Connect with us

Bitcoin News

Tren Bitcoin 21-25 Okt 2024: Koreksi itu Wajar dan Sehat, Justru Bagus untuk Altcoin By Hoteliercrypto

Published

on

Hoteliercrypto.

Artikel analisa tren Bitcoin (BTC) ini hasil kolaborasi Tokocrypto dengan Hoteliercrypto.

Mari kita review minggu lalu sebelum melangkah ke data minggu depan.

Analisa kita cukup akurat, dan Prediksi 14 Oktober 2024, Stimulus Tiongkok diumumkan membuat garis chartnya mampu membaca gerak Bitcoin. 

Ilustrasi pergerakan tren bitcoin BTC/USDT. Sumber: Hoteliercrypto.
Ilustrasi pergerakan BTC/USDT. Sumber: Hoteliercrypto.

Secara data, Stimulus Tiongkok dengan jumlah fantastis yang diumumkan hari Sabtu, baru berefek di hari Senin tanggal 14 Oktober 2024. Dan itu adalah penanda M1 Tiongkok berada di level bottom, setahun kedepan M1 akan terus naik dan sumber kenaikannya adalah M2 Supply.

Hari selasa, 14 Oktober 2024,  yang hanya diisi NY Empire Index yang hasilnya juga jatuh membuat Bitcoin naik, diikuti Expor AS yang minus -0.7% dari forecast -0.4% memperbesar peluang pengakuan resesi, sedangkan Retail sales malam ini akan naik diikuti claim data yang naik, tak ada yang mampu menahan kenaikan Bitcoin.

Namun ingat, tren Bitcoin secara umum selalu 2x Naik dan 1x turun, maka setelah kenaikannya yang 2x, koreksi di minggu depan adalah wajar dan sehat, justru bagus untuk alt karena yang ditunggu bukanlah turunnya Bitcoin tapi mantulnya, Bitcoin mantul 3%, alt bisa terbang 30%, sebagus itu.

Data Minggu Depan

Mari kita bedah data minggu depan:

Senin, 21 Oktober 2024

09:15 WITA Pagi: PBOC Prime Loan

lustrasi data People’s Bank of China Loan Primer Rate. Sumber: Investing.com.

Pada dasarnya kuncinya adalah membuat liquidity masuk ke Tiongkok dan mencegah Liquidity masuk ke AS, caranya dengan membuat investasi di Tiongkok lebih menarik dan jauh lebih menguntungkan daripada investasi di AS. Setelah Tiongkok mengumumkan stimulusnya, maka seharusnya diiringi oleh penurunan suku bunga pinjaman, jika PBOC prime loan turun, maka Yuan akan lebih banyak lagi beredar sehingga kesempatan inflasi lebih besar lagi, itulah tanda-tanda emas naik.

Selain karena perang yang dipastikan melebar, Dollar yang menguat namun dibuang banyak negara, Yuan akan terus inflasi dalam setahun kedepan agara ekspornya terus jalan. 

Loh dollar dibuang banyak negara? Betul, itu sebabnya Trump mengeluarkan ultimatum tarriff bagi yang cadevnya diganti bukan dollar. 

Dan seperti biasa Kashkari mendukung apa yang baik untuk karirnya.

22 Oktober 2024

01.00 WITA (masuk tanggal 22 Oktober 2024)

– Kashkari speak

Semakin dia sering bicara, semakin kentara jika kebijakan Fed sedang memerlukan dukungan, Kashkari Dovish Lalu DXY naik, adalah dua hal yang berlawanan, sebelum potong suku bunga Kashkari selalu hawkish dan DXY naik, setelah potong suku bunga, Kashkari berubah dovish, tetapi DXY tetap naik, itu adalah tanda bahwa Kashkari menenangkan pasar dengan memberikan gambaran bahwa ekonomi AS baik-baik saja untuk tetap diinvestasi, padahal DXY yang naik adalah tanda keringnya liquidity.

Kira-kira Candlenya begini hari Senin:

Ilustrasi pergerakan tren bitcoin BTC/USDT. Sumber: Hoteliercrypto.
Ilustrasi pergerakan BTC/USDT. Sumber: Hoteliercrypto.
Ilustrasi pergerakan tren bitcoin BTC/USDT. Sumber: Hoteliercrypto.
Ilustrasi pergerakan BTC/USDT. Sumber: Hoteliercrypto.

Pada candle Jumat yang saya prediksi jatuh, saya mengantisipasi serangan Isreal ke Iran yang bisa jadi diluar kesepakatan, Serangan itu harus dilakukan sebelum Pemilu, dan biasanya Isreal lakukan saat weekend agar efek ke pasar mereda di Senin. 

Ini isi subs

Sedangkan hari Sabtu hijau akibat Retail sales Tiongkok yang naik, memastikan bahwa GDP Tiongkok naik dan Yuan Inflasi. 

Pada trakteer tren bitcoin 14-18 Oktober saya salah mengatakan jadwal Retail sales Tiongkok hari Jumat, padahal keluar datanya sabtu pagi.

lustrasi data China Retail Sales YoY. Sumber: Investing.com.

Sedangkan Candle hari minggu dapat naik akibat curi start. 

Ingat ngga, saat Nasarallah meninggal di bom, kemudian balasan Hezbollah mampu menembus semua pertahanan Israel, nah tadi malam Yahwa Sinwar meninggal, pasti akan ada serangan balasan yang memicu melebaranya perang lebih dalam lagi, itulah pesan yang Emas mau sampaikan ke dunia. Jika ada perang dan perang melebar terus maka emas naik.

By the way, di tanggal ini ada konferensi BRICS, mereka sudah mengeluarkan satu sistem payment terbaru:

Ini memastikan bahwa negara yang lain akan mengurangi cadev dollarnya, itu sebabnya Trump menggaungkan Tarrif 100%. Jadi kenaikan DXY adalah disebabkan Fed terus membeli dollarnya sendiri agar tidak jatuh, pasar ingin menjadikan Fed bag holder, sama seperti koin delisting, naik sesaat cari exit liquidity. Surat Utang AS yang terus naik adalah tanda bahwa mereka mencari perlindungan atas ekonomi yang tidak bagus.

Selasa, 23 Oktober 2024

– M2 Supply AS

Data M2 Supply AS. Sumber: Fred.

M2 Supply memastikan bahwa dollar baru terus dicetak, dan RRP akan turun terus yang diiringi melimpahnya dollar dipasar, disaat ekonomi sedang tidak baik, dengan kenaikan M2 Supply dan RRP yang turun namun DXY naik membuktikan bahwa dollar naik karena faktor perang dan pengurangan Cadev bentuk dollar sehingga Fed harus terus beli dollarnya agar tak jatuh.

Begini kira-kira candle selasa:

Ilustrasi pergerakan tren bitcoin BTC/USDT. Sumber: Hoteliercrypto.
Ilustrasi pergerakan BTC/USDT. Sumber: Hoteliercrypto.

Rabu, 23 Oktober 2024

22.00 WITA:  Existing Home Sales

lustrasi data US Existing Home Sales. Sumber: Investing.com.

Existing home sales adalah Penjualan rumah yang sudah ada, selalu saya bilang jika harga rumah naik, maka inflasi naik, karena M2 supply dicetak dari harga rumah yang naik, namun jika Existing home sales naik maka DXY naik, walaupun AS sudah subsidi untuk beli rumah baru, Masyarakat tidak punya uang, dan sebab itu Existing home sales tidak naik, karena kita di masa Good news is Good news and bad news is bad news, penurunan ini jelek untuk bitcoin.

Masih ingat saya bilang, DXY bullrun lalu diikuti minyak bullrun, tetapi Bitcoin juga bullrun. 

Maka existing home sales yang turun, akan diiringi DXY yang turun dan tren Bitcoin ikut turun.

01.00 WITA: Beige Book

Beige book adalah catatan komentar Fed, dan dapat memberitahukan sinyal kebijakan berikutnya. Menurut saya Sinyalnya akan Dovish dan Bitcoin koreksi sedikit

Kira-kira begini candle Panah Oranye

Ilustrasi pergerakan tren bitcoin BTC/USDT. Sumber: Hoteliercrypto.
Ilustrasi pergerakan BTC/USDT. Sumber: Hoteliercrypto.

Kamis, 24 Oktober 2024

20.30 WITA: Claim data

Claim data yang mulai turun, adalah tanda bahwa Fed mulai easing, tetapi dengan Cost M2 supply, rumus umumnya mengatakan jika Claim data naik DXY turun, dan jika claim data turun DXY naik, karena kita dimasa Good news is Good news, kita harus inverse.

Claim data akan cenderung turun, dan DXY akan terus naik, namun Bitcoin tetap naik

lustrasi data US Initial Jobless Claims. Sumber: Investing.com.

– 22.00 WITA New Home Sales

lustrasi data US New Home Sales. Sumber: Investing.com.

New home sales adalah penjualan rumah baru, jika naik maka DXY naik jika turun maka DXY turun itu rumus umum, kita harus inverse karena DXY dalam posisi bullrun, New home sales akan turun tetapi DXY akan naik dengan tren Bitcoin akan naik.

Kira kira candlenya begini:

Ilustrasi pergerakan tren bitcoin BTC/USDT. Sumber: Hoteliercrypto.
Ilustrasi pergerakan BTC/USDT. Sumber: Hoteliercrypto.

Baca juga: 4 Airdrop Kripto Pekan Ketiga Oktober: Bisa Dapatkan Token Gratis

Jum’at, 25 Oktober 2024

20.30 WITA: Durable Good Order

lustrasi data US Durable Goods Orders. Sumber: Investing.com.

Setelah Fed easing dan menjelang pemilu, semua data akan membaik, diongkosi oleh M2 supply yang naik, Durable order adalah belanja masyarakat barang tahan lama seperti kulkas, TV, furniture juga mobil.

Rumus umum mengatakan, jika Durable naik maka DXY naik, dan itu akan terjadi durable naik, DXY naik tetapi tren bitcoin tetap naik

22.00 WITA: Unmich Inflation

lustrasi data US Michigan 1-year. Sumber: Investing.com.

Ini adalah laporan untuk mengukur harapan masyarakat inflasi setahun kedepan, Unmich akan memperkirakan inflasi naik, sehingga Bitcoin naik karena makanan inflasi adalah Bitcoin.

Ilustrasi pergerakan tren bitcoin BTC/USDT. Sumber: Hoteliercrypto.
Ilustrasi pergerakan BTC/USDT. Sumber: Hoteliercrypto.

Saya ingatkan, Serangan balik Isreal ke Iran akan terjadi sebelum pemilu dan cenderung terjadi saat weekend, saya tentu tak bisa memperkirakan kapan, namun jika itu terjadi minyak akan naik.

Sehingga DXY naik, dan tren Bitcoin dapat tergocek turun sebentar membuat wick.

Terimakasih sudah membaca, semua ini hanyalah pendapat dan tidak boleh digunakan sebagai acuan membeli atau menjual, kerugian dan kesangkutan yang hakiki pasti terjadi, jadi teliti ulang sebelum membeli.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMERSetiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular