Connect with us

Market Analysis

Pasar Kripto Melonjak Tipis, Tanda Mulai Bangkit?

Published

on

Ilustrasi aset kripto

Pergerakan pasar kripto di awal pekan ini melonjak tipis. Harga Bitcoin kembali di atas US$ 27.000. Tapi, diprediksi sepanjang pekan ini kondisi pasar masih cenderung tertekan.

Trader Eksternal Tokocrypto, Fyqieh Fachrur menjelaskan pada Senin (15/5) pagi harga kripto Bitcoin terlihat mulai sedikit melonjak tipis yang dipengaruhi oleh adanya penurunan inflasi dan indikasi oversold dari investor yang memantul harga di US 26.807. Namun, Bitcoin masih dibayangi aksi ambil untung dan likuiditas rendah dengan latar belakang ketidakpastian yang berfokus pada industri dan makroekonomi.

Crypto Heat Map by Coin360.com.

Walau begitu investor harus memahami bahwa minggu ini akan ada banyak sentimen yang mungkin akan menekan laju pasar kripto yang naik tipis ini.  Investor harus memantau pidato sejumlah anggota The Fed, seperti Jerom Powell yang akan memberikan pendapat tentang kondisi ekonomi pada Jumat (19/5).

“Investor harus mengamati dengan seksama tanda-tanda bahwa anggota komite FOMC telah yakin akan mengubah sikap hawkish mereka untuk mengakomodasi keyakinan pasar bahwa suku bunga akan diturunkan segera setelah September mendatang,” ungkap Fyqieh.

Pasar juga akan fokus pada laporan ekonomi mendatang, yang akan membantu membentuk ekspektasi untuk langkah selanjutnya Federal Reserve. Obrolan Hawkish akan menjadi bearish karena investor mencari petunjuk tentang apa yang akan terjadi selanjutnya dari The Fed.

Di samping itu, Presiden AS, Joe Biden akan memberikan kepastian soal dampak dari gagal bayar pemerintah AS pada pembayaran utang yang akan membebani aset berisiko. Biden akan bertemu dengan pembuat kebijakan pada hari Selasa (16/5) untuk melanjutkan pembicaraan, jika menghasilkan sinyal positif dapat meninggalkan Bitcoin dalam ketidakpastian.

Fear & Greed Bitcoin Index by alternative.me.

Baca juga: Utang Amerika dan Krisis Perbankan Jadi Faktor Harga Bitcoin Turun

Fear and Greed index Bitcoin menunjukan adanya penguatan harga yang terjadi. Pada minggu (14/5) kemarin, BTC sedang berada di skor sentimen 48 yang artinya masih ada ketakutan atau bearish. Namun pada hari ini Bitcoin berada di atas US$ 27.000 dan sentimen sedang kembali membaik. Banyak para analis yang mengungkapkan kemungkinan akan mengalami penurunan lebih lanjut.

Selama tujuh hari terakhir, banyak Bitcoin yang keluar dari bursa kripto terpusat seperti Binance, Coinbase, Bitfinex, OKX, dll. Total Bitcoin yang keluar yaitu 31.914 BTC dengan total aset yang tersedia di exchanger sebesar 1.877.943 BTC. Dominasi aset bitcoin yang keluar dari exchanger yaitu dari Binance dengan total 30.995 Bitcoin. 

Advertisement

Dengan Dengan keluarnya ini membuat investor percaya bahwa mereka akan mulai hold Bitcoin merka dalam waktu jangka panjang atau menengah. Secara teori, jika banyak Bitcoin yang keluar dari exchanger, maka potensi kenaikan harga akan lebih tinggi. Namun, jika banyak Bitcoin masuk ke exchanger maka ekspetasi Bitcoin akan mengalami penurunan.

Analisis Pergerakan Harga BTC, ID, GALA

  1. Bitcoin (BTC) Potensi Koreksi
BTC/USDT Binance by Fyqieh Fachrur Rossy – TradingView.com.

Bitcoin mengalami penurunan dan sudah terkonfirmasi mengalami penurunan ke area harga US$ 26.000. Pergerakan arah Bitcoin ini berpotensi akan mengalami penurunan lanjutan ke US$ 25.000 untuk support selanjutnya.

“Potensi penurunan ini akan tercapai dalam 1-2 minggu ke depan. Namun, jika Bitcoin kembali menembus area US$ 28.000, maka Bitcoin bisa kembali mengalami kenaikan dengan target US$ 29.500. Tapi jika dilihat secara makroekonomi dan sentimen yang ada maka Bitcoin cenderung mengalami penurunan terlebih dahulu,” analisis Fyqieh.

  1. Space ID (ID) Potensi Bullish
ID/USD Binance by Fyqieh Fachrur Rossy – TradingView.com.

Baca juga: Elon Musk Mundur dari CEO Twitter, Akhir dari DOGE?

SPACE ID membangun layanan jaringan nama generik dengan platform identitas satu atap untuk pencarian, pendaftaran, perdagangan, dan pengelolaan nama domain Web3. Ini juga termasuk SDK Nama Web3 dan API untuk pengembang di seluruh blockchain, menyediakan layanan nama multi-rantai yang memungkinkan siapa saja untuk dengan mudah membangun dan membuat identitas Web3. Secara singkat, proyek ini bisa memberi nama pada wallet kita untuk kebutuhan di web3 seperti swap, staking, farming, atau metaverse.

Secara teknikal, ID sudah menembus area resisten lampaunya pada minggu ke dua April. ID sudah terkonfirmasi retest support-nya dan mengalami kenaikan lagi, maka potensi mengalami penguatan harga juga semakin tinggi. dengan target kenaikan di harga US$ 0,576 dengan potensi keuntungan sebesar 18,13% dalam waktu 1 minggu ke depan. Tentu ini perlu didukung juga dengan tingkat penggunaan layanan Web3 Name Service di SpaceID. 

Jika ID mengalami penurunan kembali di bawah US$ 0,4755 maka ID gagal mempertahankan area support nya dan akan mengalami penurunan. Pastikan untuk setiap trader menggunakan stoploss untuk setiap trading-nya.

  1. GALA Token (GALA) Potensi Bullish
GALA / USD Time Frame 4H Binance by Fyqieh Fachrur Rossy – TradingView.com.

GALA adalah token inti dari Gala Games. Ini adalah token utama yang dapat digunakan untuk membeli produk NFT, Gala adalah hadiah yang didapatkan oleh operator node pendiri untuk menjalankan node mereka dan token yang digunakan untuk pembayaran di blockchain Gala. Setiap hari, 50% emisi GALA didistribusikan ke Founder Node Operators dan 50% ke Gala Games Conservatory, dicadangkan untuk pertumbuhan ekosistem dan/atau pendanaan proyek di masa mendatang sehingga bisa harga kripto GALA bisa naik tipis.

Pergerakan gala kemungkinan akan mengalami bullish dalam waktu dekat, potensi bullish selama 1 minggu kedepan dan selanjutnya ada potensi bearish. Untuk target kenaikan sementara token GALA yaitu US$ 0,0364191 dan kemudian mengalami koreksi ke harga US$ 0,0238

Advertisement

Jika Gala mengalami bullish dan mencapai US$ 0,04 kemudian turun dan membuat sideways di antara harga US$ 0,036 dan US$ 0,04 maka potensi GALA akan mengalami kenaikan dan gagal untuk melanjutkan penurunan sesuai target di atas.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular