Connect with us

Blockchain

Masa Depan Terang Blockchain: Sentimen Positif Terhadap Kripto

Published

on

ilustrasi blockhain di web3

Dunia menemukan kasus penggunaan blockchain baru setiap saat, memperluas manfaat tidak hanya soal aset kripto saja. Kripto hanyalah permulaan, sekarang Blockchain telah muncul dari bayang-bayang untuk memasuki pasar arus utama.

Baru-baru ini, seorang ilmuwan komputer dan seorang profesor di Universitas Birmingham, Yu Chen, menjelaskan bagaimana teknologi blockchain dapat digunakan selain mata uang virtual. Dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh The Conversation, Chen menjelaskan beberapa implikasi blockchain di berbagai industri.

Saat ini, teknologi ini terutama digunakan oleh aset kripto. Tahun lalu, sektor blockchain bernilai hampir US$ 7 Miliar.

“Sebagai seorang ilmuwan komputer yang mengeksplorasi teknologi baru untuk jaringan komunikasi pintar di masa depan, saya, bersama dengan banyak insinyur dan pengembang, telah menunjukkan bahwa blockchain adalah solusi yang menjanjikan untuk banyak masalah yang menantang dalam kepercayaan dan keamanan jaringan generasi mendatang- berbasis aplikasi.”

Dia menambahkan, “Saya melihat beberapa cara blockchain membuktikan dirinya berguna yang tidak terikat dengan aset kripto.”

Manfaat Blockchain

Ilustrasi teknologi blockchain. Sumber: Leewayhertz.
Ilustrasi teknologi blockchain. Sumber: Leewayhertz.

Baca juga: Menggali Potensi Metaverse dalam Transformasi Industri Jasa Keuangan

Kondisi saat ini, perusahaan kesulitan melacak dan memelihara data rantai pasokan. Metode pelacakan tradisional tidak dapat mengikuti. International Business Machine (IBM), sebuah perusahaan teknologi multinasional, menggunakan blockchain untuk IBM Food Trust untuk melacak produk dari asalnya hingga pengiriman.

Perawatan kesehatan yang efektif dan mudah diakses adalah salah satu fondasi masyarakat yang sehat. Chen menyarankan blockchain dapat menawarkan solusi yang lebih efisien untuk privasi data dalam perawatan kesehatan. Baru-baru ini, U.S. National Library of Medicine (NLM), perpustakaan medis terbesar di dunia, mengusulkan solusi blockchain untuk memelihara electronic health records (EHR).

Advertisement

Chen menyoroti sektor perbankan yang dapat memanfaatkan blockchain untuk penyimpanan data. Pasar menyaksikan penurunan yang signifikan setelah kegagalan institusi terkemuka termasuk Silicon Valley Bank, Signature Bank, dan lainnya. Bank sentral di seluruh dunia sedang bereksperimen dengan central bank digital currencies (CBDC) yang dibangun di atas blockchain.

Chen juga percaya masa depan teknologi informasi (TI) adalah desentralisasi, dan untuk itu blockchain adalah kuncinya.

Ramah Lingkungan

Ilustrasi pelestarian lingkungan dengan kripto.
Ilustrasi pelestarian lingkungan dengan kripto.

Baca juga: Proyeksi Gerak Pasar Kripto Bulan Juni: Bitcoin dan Kebijakan The Fed

Ada kekhawatiran tentang dampak lingkungan dari blockchain terhadap lingkungan, terutama karena aset digital seperti kripto karena bahan bakar fosil adalah sumber energi utama bagi perusahaan penambangan kripto. Menurut Badan Lingkungan Eropa (EEA), transaksi Bitcoin 20.000 kali lebih haus energi daripada Visa, yang mengonsumsi 635 kWh. Konsumsi daya sebesar itu dapat menjalankan 21 rumah tangga selama sehari.

Ethereum, aset kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar, mengubah operasi mereka dari mekanisme proof-of-work (PoW) intensif energi menjadi proof-of-stake (PoS) selama The Merge. Transisi ini mengurangi lebih dari 99% emisi rumah kaca dari blockchain-nya. Menurut penelitian Universitas Columbia, mata uang virtual bertanggung jawab atas 0,3% jejak karbon secara global.

Meskipun utilitas blockchain lainnya mungkin tampak ramah lingkungan, teknologi yang menangani tumpukan data besar membutuhkan ‘alat berat.’ Bahkan jika bahan bakar tradisional digantikan oleh energi terbarukan, pusat data seukuran aslinya masih akan menghasilkan panas yang cukup untuk mengubah planet menjadi raksasa merah.

Popular