Connect with us

Market

SEC Resmi Setujui ETF Bitcoin Spot di AS, Bagaimana Reaksi Pasar?

Published

on

Ilustrasi data inflasi dan Bitcoin. Sumber: Securities.io.

Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) menyetujui 11 proposal ETF Bitcoin spot pertama di Amerika Serikat, sebuah langkah yang telah lama dinantikan oleh para penggiat kripto. Terlepas dari persetujuan peraturan bersejarah ini, harga Bitcoin mengalami lonjakan selama 24 jam terakhir. Kemudian, Ethereum menguat menandai kenaikan 8% pada hari Kamis (11/1).

Keputusan SEC menandai perubahan signifikan dalam lanskap regulasi aset kripto. Enam tahun setelah Winklevoss Bitcoin Trust menjadi ETF Bitcoin pertama yang ditolak pada bulan Maret 2017, persetujuan terhadap 11 ETF ini merupakan momen penting.

Namun, respons pasar di luar dugaan tidak terdengar. Meskipun persetujuan tersebut biasanya memicu sentimen bullish, pergerakan harga Bitcoin tetap cenderung tidak berubah, menunjukkan adanya dinamika pasar yang lebih kompleks.

Stempel Komisi Sekuritas dan Bursa AS tergantung di dinding kantor pusat SEC di Washington, 24 Juni 2011. Sumber: REUTERS/Jonathan Ernst/File Photo.
Stempel Komisi Sekuritas dan Bursa AS tergantung di dinding kantor pusat SEC di Washington, 24 Juni 2011. Sumber: REUTERS/Jonathan Ernst/File Photo.

Baca juga: Bisnis Crypto Exchange dan Bull Run, Cerita Menarik dari CEO Tokocrypto

Para ahli telah merenungkan alasan di balik kinerja Bitcoin yang buruk dan menghubungkannya dengan berbagai elemen. Peran dari dua pengumuman yang salah disorot: Laporan Cointelegraph yang salah mengenai ETF Blackrock dan postingan media sosial SEC yang salah pada platform X.

Selain itu, penantian yang berkepanjangan atas persetujuan SEC mungkin telah menyebabkan efek “buy the rumor, sell the news” , dengan pasar mungkin telah mengantisipasi persetujuan tersebut.

Advertisement

Pasar Kripto Positif

Sebaliknya, ethereum mengalami lonjakan yang luar biasa, hal ini menunjukkan sifat pasar mata uang kripto yang dinamis dan terus berubah. Perbedaan lintasan Bitcoin dan Ethereum setelah persetujuan ETF memicu pertanyaan penting tentang tren masa depan di dunia kripto. ETH naik ke level tertinggi US$ 2.527 per unit segera setelah SEC menyetujui ETF Bitcoin spot.

Selain itu, ada ekspektasi yang semakin besar terhadap ETF Ethereum berbasis spot dalam waktu dekat. Pergeseran ini menggambarkan perubahan sikap investor dan pasar yang semakin matang. Transformasi yang sedang berlangsung di dunia kripto menyoroti hubungan menarik antara keputusan regulasi dan respons pasar.

Mengingat banyaknya peristiwa menyesatkan yang dihadapi komunitas kripto, tampaknya sejumlah besar kegembiraan spekulatif telah hilang.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Advertisement

Popular