Connect with us

Crypto

3 Alasan Mengapa Harga Ethereum Berkinerja Buruk

Published

on

Ilustrasi The Merge Ethereum. Sumber: Getty Images.

Harga Ethereum (ETH) masih diperdagangkan pada level resistensi utama, tetapi data menyoroti mengapa altcoin ini kesulitan mempertahankan US$ 1.900 atau sekitar Rp 29 juta. Apa alasan Ethereum berkinerja buruk akhir-akhir ini?

Harga Eter terpantau turun berada di level US$ 1.878 pada perdagangan Rabu (8/11) pukul 14.00 WIB. Sebelumnya, ETH melonjak sebesar 6,2% dari 3 November hingga 5 November, tetapi altcoin ini menghadapi kesulitan untuk menembus resistensi US$ 1.900. Terlepas dari tren bullish saat ini, pengembalian Ether sebesar 17% selama 30 hari terakhir masih jauh dari Bitcoin di angka US$ 35.247, keuntungan mengesankan sebesar 27% pada periode yang sama.

Kendala Regulasi

Dilaporkan Cointelegraph, analis mengaitkan beberapa kinerja buruk Ether dengan ketidakpastian seputar Consensys, pemain kunci dalam ekosistem Ethereum. Mantan karyawan telah mengajukan gugatan terhadap perusahaan dan salah satu pendirinya Joseph Lubin.

Lebih dari dua lusin pemegang saham perusahaan induk Swiss, Consensys AG, mengeklaim bahwa Lubin, yang juga merupakan salah satu pendiri Ethereum, melanggar “janji tanpa dilusi” yang dibuat pada tahun 2015.

Ilustrasi Consensys. Sumber: Consensys.
Ilustrasi Consensys. Sumber: Consensys.

Baca juga: Analis Ungkap Proyeksi Harga Ethereum (ETH) Akhir 2023

Consensys bertanggung jawab untuk mengembangkan dan menampung proyek infrastruktur yang penting bagi jaringan Ethereum. Didirikan pada bulan Oktober 2014, sekitar sembilan bulan sebelum blockchain Ethereum diluncurkan pada pertengahan tahun 2015. Selain itu, Pengadilan Tinggi Zug di Swiss memenangkan penggugat, sehingga memperburuk ketidakpastian saat ini.

Tantangan regulasi telah menghambat pertumbuhan ekosistem Ethereum. Kekhawatiran terbaru berpusat pada stablecoin PayPal yang dipatok dalam dolar AS, PYUSD, yang beroperasi di jaringan Ethereum. Token ini dirancang untuk pembayaran digital dan aplikasi Web3. Pada tanggal 2 November, PayPal mengungkapkan panggilan pengadilan yang diterimanya dari Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat.

Tingginya Biaya Transaksi

Salah satu permasalahan yang mendesak bagi jaringan Ethereum adalah biaya transaksi yang tinggi, dikenal sebagai gas fee, yang terkait dengan berbagai jenis transaksi, termasuk yang melibatkan smart contract. Biaya rata-rata dalam tujuh hari terakhir mencapai US$ 4,90, yang berdampak negatif pada penggunaan aplikasi terdesentralisasi (DApps).

Advertisement

Selain itu, total simpanan di jaringan Ethereum, diukur dalam Ether, telah turun ke level terendah sejak Agustus 2020. Harap diperhatikan bahwa analisis ini tidak mempertimbangkan dampak dari staking Ethereum asli.

Sejumlah altcoin besar, seperti SOL Solana (SOL), XRP, dan Cardano (ADA), telah melampaui kinerja Ether dengan pengembalian masing-masing sebesar 75,5%, 37%, dan 35% dalam 30 hari terakhir.

Perbedaan ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Ether tidak semata-mata terkait dengan tekanan peraturan atau berkurangnya permintaan terhadap keuangan terdesentralisasi dan pasar token yang tidak dapat dipertukarkan.

Penurunan TVL dan Aktivitas DApps

Total setoran aplikasi jaringan Ethereum di ETH. Sumber: DefiLlama.
Total setoran aplikasi jaringan Ethereum di ETH. Sumber: DefiLlama.

DefiLlama mencatat data yang menunjukkan bahwa total nilai terkunci (TVL) Ethereum DApps mencapai 12,7 juta ETH pada tanggal 5 November, mengalami penurunan sebesar 4% dari 13,2 juta ETH dalam dua bulan sebelumnya. Sebagai perbandingan, TVL di jaringan Tron mengalami peningkatan sebesar 13% selama periode yang sama, sementara deposito Arbitrum tetap stabil pada 1 juta ETH. Data aktivitas DApp di jaringan Ethereum juga mendukung ide bahwa aktivitas ini telah mengalami penurunan.

Selain itu, data aktivitas on-chain menunjukkan bahwa jumlah simpanan pengguna ETH di bursa meningkat. Meskipun hal ini tidak selalu mengindikasikan penjualan jangka pendek, ketersediaan koin sering kali dianggap sebagai langkah pencegahan oleh analis.

Rata-rata setoran ETH harian 7 hari di bursa, ribuan ETH. Sumber: Coin Metrics.
Rata-rata setoran ETH harian 7 hari di bursa, ribuan ETH. Sumber: Coin Metrics.

Baca juga: Bitcoin Tembus US$ 35.5K, Kapitalisasi Pasar Kripto Melonjak Tinggi

Saat ini, rata-rata deposit ETH harian mencapai 255,614 ETH, yang merupakan peningkatan sebesar 30% dari dua minggu sebelumnya. Hal ini mengindikasikan bahwa pemegang Ether mungkin lebih cenderung untuk menjual ketika harga Ether mendekati US$ 1.900.

Data ini menunjukkan bahwa penurunan TVL, penurunan aktivitas DApps, dan tingkat deposito pertukaran ETH yang lebih tinggi telah berdampak negatif pada kemungkinan Ether mencapai resistensi di level US$ 1.900. Tingkat harga ini mungkin lebih menantang dari yang diperkirakan sebelumnya, dan saat ini, penurunan Ethereum dapat membutuhkan waktu untuk kembali bergerak.

Advertisement

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular