Connect with us

Bitcoin News

Alasan Harga Bitcoin Kembali Turun di Kisaran Rp 554 Juta

Published

on

Ilustrasi aset kripto Bitcoin.

Harga Bitcoin (BTC) terpantau kembali lesu di kisaran level US$ 34.000 atau sekitar Rp 554 juta pada Rabu (25/10) pukul 10.00 WIB. Penurunan ini terjadi akibat adanya pemberitaan terkait ticker ETF Bitcoin spot BlackRock dihapus.

Depository Trust and Clearing Corporation (DTCC) diketahui sempat menghapus ETF Bitcoin BlackRock, iBTC, dari daftar ETF-nya tak lama setelah penambahannya pada hari Selasa (24/10).

Harga Bitcoin langsung turun sebesar 3% sebagai responsnya, turun dari US$ 34.527 menjadi US$ 33.432 dalam waktu 30 menit segera setelah penghapusan diketahui. Penurunan tersebut tampaknya telah memicu likuidasi panjang senilai US$ 37 juta di pasar kripto dalam satu jam terakhir, menurut CoinGlass.

Analis Bloomberg James Seyffart berspekulasi bahwa Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) mungkin telah mempengaruhi keputusan tersebut. “Saya kira SEC menelepon BlackRock,” dalam tweetnya pada hari Selasa.

Bitcoin Kembali Naik

Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Apa Itu ETF Bitcoin?

Namun menurut informasi terkini, ETF spot Blackrock telah kembali terdaftar di DTCC. Dengan berita tersebut, Bitcoin naik di atas US$ 34.000. Setelah penghapusan pencatatan, pakar ETF Bloomberg, Eric Balchunas membuat pernyataan berikut mengenai masalah ini:

Advertisement

“Ya, lihat ini… Tangkapan bagus, saya tidak bisa mengatakan saya benar-benar terkejut, tebakan saya adalah BlackRock disuruh menunggu sampai berhari-hari, bukan berminggu-minggu atau berbulan-bulan, atau mereka ingin menunggu. “Seperti yang saya katakan kemarin, sungguh mengejutkan melihat ini ada dalam daftar.”

Terlepas dari pemikiran ini, pencatatan tersebut kembali memperkuat gagasan bahwa ETF Blackrock spot akan disetujui dalam waktu yang sangat singkat.

Sebelumnya, pencatatan BlackRock tentang ETF di situs DTCC telah memicu kegembiraan tentang persetujuan ETF Bitcoin dalam waktu dekat, sehingga meningkatkan harga Bitcoin ke level tertinggi tahunan sebesar US$ 35.000.

SEC secara resmi menerima perintah untuk meninjau aplikasi ETF Bitcoin Grayscale, meningkatkan ekspektasi potensi persetujuan. Periode komentar publik SEC untuk BlackRock dan pemohon ETF Bitcoin lainnya sedang berlangsung hingga 8 November, menurut pakar hukum, Joe Carlasare.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

Advertisement

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular