Connect with us

Finance

Analis Peringatkan Proyeksi Resesi dan Lebih Banyak Kegagalan Bank

Published

on

Data inflasi AS guncang pasar, Bitcoin dan Ethereum jatuh. Foto: Reuters.

Para analis keuangan memperingatkan kemungkinan terjadinya kegagalan bank lebih lanjut, resesi potensial, dan dampak global akibat runtuhnya First Republic Bank baru-baru ini. Bank yang berbasis di California tersebut telah beroperasi selama lebih dari 35 tahun sebelum tiba-tiba runtuh, membuat banyak nasabah dan investor terkejut.

Meskipun alasan pasti kegagalan bank tidak diungkap secara detail ke publik, beberapa analis percaya bahwa hal itu mungkin disebabkan oleh investasi berat bank dalam aset dan pinjaman yang berisiko. Runtuhnya bank besar dan mapan seperti ini telah menimbulkan kekhawatiran tentang stabilitas sektor keuangan, baik di AS maupun secara global.

Para ahli memperingatkan bahwa ini bisa menjadi awal dari tren kegagalan bank yang lebih besar, mirip dengan yang terjadi selama krisis keuangan 2008. Ketika bank-bank berjuang dengan utang yang meningkat dan ketidakpastian ekonomi, ada risiko bahwa lebih banyak bank akan mengikuti jejak First Republic Bank.

Dampak Negatif

Ilustrasi market turun.
Ilustrasi market turun.

Baca juga: Investor Diminta Tetap Tenang di Tengah Penurunan Harga Bitcoin

Dampak dari kegagalan semacam itu bisa dirasakan jauh di luar sektor keuangan. Resesi bisa dipicu, dengan hilangnya lapangan kerja dan penurunan ekonomi yang mempengaruhi industri di seluruh sektor. Ekonomi global, yang sudah rapuh karena pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung, juga bisa terpengaruh oleh kejadian semacam ini.

Lembaga keuangan dan pemerintah harus mengambil langkah-langkah untuk mencegah skenario semacam itu terjadi. Ini termasuk regulasi yang lebih ketat dan pengawasan bank, serta langkah-langkah untuk mendukung institusi yang berjuang dan mencegah kepanikan yang meluas di pasar keuangan.

Pada akhirnya, runtuhnya First Republic Bank merupakan peringatan bagi sektor keuangan dan ekonomi secara keseluruhan. Penting untuk mengambil tindakan untuk mencegah kegagalan bank lebih lanjut dan melindungi terhadap konsekuensi yang dapat sangat merusak yang dapat menyertainya.

Sikap The Fed

Ilustrasi Bank Sentral AS, The Fed. Foto: Shutterstock.
Ilustrasi Bank Sentral AS, The Fed. Foto: Shutterstock.

Baca juga: MicroStrategy Hasilkan Laba Kuartalan I dalam Dua Tahun dari Bitcoin

Beberapa analis percaya bahwa kegagalan bank ini ada hubungannya dengan kebijakan hawkish dari Federal Reserve AS, yang secara konsisten menaikkan suku bunga untuk menurunkan tingkat inflasi hingga 2% sejak tahun lalu. Tentang ini, Piskorski menjelaskan:

Advertisement

Dikutip Bitcoin.com, ada ratusan bank yang memiliki nilai pasar aset saat ini kurang dari nilai nominal utang, dan (krisis) terutama disebabkan oleh kenaikan suku bunga oleh Fed.

Hal ini mungkin menyebabkan pemerintah AS menghadapi dilema yang tak terpecahkan, menurut Gao Lingyun, dari Akademi Ilmu Sosial Tiongkok di Beijing. The Fed harus menaikkan suku bunga untuk menurunkan tingkat inflasi, tetapi mempengaruhi nilai pinjaman yang dibuat oleh bank ketika tingkat yang sama lebih rendah, meningkatkan risiko gagal bayar. Ini, pada gilirannya, dapat berkontribusi pada resesi di masa depan dan kegagalan bank lainnya di lebih banyak negara, Gao memperingatkan.

Popular