Connect with us

Market

Akun X SEC Diretas Sebar Berita Palsu Persetujuan ETF Bitcoin

Published

on

Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) menyetujui ETF Bitcoin spot. Sumber: REUTERS/Jonathan Ernst/File Photo.

Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) mengumumkan pada hari Selasa (9/1) bahwa mereka telah menyetujui ETF Bitcoin untuk dicatatkan di semua bursa sekuritas nasional di Amerika Serikat. Namun, postingan selanjutnya dari ketua SEC, Gary Gensler mengklarifikasi bahwa pengumuman tersebut palsu.

Dalam postingan SEC ke X (dulu Twitter), agensi tersebut mengklaim bahwa persetujuan telah dilakukan dan bahwa mereka akan “meningkatkan transparansi pasar dan memberi investor akses yang efisien ke aset digital dalam kerangka yang diatur.”

Setelah pengumuman tersebut, harga Bitcoin segera melonjak ke level tertinggi baru dalam beberapa tahun di US$ 47.800, diikuti dengan penurunan hingga hampir US$ 46.000 karena diketahi bahwa itu adalah kabar palsu atau hoaks.

Bantahan

Ketua SEC, Gary Gensler segera turun ke X untuk membantah berita tersebut.

“Akun twitter SEC telah disusupi, dan tweet yang tidak sah telah diposting,” katanya . “SEC belum menyetujui pencatatan dan perdagangan produk spot yang diperdagangkan di bursa Bitcoin.”

Advertisement

Baca juga: Kripto Berkinerja Terbaik: SEI dan Celestia Melihat Keuntungan Besar

Pada bulan Oktober lalu, rumor palsu dari situs media kripto besar juga secara keliru mengklaim bahwa ETF Bitcoin telah disetujui. Bulan berikutnya, XRP membuang pengungkapan lain dari pengajuan ETF BlackRock XRP palsu yang diposting ke situs web negara bagian Delaware.

“Saya pikir seseorang telah menyiapkan tweet yang direncanakan dan memasukkan tanggal yang salah karena tweet tersebut akan masuk akal besok pada saat ini,” komentar analis Bloomberg ETF Eric Balchunas mengenai masalah ini.

Volatilitas Bitcoin

Bitcoin turun tajam hampir 6% hingga US$ 45.100 ketika ternyata akun SEC telah disusupi, dan Ketua SEC Gary Gensler membantah berita tersebut.

Tindakan harga yang liar melikuidasi posisi perdagangan derivatif senilai lebih dari $50 juta di bursa kripto dalam waktu satu jam, data CoinGlass menunjukkan. Likuidasi terjadi ketika bursa menutup paksa posisi terbuka pedagang menggunakan uang pinjaman karena kehilangan margin.

Advertisement

Baru-baru ini, BTC berpindah tangan sedikit di bawah $46,000 pada waktu berita ini dimuat, turun sekitar 2% selama 24 jam terakhir.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas berisiko tinggi. 

Popular