Connect with us

Market Analysis

Mengapa Pasar Kripto dan Bitcoin Turun Hari Ini (6/6)?

Published

on

Ilustrasi bear market.

Pasar kripto dan Bitcoin (BTC) secara mendadak terpantau turun pada hari ini, Selasa (6/6). Apa yang terjadi? Bitcoin baru-baru ini diperdagangkan sekitar US$ 25.668, turun hampir 5% selama 24 jam terakhir.

Ethereum (ETH), kripto terbesar kedua dalam nilai pasar, baru-baru ini berpindah tangan di bawah US$ 1.800, turun lebih dari 5% dari hari Minggu (4/6). ETH dan altcoin utama lainnya mengikuti jalur yang sama seperti yang dilakukan Bitcoin dengan sebagian besar penurunan di atas 4%.

BNB dan SOL, aset kripto asli dari blockchain Solana, baru-baru ini anjlok lebih dari 10%. ADA dan MATIC, masing-masing token dari platform smart contract, Cardano dan Polygon, dan koin meme populer DOGE baru-baru ini turun lebih dari 8%. Bahkan Litecoin, yang telah naik beberapa minggu terakhir, turun lebih dari 9%.

Kinerja pasar kripto secara keseluruhan turun lebih dari 6%. Keenam sektor yang menyusun Indeks, termasuk DeFi, komputasi dan budaya, dan hiburan tersandung ke wilayah negatif. Indeks Fear & Greed Index tetap netral berada di angka 44 atau turun dari posisi 53 sehari sebelumnya, di mana sebagian besar telah bertahan hampir sepanjang tahun.

Pasar Anjlok

Ilustrasi pasar kripto dan Bitcoin turun hari ini (6/6). Sumber: CoinMarketCap.
Ilustrasi pasar kripto dan Bitcoin turun hari ini (6/6). Sumber: CoinMarketCap.

Baca juga: Pasar Kripto Disambut Bearish di Awal Juni, Apa Penyebabnya?

Dikutip Coindesk, sebagian besar penurunan pasar kripto dan Bitcoin dipicu oleh Securities and Exchange Commission (SEC) yang mengajukan gugatan terhadap Binance. SEC menuduh raksasa bursa kripto itu melanggar undang-undang sekuritas.

Tuduhan terhadap Binance menghidupkan kembali kekhawatiran tentang integritas industri dan niat regulator untuk melakukan kontrol lebih besar atas pertukaran. Binance – dan bursa lainnya – telah menghadapi pengawasan regulasi selama bertahun-tahun.

“Berita Binance jelas menyebabkan aksi jual besar-besaran, tetapi berita itu sendiri tidak terlalu mengejutkan,” kata Bob Ras, salah satu pendiri Sologenic. “Rumor telah beredar selama beberapa waktu tentang tindakan yang akan datang terhadap Binance.”

Advertisement

Tetapi Ras menambahkan bahwa dia tidak yakin “bahwa kita akan mengalami likuidasi besar-besaran,” mirip dengan yang terjadi setelah ledakan Luna, Celsius, dan FTX tahun 2022.

“Saat itu, kami melihat banyak sekali penjual paksa. Saya tidak berpikir ada banyak penjual paksa sekarang seperti saat itu. Saya menduga bahwa kita kemungkinan besar akan pulih secara bertahap di sini.”

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular