Connect with us

Bitcoin News

5 Alasan Mengapa Bitcoin Akan Segera Mencapai US$70.000

Published

on

Ilustrasi Bitcoin.

Seorang Bitcoin Maxi, Alessandro Ottaviani percaya bahwa harga BTC dapat rebound ke level US$70.000, karena perubahan terkini dalam dinamika pasar dan arena ETF.

Alessandro Ottaviani, salah satu pembawa acara podcast Store of Bitcoin, baru-baru ini mengungkapkan lima alasan kuat mengapa dia yakin Bitcoin (BTC) akan melonjak menjadi US$70.000 di minggu mendatang. Analisis Ottaviani didasarkan pada tren pasar terkini dan perilaku investasi institusional. Oleh karena itu, hal ini memberikan alasan kuat untuk pergerakan bullish yang signifikan pada harga BTC.

Arus Masuk ETF Bitcoin dan Kinerja Pasar

Alasan pertama yang dikutip oleh Ottaviani adalah arus masuk bersih yang besar ke dalam ETF Bitcoin sejak awal Mei 2024. Dengan arus masuk sebesar US$1,5 miliar yang tercatat sepanjang bulan ini, ETF menunjukkan kepercayaan investor yang kuat. Secara khusus, pada tanggal 17 Mei saja, ETF ini menghasilkan arus positif bersih sebesar US$221,5 juta.

Kontribusi penting termasuk IBIT ETF Blackrock dengan US$38,1 juta, FBTC Fidelity Wise memimpin dengan US$99,4 juta, dan BITB ETF Bitwise menambahkan US$20,8 juta. Sementara itu, GBTC ETF Grayscale juga mempertahankan aliran masuknya, mencatat US$31,6 juta, sedangkan Ark 21Shares Bitcoin ETF (ARK) melihat aliran masuk sebesar US$10 juta.

Selain itu, BRRR milik Valkyrie dan HODL milik VanEck masing-masing menyumbang US$6,4 juta dan US$9,5 juta. Minggu ini menyumbang arus masuk sebesar US$948,3 juta. Arus masuk ini sangat kontras dengan arus keluar pada bulan April sebesar US$343 juta, yang menunjukkan adanya perubahan signifikan dalam sentimen pasar.

Arus Masuk GBTC Grayscale

Kedua, Ottaviani menyoroti ETF GBTC Grayscale, yang tidak hanya memiliki hari-hari tertentu dengan arus masuk positif tetapi juga mengakhiri minggu ini dengan arus masuk bersih. Investasi yang konsisten ke dalam GBTC ini menggarisbawahi minat dan kepercayaan institusional terhadap Bitcoin sebagai aset jangka panjang.

Pekan ini terjadi arus masuk bersih sebesar US$12,3 juta, jumlah yang cukup besar karena arus keluar Grayscale selama 77 hari berturut-turut sejak awal. Oleh karena itu, hal ini menunjukkan adanya pergeseran dinamika pasar dan peningkatan adopsi produk ETF ini. Dengan minimalisasi arus keluar GBTC, harga Bitcoin dapat diuntungkan dengan arus positif yang meningkatkan likuiditas.

Advertisement

Adopsi Kelembagaan dan Pengajuan 13F

BlackRock makin mantap melangkah ke market kripto incar investor kaya. Sumber: Jeenah Moon/Bloomberg.
BlackRock makin mantap melangkah ke market kripto incar investor kaya. Sumber: Jeenah Moon/Bloomberg.

Baca juga: 4 Kripto Untuk Dibeli Sebelum Musim Altcoin Dimulai

Poin ketiga Ottaviani menekankan meningkatnya adopsi institusional terhadap ETF Bitcoin, seperti yang diungkapkan oleh pengajuan 13F baru-baru ini ke SEC. Pengajuan ini menunjukkan bahwa 937 investor institusi global telah mempertimbangkan investasi di ETF Bitcoin Spot AS. Selain itu, mereka menyumbangkan lebih dari US$10 miliar dalam bentuk aset yang dikelola (AUM).

Amerika Serikat memimpin adopsi ini dengan investasi sebesar US$9,27 miliar. Bank-bank terkemuka Amerika, seperti Morgan Stanley dan Wells Fargo, telah mengungkapkan kepemilikan ETF Bitcoin yang besar, menandai tonggak penting dalam integrasi aset digital ke dalam sistem keuangan tradisional.

Selain itu, Millennium Management menonjol sebagai investor institusional terbesar dengan US$2 miliar dalam ETF Bitcoin, diikuti oleh perusahaan seperti Susquehanna International Group dan Boothbay Fund Management, yang telah menginvestasikan lebih dari US$377 juta di berbagai ETF.

Adopsi Kelembagaan BlackRock Bitcoin ETF Melonjak

Alasan keempat berfokus pada sinyal positif dari dunia institusional mengenai ETF Bitcoin. Laporan menunjukkan bahwa lebih dari 400 dana lindung nilai sekarang memiliki IBIT ETF BlackRock. Hal ini menunjukkan penerimaan dan kepercayaan luas terhadap produk ETF ini di kalangan investor canggih. Karena IBIT BlackRock berfungsi sebagai salah satu produk ETF terkemuka, adopsi lebih lanjut juga diharapkan terjadi pada ETF lainnya.

Rumor Penawaran Bitcoin yang Diperluas

Terakhir, Ottaviani mengacu pada rumor bahwa Morgan Stanley dan Wells Fargo siap untuk memperluas penawaran Bitcoin mereka ke semua klien. Mereka diharapkan merekomendasikan investasi pada mata uang virtual terbesar. Jika bank-bank ini melanjutkan rencana tersebut, ini berarti dukungan besar terhadap Bitcoin. Selain itu, hal ini dapat mendorong investasi ritel dan institusional lebih lanjut, sehingga mendorong kenaikan harga.

Bitcoin maxi memperkirakan BTC akan ditutup di atas US$69.000 pada akhir akhir pekan. Lebih lanjut, dia mencatat bahwa hal ini dapat menyebabkan Bitcoin mencapai US$70.000 pada hari Senin, 20 Mei. Jika berhasil, ini akan menjadi pertama kalinya sejak bulan April Bitcoin akan melonjak melewati level tersebut.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

Advertisement

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular