Connect with us

Market Analysis

Mengapa Pasar Kripto dan Bitcoin Naik Hari Ini (7/6)?

Published

on

Iustrasi aset kripto Bitcoin

Investor dan trader dikejutkan dengan menguatnya pasar kripto dan Bitcoin (BTC) yang kembali menduduki posisi level US$ 27.000. Bitcoin dan kripto lainnya naik, meskipun ada tindakan baru dari Securities and Exchange Commission (SEC).

Dikutip CoinDesk, Bitcoin kembali naik di atas US$ 27.000 pada hari Rabu (7/6) malam untuk pertama kalinya sejak akhir pekan. Aset kripto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar baru-baru ini diperdagangkan pada US$ 27.200, naik 4,3% selama 24 jam terakhir.

Ethereum (ETH) juga menghabiskan sebagian besar hari Selasa (6/6) untuk kenaikan perdagangan mendekati US$ 1.900, kenaikan 4% dari hari Senin (5/6), waktu yang sama. BNB, token asli Binance, yang turun baru-baru ini naik sekitar 2% sehari setelah terjun lebih dari 10%.

Kripto ADA dan SOL, token dari platform smart contract, Cardano dan Solano, mendapatkan kembali sebagian kerugian yang hilang, naik sekitar setengah poin persentase dan yang terakhir lebih dari 1%. Platform blockchain layer-2, Polygon (MATIC) turun sekitar 1,5%. Dalam pengajuannya, SEC mengidentifikasi token tersebut di antara 13 sebagai sekuritas yang tidak terdaftar.

Bitcoin Bangkit

Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Apple Vision Pro Diklaim Dapat Mengubah Cara Merancang Metaverse

Pasar kripto dan Bitcoin sempat tenggelam mendekati US$ 25.400 pada hari Senin (6/6) beberapa jam setelah SEC mengumumkan gugatan terhadap Binance, bursa kripto terbesar di dunia berdasarkan volume perdagangan.

Meski sempat turun, Bitcoin mulai naik tipis sejak Selasa (6/6) malam dan melanjutkan jalurnya bahkan ketika SEC mengumumkan gugatan kedua terhadap saingan Binance, Coinbase pada hari yang sama, dan kemudian pada hari itu juga, meminta pengadilan Federal untuk memberikan perintah penahanan sementara untuk membekukan aset yang diikat ke Binance.US.

“Fakta bahwa pasar telah pulih membuat saya percaya bahwa ini setidaknya harga yang harus terjadi,” tulis Joshua Franklin, CEO dan salah satu pendiri The Tie. “Tidak ada yang terkejut dengan tindakan Gensler.”

Advertisement

Ethereum Naik

Pemantulan ETH di pasar kripto terlihat menariknya, karena langkah tersebut menyertai keputusan SEC untuk tidak menyebut Ethereum sebagai “keamanan” dalam tuntutan hukumnya terhadap Binance dan Coinbase.

Grafik harian ETH/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik harian ETH/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Investor Kripto Indonesia Terus Tumbuh Capai 17,25 Juta pada April 2023

Pada bulan September 2022, Ketua SEC, Gary Gensler mengatakan bahwa token proof-of-stake seperti Ether termasuk dalam kategori sekuritas menurut “Howey Test”. Namun pendapatnya berbeda dengan pendahulunya William Hinman, yang mengatakan Ether bukanlah sekuritas dalam pidatonya tahun 2018 lalu.

Selain itu, pada April 2023, Gensler mengesampingkan pertanyaan tentang status Ethereum di hadapan Komite Layanan Keuangan DPR AS. Dan sekarang, SEC menghilangkan Ether dalam daftar aset kripto yang dianggapnya aman — termasuk stablecoin BUSD, Solana (SOL),dan Cardano (ADA)— telah meningkatkan keunggulan kompetitifnya di pasar blockchain layer-1.

Pada hari Senin, saldo staking ETH bersih anjlok sebesar 94,93% menjadi surplus 2.750 ETH, setara dengan US$ 5,23 juta. Setoran berjumlah 23.590 ETH versus penarikan 20.840 ETH.

Menurut TokenUnlocks, total penarikan tertunda mencapai 19.130 ETH, setara dengan sekitar US$ 34,73 juta. Khususnya, APR yang dipertaruhkan mencapai 7,09%, turun 14,27% selama 24 jam.

Pastikan kamu hanya melakukan Nabung kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, nabung kripto jadi lebih mudah.

Advertisement

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular