Connect with us

Altcoin News

Harga ETH Naik di Atas US$ 2K, Setelah Upgrade Ethereum Shanghai

Published

on

Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.

Ethereum (ETH) melanjutkan reli panjang baru-baru ini pada Jumat (14/4) pagi, naik di atas US$ 2.000 dalam sehari. Kenaikan ini terjadi setelah Ethereum berhasil menyelesaikan upgrade Shanghai yang telah lama dinantikan .

Aset kripto terbesar kedua berdasarkan nilai pasar baru-baru ini diperdagangkan pada US$ 2.015, naik lebih dari 5% selama 24 jam terakhir. Ethereum naik memimpin rebound pasar kripto pekan ini.

Pembaruan Shapella, juga disebut hard fork Ethereum Shanghai , melanjutkan transformasi jaringan Ethereum dari proof-of-work (PoW) menjadi mekanisme konsensus proof-of-stake (PoS) yang lebih hemat energi yang dimulai pada The Merge bulan September meningkatkan.

Dalam minggu-minggu menjelang Shapella, pengamat pasar telah menyimpang atas reaksi harga ETH, dengan beberapa memprediksi tekanan jual akan menurunkan harga tetapi yang lain melihat sedikit dampak atau bahkan kenaikan harga.

Analisis ETH

Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.
Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.

Baca juga: Pasar Kripto Bull Run: Altseason dan Sentimen Makroekonomi Positif

Diogo Monica, presiden dan salah satu pendiri Anchorage Digital, mengatakan investor akan lebih nyaman mengunci ETH, yang menyebabkan penurunan pasokan. Monica mencatat bahwa “ada likuiditas di rantai secara langsung”.

“Selain itu, permintaan meningkat dengan setiap pemutakhiran yang sukses di jaringan Ethereum, yang merupakan dua alasan utama mengapa harga tidak akan turun secara besar-besaran,” kata Monica dikutip Coindesk.

Monica menambahkan bahwa validator yang ingin keluar dari jaringan Ethereum harus bergabung dengan antrean keluar , dan akibatnya, investor institusional akan “tetap berada di pinggir” dari masa staking, setidaknya untuk saat ini.

Advertisement

Performa ETH di sekitar fork Shanghai akan lebih sedikit bergantung pada “teknis” dan lebih pada “risiko apa yang sebenarnya terjadi pada saat itu,” menurut laporan dari Coinbase Research sebelum peningkatan.

“Jika lingkungan perdagangan melihat aset berisiko dijual, orang mungkin memutuskan untuk melepas saham dan menjual ETH hanya untuk menghilangkan risiko, sementara institusi mungkin tidak mengambil langkah agresif di sisi pembelian,” tulis analis David Duong dan Brian Cubellis.

Gerak Harga Ethereum

Grafik harga harian ETH/USD. Sumber: TradingView.
Grafik harga harian ETH/USD. Sumber: TradingView.

Baca juga: Bappebti Dorong Penguatan Regulasi & Pembinaan Ekosistem Aset Kripto

Staking ETH Post-Shapella Upgrade akan tetap menjadi titik fokus. Diperkirakan tren kenaikan dalam mempertaruhkan untuk mendukung pergerakan menuju US$ 2.500. Sementara angka penjualan ritel AS, produksi industri, dan sentimen konsumen akan menjadi fokus lainnya. Statistik yang lebih lemah dari perkiraan akan menjadi bullish.

ETH perlu menghindari penurunan melalui pivot US$ 1.980 untuk menargetkan Level Resistensi Utama Ketiga (R3) di US$ 2.228. Pergerakan melalui tertinggi US$ 2.131 akan menandakan sesi breakout yang diperpanjang. Jika reli diperpanjang, bulls kemungkinan akan menguji resistensi di US$ 2.300.

Penurunan melalui pivot akan memainkan Level Dukungan Utama Pertama (S1) di US$ 1.935. Namun, kecuali penjualan pasar kripto yang dipicu oleh peristiwa, ETH harus menghindari di bawah US$ 1.900 dan Level Dukungan Utama Kedua (S2) di US$ 1.856. Level Dukungan Utama Ketiga (S3) berada di US$ 1.732.

Pastikan kamu hanya melakukan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah. Anda juga bisa menyimak berbagai informasi terbaru mengenai kripto dengan mengunjungi website TokocryptoInstagramTwitter, serta  komunitas Tokocrypto.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Advertisement

Popular