Connect with us

Business

Ukraina Terima Donasi Kripto Rp 3,4 Triliun Selama Perang dengan Rusia

Published

on

Ukraina, yang tengah dilanda perang melawan Rusia, dilaporkan menerima sumbangan kripto senilai lebih dari US$ 225 juta atau sekitar Rp 3,4 triliun. Sementara penggalangan dana militer Rusia hanya mencetak beberapa juta dolar AS saja.

Satu tahun lalu tepatnya Juni 2022, jumlah total donasi kripto untuk Ukraina sudah mencapai sekitar US$ 135 juta, menunjukkan bahwa pengguna kripto di seluruh dunia terus memberi dukungan. Namun, jumlah donasi bulanan mengalami stagnasi pada akhir 2022 dan 2023, tidak pernah terkumpul lebih dari US$ 10 juta sebulan sejak Mei lalu.

Ini hanyalah sebagian kecil dari miliaran donasi yang dikumpulkan Ukraina dalam bentuk fiat. Tetapi bagian kripto berkontribusi pada pembelian senjata , amunisi, peralatan medis, dan perlengkapan perang penting lainnya guna terus melawan invasi Rusia.

Donasi Perusahaan Besar

Berdasarkan laporan dari Crypto Potato, beberapa perusahaan dan tokoh terkemuka di industri aset digital, termasuk bursa kripto terbesar di dunia, Binance, serta pendiri Tron, Justin Sun, juga telah turut berkontribusi dalam sumbangan kepada Ukraina.

Data dari Crystal Blockchain mencatat Sebagian besar sumbangan kripto diterima oleh Ukraina pada tahun 2022, sementara pada akhir tahun lalu dan awal 2023 terjadi stagnasi dalam sumbangan tersebut. Sejak bulan Mei, negara ini hanya menerima sumbangan kripto senilai kurang dari USD 10 juta atau setara Rp 150,9 miliar.

Ilustrasi donasi pakai kripto.
Ilustrasi donasi pakai kripto.

Baca juga: Altcoin Layak Dipantau: Litecoin (LTC), Solana (SOL) hingga Ripple (XRP)

Sebagian besar donasi (US$ 83 juta) datang dalam bentuk USDT, Crystal menghitung, sedikit lebih sedikit dalam bentuk Ethereum (US$ 79 juta). Donasi Bitcoin menyumbang US$ 41 juta dan kripto yang lebih kecil seperti Binance USD (BUSD), DOT Polkadot, dan lainnya melengkapi sisanya.

Sementara itu, unit militer dan paramiliter Rusia juga telah menggunakan crypto untuk mendapatkan dukungan material dari Rusia dan simpatisan di luar negeri. Upaya penggalangan dana tersebut jauh lebih rahasia, seperti yang dilaporkan CoinDesk sebelumnya.

Advertisement

Sumbangan Kripto untuk Rusia

Sementara itu karakter penggalangan dana yang rendah hati ini, bersama dengan kecaman global yang luas atas tindakan Rusia, mungkin menjadi alasan untuk jumlah yang terkumpul jauh lebih kecil, menurut Crystal.

Diketahui sumbangan untuk militer Rusia hanya menghasilkan sekitar US$ 2 juta dalam bentuk kripto, meskipun perkiraan lain menunjukkan lebih tinggi jumlah.

Pada bulan Februari lalu, Chainalysis menemukan US$ 5,4 juta donasi baik untuk unit militer Rusia maupun untuk sumber daya propaganda, dan Binance memberi tahu CoinDesk bahwa mereka menemukan donasi semacam itu senilai lebih dari US$ 7,2 juta.

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular