Connect with us

Business

Elon Musk Ingin Twitter Jadi Lembaga Keuangan, Libatkan Kripto?

Published

on

Ilustrasi Elon Musk beli Twiiter. Foto: Jakub Porzycki/NurPhoto via Getty Image.

Pemilik Twitter, Elon Musk mengatakan ambisinya untuk membuat platform media sosial itu sebagai lembaga keuangan terbesar di dunia. Pernyataan Musk tersebut disampaikan selama konferensi pada 7 Maret dan sedikit bicara soal tujuan Twitter jadi layanan pembayaran terkemuka.

Dikutip CryptoSlate, Musk ingin Twitter menjadi platform layanan pembayaran. Dalam sebuah wawancara dengan eksekutif Morgan Stanley Michael Grimes, Musk berkata:

“Saya pikir menjadi lembaga keuangan terbesar di dunia adalah mungkin, hanya dengan menyediakan opsi pembayaran yang nyaman bagi orang-orang.”

Musk menambahkan bahwa dia ingin menawarkan “pengalaman keuangan yang kuat” yang lebih unggul dari PayPal, menggemakan komentar yang dia buat pada akhir tahun 2022 tentang Twitter menjadi aplikasi all-in-one.

Libatkan Kripto?

Elon Musk usul Twitter dan Tesla terima pembayaran pakai Dogecoin. Foto: PCmag.
Elon Musk usul Twitter dan Tesla terima pembayaran pakai Dogecoin. Foto: PCmag.

Baca juga: Market Kripto Tertekan, The Fed Mau Naikan Suku Bunga Lebih Tinggi?

Musk tidak menyatakan apakah fitur pembayaran Twitter mungkin melibatkan kripto. Namun, sebelum akuisisi Twitter oleh Musk, dia diharapkan untuk memperkenalkan berbagai fitur cryptocurrency. Pada April 2022, dia mengisyaratkan : “Mungkin opsi untuk membayar di Doge?”

Kemudian, pada September 2022, pesan yang bocor mengungkapkan bahwa Musk secara singkat mempertimbangkan integrasi blockchain yang lebih dalam dengan penyimpanan pesan on-chain dan transaksi mikro. Namun, karena rencananya untuk membeli Twitter berkembang, Musk meninggalkan rencana untuk mengintegrasikan cryptocurrency dan memutuskan bahwa Twitter berbasis blockchain “tidak mungkin.”

Musk baru-baru ini menyinggung sikapnya yang tidak konsisten terhadap cryptocurrency. Pada 3 Maret, dia men-tweet: “Saya dulu di kripto, tapi sekarang saya tertarik pada AI.” Terlepas dari nada cuitannya, nilai Dogecoin (DOGE) turun 7,5% dalam satu jam.

Advertisement

Meskipun Musk belum mengintegrasikan kripto dengan Twiter, platform tersebut memperkenalkan fitur-fitur kecil — seperti dukungan NFT dan tip ETH — sebelum kedatangannya pada Oktober 2022.

Musk Menjauh dari Kripto

Baca juga: 5 Aset Kripto Teratas Layak Dipantau pada Maret 2023

Bersamaan kabar ambisi Twitter jadi platform layanan pembayaran, Musk juga diisukan tengah menjauh dari ruang kripto. Pria miliarder itu pada Jumat (3/3) lalu mengejutkan para pengikutnya dengan mengatakan dia sekarang mengalihkan perhatiannya ke kecerdasan buatan.

“Saya dulu di kripto, tapi sekarang saya tertarik pada AI,” tweet miliarder itu, langsung menjatuhkan harga Dogecoin (DOGE).

Musk telah menjadi salah satu pendukung Dogecoin yang lebih vokal, sering memengaruhi harganya dengan tweet-nya di masa lalu. Pada Februari lalu, Dogecoin hanya memiliki dampak bullish singkat, karena dengan cepat tergelincir lebih jauh ke bawah.

Popular