Connect with us

Bitcoin News

Alasan Utama Mengapa Harga Bitcoin Anjlok di Bawah US$ 43.000

Published

on

Ilustrasi Bitcoin.

Bitcoin baru saja menukik, jatuh di bawah level US$ 43.000 di pasar saat ini. Langkah ini, yang telah memicu kemerosotan pasar kripto yang lebih luas. Harga Bitcoin tiba-tiba turun 6,5% hingga sempat berada di bawah US$ 42.000 pada Senin (11/12), menghapus kenaikan sekitar lima hari terakhir.

Sementara, Ethereum (ETH) juga mengalami penurunan mendadak, turun lebih dari 8,9% dalam jangka waktu yang sama. Harga ETH telah stabil dan diperdagangkan pada US$ 2.233, turun 5,3% dalam 24 jam terakhir.

Aset kripto berkapitalisasi besar lainnya, termasuk BNB, XRP dan SOL turun juga membukukan kerugian. Menurut data dari CoinGlass, penurunan singkat menyebabkan posisi buy senilai lebih dari US$ 270 juta dilikuidasi. Penurunan ini juga menghapuskan sekitar US$ 1,2 miliar open interest pada BTC, dan saat ini berada di sekitar US$ 17,9 miliar.

Alasan Utama di Balik Penurunan

Baca juga: Katalis Kripto Pekan Ini: Fokus Beralih ke Data Inflasi AS dan FOMC

Dilaporkan U.today, sebelum harga Bitcoin turun, beberapa tanda muncul, menurut analisis on-chain. Julio Moreno dari CryptoQuant baru-baru ini mencatat bahwa harga Bitcoin mulai terlalu panas setelah reli besar di atas level US$ 40.000.

Advertisement

Lalu ada Mara Pool, institusi besar penambangan Bitcoin, yang memutuskan untuk menguangkan beberapa chip setelah harga tertinggi baru-baru ini. Langkah ini menunjukkan bahwa mereka bermain aman, mencoba mengunci keuntungan sambil menghindari potensi risiko.

Hal menarik lainnya: Lebih dari separuh Bitcoin di luar sana menghasilkan uang bagi pemegangnya, sebuah skenario yang sering kali menjadi awal dari beberapa aksi jual di tingkat atas.

Proyeksi ke Depan?

Christopher Inks, seorang trader terkenal, melihat ada hikmahnya. Penurunan pasar altcoin baru-baru ini tampak seperti koreksi jangka pendek, mengisyaratkan potensi kenaikan di masa depan.

Dia menunjukkan bahwa Bitcoin, setelah terpuruk di poros R3 harian, menemukan pijakannya di poros R2 dan sekarang menunjukkan tanda-tanda kebangkitan kembali.

Untuk gelombang bullish yang sebenarnya, Bitcoin harus terus naik, terutama melewati poros R3 tersebut. Pivot R5 masih dalam permainan, terutama jika Bitcoin dapat mempertahankan level dukungan yang baru ditemukannya.

Advertisement

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading  di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading  jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular