Connect with us

Bitcoin News

3 Altcoin Teratas yang Dapat Mengungguli Bitcoin pada Tahun 2024

Published

on

Ilustrasi aset kripto Bitcoin dan XRP. Sumber: FX Empire.

Altcoin dikenal dengan volatilitasnya, namun beberapa diprediksi bisa lebih baik kinerjanya dibanding Bitcoin (BTC). Berikut adalah beberapa di antaranya yang mungkin mengungguli Bitcoin dalam hal kenaikan harga.

Pasar kripto terus mengalami tren kenaikan pada bulan-bulan pertama tahun 2024. Faktanya, untuk pertama kalinya sejak April 2022, total kapitalisasi pasar telah melampaui angka $2 triliun – sebuah pencapaian penting.

Selama seminggu terakhir, Bitcoin memimpin, mencatat peningkatan sekitar 20%. Sementara sebagian besar altcoin tertinggal. Namun, ada juga yang tetap mengikuti.

Altcoin yang memiliki tingkat volatilitas yang tinggi, dan banyak di antaranya yang secara signifikan mengungguli Bitcoin selama siklus sebelumnya. Misalnya, data dari Dune Analytics menunjukkan bahwa sejak awal tahun 2023, kinerja Solana jauh lebih baik.

leh karena itu, kami memutuskan untuk bertanya kepada ChatGPT, altcoin mana yang memiliki peluang terbaik untuk mengungguli Bitcoin pada tahun 2024, dengan asumsi pasar terus berkinerja baik.

Ethereum (ETH)

Pelopor Keuangan Terdesentralisasi (DeFi), Ethereum, selalu menjadi perbincangan. Menurut ChatGPT, ETH telah lama dianggap sebagai mata uang kripto paling berharga setelah Bitcoin – dan itu benar. Ia tetap menjadi nomor dua dalam hal total kapitalisasi pasar selama bertahun-tahun, memperkuat posisinya sebagai blue chip di pasar kripto.

Ethereum telah membuka jalan bagi keuangan terdesentralisasi (DeFi) dan token non-fungible (NFT). Peningkatan yang sedang berlangsung, seperti transisi ke Ethereum 2.0 (yang mencakup peralihan dari Proof of Work ke Proof of Stake), bertujuan untuk meningkatkan skalabilitas, keamanan, dan keberlanjutan, yang berpotensi meningkatkan daya tarik dan adopsi. – Kata chatbot.

Advertisement

Dalam hal kinerja harga, Ethereum setara dengan Bitcoin pada tahun 2024. Keduanya naik sekitar 20% karena pasar terus berkembang, tetapi indeks volatilitas ETH cenderung 10% lebih tinggi, menurut CryptoRank.

XRP

Ripple (XRP) selalu menjadi kripto yang sangat terpolarisasi dengan basis penggemar yang besar dan banyak orang yang menganggapnya kurang memiliki banyak manfaat dibandingkan koin lainnya.

Bagaimanapun, adalah fakta bahwa XRP tetap berada dalam 10 besar selama beberapa tahun terakhir meskipun faktanya ia terlibat dalam pertarungan hukum yang kejam melawan Komisi Sekuritas dan Bursa AS mengenai status regulasinya.

Bitcoin, Ethereum, XRP
Ilustrasi aset kripto ripple (XRP), Bitcoin (BTC), dan Ethereum (ETH)..

Baca juga: Perkiraan Data Inflasi AS, Bisa Bikin Harga Bitcoin ke $55.000?

Komisi berpendapat bahwa XRP adalah suatu sekuritas dan harus diatur seperti itu, mengklaim bahwa Ripple Labs melakukan penawaran sekuritas tidak terdaftar senilai lebih dari $1 miliar ketika pertama kali menjual XRP. Seorang Hakim AS telah memutuskan bahwa penjualan XRP di bursa sekunder bukan merupakan penawaran kontrak investasi, yang pada dasarnya menggandakan harga XRP ketika diluncurkan.

Menariknya, sejak awal tahun 2024, XRP kehilangan 14%. Namun, ada katalis yang jelas di masa depan. Dengan tanggal uji coba yang ditetapkan pada bulan April tahun ini, hasil positif mungkin berdampak besar pada harganya.

XRP, yang dikembangkan oleh Ripple Labs, dirancang untuk memfasilitasi pembayaran lintas batas yang cepat, murah, dan terukur. Tidak seperti banyak mata uang kripto yang menargetkan cakupan aplikasi terdesentralisasi yang lebih luas, XRP berfokus untuk menjadi mata uang penghubung bagi lembaga keuangan, yang dapat mengalami pertumbuhan substansial dalam penggunaan dan nilai jika diadopsi secara luas oleh sektor perbankan.

Solana (SOL)

Terakhir, AI menguraikan SOL sebagai pesaing serius untuk mendapatkan kinerja yang lebih baik daripada BTC pada tahun 2024. Langsung saja, SOL naik 13% dibandingkan dengan kenaikan YTD BTC sebesar 20%, tetapi selama enam bulan terakhir, SOL telah meningkat lebih dari 50%.

Advertisement

Aktivitas jaringan di Solana berkembang pesat karena pengguna berbondong-bondong menggunakan blockchain untuk transaksi yang lebih cepat dan lebih murah, serta banyaknya aplikasi DeFi dan ekosistem NFT yang dinamis, antara lain.

Meskipun ada beberapa kendala, SOL adalah altcoin yang harus diperhatikan pada tahun 2024.

Solana dikenal dengan throughput yang tinggi dan kecepatan transaksi yang cepat, dengan biaya transaksi yang jauh lebih rendah dibandingkan Ethereum. Potensinya untuk menskalakan dan mendukung berbagai aplikasi terdesentralisasi (dApps), termasuk platform DeFi dan NFT, menjadikannya kandidat kuat untuk meningkatkan adopsi selama pasar sedang bullish.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular