Connect with us

Bitcoin News

Bagaimana ETF Bitcoin Mempengaruhi Pergerakan Harga BTC?

Published

on

Ilustrasi market kripto Bitcoin.

Arus masuk dari ETF Bitcoin spot baru adalah alasan utama mengapa BTC mengalami peningkatan yang signifikan, melampaui level $50.000 dan mencapai harga $52.000 untuk pertama kalinya sejak tahun 2021, menandai kenaikan bulanan sebesar 20%.

Menurut tweet Marc van der Chijs, investor Bitcoin dan pendiri beberapa perusahaan kripto, termasuk penambang Hut 8, penerbit ETF membeli lebih dari 10-12x jumlah BTC yang diproduksi setiap hari, dan ini menyebabkan kenaikan harga sebesar 2%, yaitu sekitar $1.000 per hari.

Dampak ETF terhadap Harga BTC

Dilaporkan CryptoPotato, analisis Chijs terhadap grafik Bitcoin pasca-ETF menemukan bahwa sebagian besar kenaikan harga terjadi selama periode penyelesaian sebelum pasar AS dibuka.

Karena arus masuknya 10-12 kali lebih besar dari jumlah BTC yang baru diproduksi, pengguna telah menjual kepemilikan mereka untuk memenuhi pesanan ETF. Penjualan ini biasanya memiliki harga yang lebih tinggi karena pengguna tidak menganggap BTC sedang mencapai puncaknya.

Harga yang lebih tinggi menyebabkan lebih banyak ketakutan atau kehilangan (FOMO) di kalangan investor ETF, yang menyebabkan lebih banyak permintaan dan, selanjutnya, meningkatkan valuasi USD.

Ilustrasi Bitcoin vs emas.
Ilustrasi Bitcoin vs emas.

Baca juga: 3 Altcoin Teratas yang Dapat Mengungguli Bitcoin pada tahun 2024

Meskipun Chijs yakin pasar masih merupakan wilayah yang belum dipetakan, ia memperkirakan setiap hari perdagangan kemungkinan akan mengalami peningkatan rata-rata sebesar $1.000 pada minggu-minggu berikutnya.

Kejutan Pasokan Masuk

Pendiri Hut 8 ini lebih lanjut menguraikan dua peristiwa mendatang yang secara substansial dapat meningkatkan kenaikan harga rata-rata harian selama tiga bulan ke depan: Peristiwa halving Bitcoin yang akan datang dan penjualan saham ETF baru.

Advertisement

Setelah Bitcoin dibelah dua pada bulan April, hadiah blok penambang akan dikurangi setengahnya, sehingga mengurangi jumlah BTC yang diproduksi setiap hari. Saat ini, sekitar 900 BTC dibuat setiap hari, tetapi hanya 450 BTC yang akan ditambang setelah acara tersebut. Chijs mengatakan pengurangan produksi akan menyebabkan harga BTC lebih tinggi karena penerbit ETF berebut untuk meningkatkan kepemilikan mereka.

Karena risiko kegagalan ETF baru yang terlalu cepat, sebagian besar penasihat keuangan biasanya mengizinkan penjualan saham setelah 90 hari perdagangan. Sejak produknya diluncurkan pada bulan Januari, Chijs memperkirakan permintaan akan meningkat lebih banyak pada awal Mei, yang berdampak positif pada harga BTC.

“Ini berarti bahwa kecuali ada peristiwa angsa hitam (black swan event) kita akan melihat harga tertinggi baru sepanjang masa (>$69K) sebelum halving dan kita mungkin bisa mencapai $100K dalam 2-3 bulan ke depan,” kata Chijs.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular