Connect with us

Altcoin News

Harga Kripto Litecoin (LTC) Melonjak, Salip Kapitalisasi Pasar Shiba Inu

Published

on

Ilustrasi aset kripto Litecoin (LTC).

Aset kripto Litecoin (LTC) kini memimpin momentum kenaikan pasar karena sentimen kabar halving yang direncanakan terjadi pada Agustus tahun 2023. Menurut data dari CoinMarketCap, Litecoin diperdagangkan pada Jumat (24/3) pukul 13.00 WIB dengan harga US$ 95,09, naik 8,08% selama 24 jam terakhir.

Litecoin adalah salah satu perintis kripto yang dibuat pada tahun 2011 dengan kode berdasarkan protokol Bitcoin (BTC). Berdasarkan kesamaan antara kedua protokol sebagai jaringan proof-of-work (PoW), Litecoin juga mengalami halving event, yang dijadwalkan berikutnya jatuh tempo pada bulan Agustus tahun ini.

Tidaklah mengherankan bahwa momentum pertumbuhan Litecoin telah dipisahkan dari Bitcoin karena para investor sudah menetapkan harga untuk halving berikutnya . Menurut wawasan dari analis pasar kripto terkemuka Rekt Capital, kenaikan harga baru-baru ini dapat dikaitkan dengan peristiwa halving yang akan datang.

Halving Litecoin

Baca juga: Market Kripto Sinyal Bullish, Altcoin Mulai Alami Lonjakan Tinggi

Halving adalah proses on-chain di mana protokol aset kripto PoW membagi setengah hadiah yang dibayarkan kepada penambang. Ini bersifat deflasi dan umumnya terkait dengan kenaikan harga pada akhirnya.

Sejak diperkenalkan, Litecoin telah mengalami banyak tahapan siklus atau era pasar, termasuk musim dingin kripto baru-baru ini. Dengan selisih yang sangat lebar, aset kripto tetap menjadi tolok ukur utama ketahanan pertumbuhan harga terlepas dari prospek pasar.

Secara keseluruhan, Litecoin memiliki kurva adopsi yang luas sebagai token pembayaran, dan faktor-faktor ini menjadikannya primadona untuk pertumbuhan dalam jangka menengah hingga jangka panjang. Dibanding, Ethereum Classic (ETC) dan Solana (SOL), Litecoin memiliki Pengembalian Investasi (ROI) yang cukup baik, menurut data CoinMarketCap.

Advertisement

Salip Shiba Inu

Ilustrasi Shiba Inu.
Ilustrasi Shiba Inu.

Baca juga: Daftar 10 Kripto yang Diproyeksikan Berkinerja Baik di Tahun 2023

Litecoin telah membalik Shiba Inu dalam kapitalisasi pasar karena telah menunjukkan kinerja yang kuat. Aset tersebut sekarang telah mencopot koin meme dari posisi ke-13 dalam daftar, seperti yang ditunjukkan oleh data dari CoinMarketCap.

Sementara Litecoin mungkin memimpin untuk saat ini, jarak antara Litecoin dan Shiba Inu kurang dari US$ 250 juta. Ini berarti bahwa koin dapat dengan mudah jatuh lagi, jika tidak menjaga kinerjanya, atau SHIB mulai sedikit lebih baik daripada saat ini.

Namun, sementara ini tanda-tanda terlihat bagus untuk LTC dalam pertumbuhan jangka panjang, karena narasi bullish yang kuat dalam bentuk halving hanya beberapa bulan lagi sekarang. Ini adalah peristiwa periodik yang terjadi setiap empat tahun, dengan yang berikutnya diperkirakan terjadi pada bulan Agustus. Secara historis, halving memiliki efek bullish pada harga karena pasokan menjadi semakin langka setelahnya.

Popular