Bitcoin News

Bitcoin Dominance Raih Level Tertinggi, Tanda Tren Harga BTC Naik?

Published

on

Tingkat Bitcoin Dominance (BTCD) telah naik di tengah meningkatnya turbulensi di pasar kripto, dan baru-baru ini karena harga Bitcoin (BTC) juga mencapai level tertinggi dalam sembilan bulan.

BTC Dominance biasanya menjadi ukuran yang menggambarkan rasio antara kapitalisasi pasar Bitcoin dan kapitalisasi pasar aset kripto secara keseluruhan. Apabila nilai Bitcoin Dominance meningkat, maka nilai aset altcoin secara keseluruhan mengalami penurunan (downtrend) terhadap BTC.

Menurut data TradingView, Tingkat Bitcoin Dominance telah mencapai angkat tertinggi sembilan bulan sebesar 45,5%. BTCD terakhir mencapai lebih dari 45% pada 25 Juni 2022.

Lonjakan baru-baru ini terjadi di tengah gejolak pasar kripto dalam dua minggu terakhir akibat kegagalan bank yang ramah kripto, Silvergate dan Signature, serta kehancuran yang hampir terjadi pada sektor perbankan di AS secara meluas.

Dominasi Bitcoin secara historis meningkat selama periode tekanan tinggi karena BTC dianggap sebagai aset yang kurang stabil dibandingkan kebanyakan aset kripto lainnya.

Pangsa Pasar Bitcoin

Baca juga: Daftar 10 Kripto yang Diproyeksikan Berkinerja Baik di Tahun 2023

Keuntungan pangsa pasar BTC juga akhir-akhir ini bertepatan dengan lonjakan harga Bitcoin hampir tiga hari, yang melonjak melewati US$ 26.000 pada hari Selasa (7/3) untuk pertama kalinya sejak musim panas lalu setelah rilis data indeks harga konsumen (CPI) yang sedikit menguntungkan untuk bulan Februari 2023. Laporan CPI memicu lonjakan di seluruh pasar kripto.

Advertisement

BTC baru-baru ini diperdagangkan di atas US$ 25.643, naik 5.04% selama 24 jam terakhir dan melonjak dua digit dari posisi harga selama akhir pekan.

“Jalan Bitcoin Dominance umumnya dipandang sehat untuk pasar kripto, karena ini menandakan bahwa buih di pasar relatif rendah (trader kripto memilih untuk membeli Bitcoin daripada altcoin yang lebih spekulatif),” FundStrat Research mencatat dalam tweet Selasa (7/3).

Dikutip Coindesk, FundStrat mengatakan lonjakan tersebut dapat mencerminkan minat investor pada Bitcoin “ menyala kembali ketika bank tradisional seperti SVB gagal.”

Dominasi Bitcoin juga menguat sementara kerusuhan stablecoin telah muncul selama beberapa minggu terakhir, dengan USDC stablecoin terbesar kedua di dunia, berkurang dari dolar setelah runtuhnya Silicon Valley Bank. USDC baru-baru ini mendapatkan kembali pasaknya, tetapi ketidakpastian tentang jalur stablecoin ke depan tetap ada, terutama karena regulator telah meningkatkan pengawasan mereka terhadap aset ini.

Narasi Bitcoin Berubah

Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: Bitcoin Sulit Menuju US$ 25.000 Imbas Krisis Credit Suisse

Dengan peristiwa baru-baru ini yang semakin mendukung kenaikan Bitcoin setelah awal tahun yang mengesankan, opini keseluruhan tentang kinerja masa depan secara bertahap berubah menjadi positif setelah bear market yang suram.

Di antara pergeseran dalam perspektif adalah perusahaan perdagangan DecenTrader, yang menggambarkan “narasi” seputar Bitcoin sebagai “berubah bullish” dalam pembaruan pasar baru pada 16 Maret.

“Ini merupakan musim dingin yang panjang dan dingin untuk Bitcoin dan kripto. Namun, peristiwa baru-baru ini telah membantu melambungkan harga jangka pendek, dan yang terpenting telah mengubah narasi dari bearish menjadi bullish,” rangkum kontributor Miffy.

Advertisement

DecenTrader mengincar level harga BTC US$ 30.000 sebagai potensi target naik.

“Namun yang penting, kami telah melihat perubahan naratif besar untuk Bitcoin dengan pemisahan yang jelas dari pasar tradisional yang terus berjuang karena masalah ekonomi dan ledakan bank. Kami mungkin melihat kembali ke Bitcoin jika harganya naik lebih jauh dan kasus penggunaannya menjadi lebih jelas karena sistem perbankan tradisional terus krisis.”

Pastikan kamu hanya melakukan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah. Anda juga bisa menyimak berbagai informasi terbaru mengenai kripto dengan mengunjungi website TokocryptoInstagramTwitter, serta  komunitas Tokocrypto!

DISCLAIMERBukan saran atau ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset kripto masih berisiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.

Popular

Exit mobile version