya adalah 2GB RAM (kebanyakan komputer memiliki lebih dari ini) dan banyak bandwidth.

Selanjutnya, Anda dapat mengikuti panduan lengkap Menjalankan Full Node dari bitcoin.org.

Menambang Bitcoin

Cara Menambang Bitcoin

Pada awal kemunculan Bitcoin, dimungkinkan untuk menciptakan blok baru dengan laptop konvensional. Sistem ini belum populer saat itu, sehingga persaingan dalam penambangan masih minim.

Advertisement

Karena aktivitas sangat terbatas, protokol secara alami membuat tingkat kesulitan proses penambangan rendah.

Seiring meningkatnya tingkat hash jaringan, peserta perlu meningkatkan perangkat keras mereka agar tetap kompetitif. Setelah melalui transisi berbagai jenis perangkat keras, industri pertambangan akhirnya memasuki era Application-Specific Integrated Circuit (ASIC).

Seperti namanya, perangkat ini dirancang khusus untuk tujuan tertentu. Sangat efisien, tetapi hanya mampu melakukan satu tugas.

Jadi, mining ASIC adalah komputer khusus yang hanya digunakan untuk menambang, tidak ada tujuan lain. Bitcoin ASIC hanya dapat menambang Bitcoin, tetapi tidak dapat menambang koin yang menggunakan algoritma berbeda.

Menambang Bitcoin saat ini memerlukan investasi yang cukup besar, tidak hanya dalam perangkat keras tetapi juga dalam energi.

Pada saat artikel ini ditulis, perangkat penambangan yang baik melakukan lebih dari sepuluh triliun operasi per detik.

Meskipun efisien, penambang ASIC mengonsumsi listrik dalam jumlah besar. Kecuali Anda memiliki akses ke beberapa rig penambangan dan listrik murah, Anda tidak akan menghasilkan keuntungan dengan menambang Bitcoin.

Advertisement

Namun, dengan peralatan yang ada, menyiapkan operasi penambangan Anda relatif mudah – banyak ASIC sudah dilengkapi dengan perangkat lunak mereka sendiri.

Opsi paling populer adalah menambang di mining pool, di mana Anda bekerja sama dengan orang lain untuk menemukan blok. Jika berhasil, Anda akan menerima bagian dari reward blok sebanding dengan tingkat hash yang Anda kontribusikan.

Anda juga dapat memilih untuk menambang secara individual, bekerja sendiri. Probabilitas menghasilkan blok akan lebih rendah, tetapi Anda akan menyimpan semua reward jika Anda menemukan blok yang valid.

Baca juga : 4 Cara Mining Bitcoin Paling Mudah, Pasti Auto Cuan!

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Menambang Satu Bitcoin?

Sulit untuk memberikan jawaban yang pasti untuk pertanyaan ini, karena ada sejumlah variabel yang perlu dipertimbangkan. Seberapa cepat Anda dapat menambang koin tergantung pada jumlah listrik dan tingkat hash yang tersedia untuk Anda. Anda juga harus memperhitungkan biaya operasional perangkat penambangan.

Untuk mendapatkan gambaran tentang pendapatan yang dihasilkan dari penambangan Bitcoin, Anda dapat menggunakan kalkulator penambangan untuk memperkirakan biaya.

Siapa yang Dapat Berkontribusi pada Kode Bitcoin?

Perangkat lunak Bitcoin bersifat open-source, yang berarti siapa saja dapat berkontribusi. Anda dapat mengusulkan atau meninjau fitur baru untuk ditambahkan ke lebih dari 70.000 baris kode yang sudah ada. Anda juga dapat melaporkan bug, atau menerjemahkan dan memperbarui dokumentasi.

Advertisement

Perubahan pada perangkat lunak dilakukan melalui proses peninjauan yang ketat. Lagi pula, perangkat lunak yang menangani ratusan miliar dolar harus bebas dari kerentanan apa pun.

Jika Anda tertarik untuk berkontribusi ke Bitcoin dan ingin terlibat, pastikan Anda melihat halaman blog milik Jimmy Song, atau situs web Bitcoin Core.

Dalam kesimpulan, partisipasi di dalam jaringan Bitcoin melibatkan berbagai jenis node dengan fungsi dan kapabilitas yang berbeda.

Full node memastikan keaslian informasi dan memperkuat desentralisasi jaringan, sementara light node dan mining node memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan jaringan dengan kapasitas yang lebih terbatas.

Menjalankan full node dan menambang Bitcoin memerlukan pengetahuan teknis dan investasi dalam perangkat keras, tetapi kontribusi Anda akan membantu memperkuat ekosistem Bitcoin secara keseluruhan.

Sumber : Binance Academy Indonesia

Advertisement

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular