Connect with us

Bitcoin News

3 Alasan Mengapa Harga Bitcoin Bisa Melonjak hingga Rp 2,3 M Tahun Ini

Published

on

Ilustrasi Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Pakar pasar di Fundstrat, Tom Lee memperkirakan Bitcoin akan mencapai $150.000 atau sekitar Rp 2,3 miliar pada tahun 2024. Lee memperkirakan harga Bitcoin naik tiga kali lipat, seperti yang ia jelaskan dalam penampilannya di episode acara Squawk Box CNBC baru-baru ini.

Dikutip U.Today, ada tiga alasan utama mengapa Lee memperkirakan Bitcoin akan terus melonjak tahun ini. Prediksi Lee mengikuti perkiraan bullish Bitcoin yang dibuat oleh Robert Kiyosaki, di mana dia menyebutkan $100.000 atau sekitar Rp 1,5 miliar.

Pakar Fundstrat menyebutkan tiga faktor utama yang kemungkinan akan mendorong harga aset kripto andalan dunia ini naik tahun ini. Yang pertama telah hadir ETF Bitcoin spot. Produk yang diperdagangkan di bursa ini memungkinkan investor untuk bertaruh pada harga Bitcoin tanpa harus benar-benar membeli BTC.

Pada 11 Januari, Komisi Sekuritas dan Bursa yang dipelopori oleh Gary Gensler akhirnya memberikan lampu hijau untuk melihat ETF BTC pada 11 Januari – yaitu untuk 11 ETF sekaligus. Daftar emitennya mencakup beberapa perusahaan pengelola dana terbesar di AS – BlackRock, Ark Invest, Fidelity, VanEck.

Menurut laporan VanEck, volume perdagangan harian terbaru dari ETF Bitcoin-nya berjumlah $399.923.600. Lee menyatakan bahwa ETF Bitcoin akan mulai mengambil BTC dari pasar, sehingga meningkatkan permintaan untuk aset ini.

Bitcoin Halving

market kripto bitcoin
Ilustrasi market kripto bitcoin.

Baca juga: Akankah Ethereum (ETH) Mencapai Harga $3.000 Lagi?

Alasan kedua adalah semakin dekatnya halving Bitcoin, yang akan menciptakan guncangan pasokan, kata Tom Lee. Peristiwa pengurangan separuh terjadi setiap empat tahun untuk mata uang kripto berbasis bukti kerja. Ini akan mengurangi setengah jumlah Bitcoin yang dicetak per blok – dari 6,25 saat ini turun menjadi 3,125 BTC setelah halving pada bulan April.

Alasan penting ketiga yang mungkin menjadi pendorong utama harga Bitcoin adalah suku bunga Amerika Serikat yang diperkirakan akan mulai diturunkan oleh Federal Reserve atau The Fed. Suku bunga AS rendah bermanfaat untuk aset berisiko, jelas Lee, dan Bitcoin dianggap sebagai aset berisiko oleh Wall Street dan bank.

Advertisement

Sebelumnya awal pekan ini, investor dan pengusaha Robert Kiyosaki, yang dikenal banyak orang sebagai penulis “Rich Dad Poor Dad” tentang literasi keuangan membuat prediksi Bitcoin yang sangat bullish pada awal tahun ini.

Dalam tweet singkatnya, Kiyosaki menyatakan bahwa dia memperkirakan emas digital akan meroket hingga $100.000 pada bulan Juni tahun ini. Ini hanya dua bulan setelah Bitcoin dibelah dua.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular