Connect with us

Crypto

Adopsi TKO Token Hadirkan Banyak Manfaat dan Utilitas

Published

on

Ilustrasi TKO Token yang terdaftar resmi Bappebti. Sumber: TKO Foundation.

Adopsi aset kripto Toko Token (TKO) telah membawa berbagai manfaat dan utilitas yang signifikan bagi pengguna dan ekosistemnya. Perkembangan TKO saat ini memberikan dampak positif dalam dunia blockchain dan kripto, khususnya di Indonesia.

Perkembangan aset kripto di Indonesia telah mencapai prestasi luar biasa. Menurut laporan terbaru dari Chainalysis, tingkat adopsi kripto di Indonesia yang pada tahun 2022 masih berada di peringkat 20, kini telah melonjak tajam ke posisi ke-7 dalam waktu yang relatif singkat.

Chainalysis mencatat bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang sering disebut sebagai salah satu yang mengalami perkembangan aset kripto paling dinamis di dunia. Hal ini juga berhubungan dengan perkembangan proyek kripto lokal yang terus bergerak menuju arah yang positif.

Dari 501 aset kripto yang resmi terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), beberapa proyek kripto lokal telah menjadi bagian dari daftar tersebut, salah satunya adalah TKO. Masuknya TKO ke dalam daftar aset kripto legal Bappebti membuktikan bahwa token kripto tersebut, sudah memenuhi aspek legalitas di Indonesia melalui proses due diligence yang ketat berdasarkan metode penilaian Analytical Hierarchy Process (AHP).

Milestone TKO

TKO adalah proyek aset kripto lokal yang pertama kali dikembangkan oleh Tokocrypto, platform #ExchangeIndonesia nomor 1. TKO hadir dengan semangat untuk memperluas dan mengembangkan ekosistem kripto di Indonesia, serta menciptakan adopsi yang mudah diakses oleh semua kalangan. Berikut perjalanan TKO:

  • 2018

Tokocrypto secara resmi meluncur.

  • 2019

Tokocrypto mendapatkan lisensi dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan.

  • 2021

Toko Token (TKO) resmi meluncur.

  • 2022

TKO Token resmi terdaftar di Bappebti.

  • 2023

TKO Foundation didirikan.

Dalam perjalanan pengembangan TKO, Tokocrypto telah mengambil langkah penting dengan membentuk TKO Foundation sebagai entitas independen yang akan mendukung berbagai inisiatif TKO di masa depan. 

Keputusan ini tidak hanya memperkuat komitmen Tokocrypto terhadap kepatuhan peraturan, tetapi juga memberikan keleluasaan bagi TKO Foundation untuk berkontribusi secara mandiri dalam memperkuat ekosistem TKO.

Advertisement

Platform Tokocrypto terus tumbuh hingga kini sudah memiliki 3 juta pengguna terdaftar. Perusahaan telah mencatat peningkatan rata-rata volume perdagangan harian mencapai lebih dari US$ 10 juta per hari, yang menunjukkan Tokocrypto tetap tumbuh di tengah tantangan industri dan ekonomi global.

Tidak hanya itu, berdasarkan riset CoinGecko (Juni 2023), Tokocrypto berhasil mencatat lonjakan pangsa pasar dari 23,4% pada awal tahun 2022 menjadi 43% hingga Juni 2023, menjadikan platform ini sebagai crypto exchange nomor 1 di Indonesia. Hal ini juga diperkuat, data CoinMarketCap, sepanjang Januari sampai Juni 2023, Tokocrypto selalu unggul dibandingkan dua pemain besar lainnya. 

Ilustrasi Tokocrypto. Foto: Tokocrypto.
Ilustrasi Tokocrypto. Foto: Tokocrypto.

Baca juga: Tokocrypto Kuasai Pasar Kripto Sebagai Exchange No. 1 di Indonesia

Pertumbuhan ini bisa direalisasikan berkat hadirnya sejumlah produk baru, seperti IDR pair dan banyak berkolaborasi dengan berbagai perusahaan diberbagai sektor, mulai dari perbankan (Blu by BCA Digital), e-commerce (Blibli) dan lainnya.

Dalam upayanya memastikan keamanan dan transparansi, Tokocrypto juga sudah merilis Proof of Reserve (PoR) yang diaudit secara akurat. Dengan cara ini, pengguna dapat memastikan bahwa dana mereka disimpan secara utuh 1:1 dan dapat diverifikasi.

Peningkatan pangsa pasar dan revenue dari Tokocrypto juga akan berkaitan dengan TKO burn. Untuk menjaga nilai kelangkaan token, TKO burn dilakukan setiap kuartal. TKO Foundation menyisihkan 10% dari revenue generated berdasarkan trading volume crypto-to-crypto platform Tokocrypto untuk burn TKO sebanyak 10% dari total token suplai. 

Total TKO burn periode kuartal IV 2022 hingga kuartal II 2023 adalah 510.126 TKO atau senilai US$ 135.032.

TKO Foundation

TKO Foundation berkolaborasi dengan Tokocrypto untuk mengembangkan lebih lanjut utilitas token TKO. Beberapa utilitas telah diimplementasikan, termasuk:

Advertisement
  • TKO Trading Fee

Fitur TKO Trading Fee memungkinkan pengguna Tokocrypto untuk mendapatkan diskon hingga 25% saat membayar biaya trading aset kripto menggunakan TKO.

Dengan fitur TKO Trading Fees, pengguna Tokocrypto tidak perlu lagi khawatir tentang biaya trading, sehingga mereka dapat meraih keuntungan maksimal. Diskon biaya trading ini tersedia untuk semua pengguna dengan berbagai pilihan aset kripto.

  • Small Balance Conversion

Fitur Konversi Saldo Kecil di platform Tokocrypto memungkinkan pengguna untuk mengubah saldo kecil yang tersisa dari hasil trading di dalam wallet mereka yang tidak dapat diperdagangkan atau ditarik.

Saldo kecil yang tersisa dapat dikonversi menjadi token TKO dengan nilai yang sesuai dengan sisa saldo kecil tersebut dan harga pasar saat itu.

TKO juga terlibat dalam pengembangan berbagai fitur baru di Tokocrypto, termasuk IDR pair dan Instant Trade:

  • IDR Pair

IDR Pair memberikan kemudahan dalam berinvestasi dan melakukan perdagangan aset kripto. Fitur ini mempermudah pengguna untuk membeli aset kripto pertama kali dan menyederhanakan proses transaksi, deposit, penarikan, serta konversi aset kripto.

  • Instant Trade

Tokocrypto telah meluncurkan Instant Trade, sebuah fitur yang dirancang untuk meningkatkan kecepatan dan kemudahan pengguna dalam melakukan transaksi jual-beli aset kripto dengan lebih dari 340 pilihan koin/token. TKO juga termasuk dalam daftar token yang dapat digunakan dalam fitur Instant Trade dan pasangan IDR.

Di masa depan, Tokocrypto berkomitmen untuk terus meningkatkan kenyamanan pengguna dengan menyediakan antarmuka yang lebih intuitif dan ramah. Pembaruan ini juga akan mencakup penambahan sejumlah fitur baru yang akan memperkaya pengalaman pengguna.

Kolaborasi

Selain itu, sejumlah utilitas TKO juga dimanfaatkan melalui kolaborasi dengan berbagai mitra TKO Foundation dan Tokocrypto. Kolaborasi ini dilakukan oleh TKO dengan Partner yang memiliki reputasi baik di dalam industrinya masing masing:

  • Blibli

TKO Foundation berkolaborasi dengan salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, Blibli, memungkinkan pengguna Blibli untuk menukarkan poin loyalitas mereka dengan aset kripto TKO token sebagai hadiah.

  • Prodia

TKO Foundation bekerja sama dengan Prodia, di mana pelanggan setia U by Prodia dapat mendaftar dan melakukan verifikasi data (KYC) di Tokocrypto untuk mendapatkan aset kripto TKO token. 

  • Kopi Jago

kolaborasi TKO Foundation x Kopi Jago juga membuat program di mana para pembeli kopi di Kopi Jago bisa memperoleh hadiah berupa aset kripto TKO token, sehingga membuka akses adopsi yang lebih luas.

  • Blu by BCA Digital

Kolaborasi dengan Blu by BCA Digital memungkinkan pengguna Tokocrypto untuk dengan mudah melakukan deposit langsung saldo ke akun Tokocrypto mereka.

Kami berencana untuk terus membangun kolaborasi dengan mitra yang baru dan membangun kolaborasi yang lebih dalam seperti adanya kolaborasi product mitra kami dan TKO. 

Edukasi

Utilitas TKO juga dikembangkan untuk memperluas adopsi aset kripto di Indonesia melalui serangkaian kegiatan edukasi dan literasi yang diselenggarakan oleh Tokocrypto. TKO menjadi token rewards untuk mendukung program edukasi Tokocrypto, seperti OBRAS (Obrolan Komunitas) dan Web3 On Campus.

Advertisement

Sejak Januari 2023, OBRAS dan Web3 On Campus telah menjangkau 25 kota di Indonesia dan melibatkan lebih dari 22.000 orang. Dengan mencapai ribuan orang di berbagai kota, ini membantu menciptakan pemahaman yang lebih baik tentang manfaat dan risiko aset kripto.

Semua pengembangan utilitas TKO ini bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan dan manfaat token TKO. Dengan berbagai fitur dan kolaborasi yang telah disebutkan, TKO menjadi lebih dari sekadar token kripto. Ini juga menjadi sarana untuk memotivasi dan memperluas adopsi aset kripto di berbagai sektor ekonomi dan komunitas secara keseluruhan.

TKO Foundation berencana merilis whitepaper terbaru yang diestimasi akan diluncurkan pada kuartal IV tahun 2023. Diharapkan bahwa inisiatif ini akan semakin mengaktifkan dan memberikan manfaat bagi kolaborasi dengan mitra-mitra baru dalam ekosistem kripto di masa depan, serta memastikan bahwa TKO tetap memiliki nilai yang berkelanjutan untuk para pemegangnya.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular